Patung Ikonik Bung Karno di Tabanan Akan Dipindah

Kalau kamu ke Bali jalur darat pasti tahu patung ini di mana

Tabanan, IDN Times - Patung Wisnu Murti pernah menjadi ikon di wilayah Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Patung ini berdiri di perempatan (catus pata) Jalan By Pass Ir Soekarno, Kecamatan Kediri. Namun Juli 2013, diganti dengan Patung Bung Karno di era masa jabatan Bupati Tabanan dua periode 2010-2015 dan 2016-2021, Ni Putu Eka Wiryastuti, yang kini jadi terpidana kasus korupsi. Penggantian kedua patung tersebut sempat menuai pro kontra dari masyarakat Tabanan.

Warga Desa Adat Banjar Anyar, Kecamatan Kediri kemudian berjuang untuk mengembalikan Patung Wisnu Murti ke posisinya semula. Setelah melalui proses panjang, akhirnya Patung Wisnu Murti akan kembali berdiri di catus pata Jalan By Pass Ir Soekarno. Sementara Patung Bung Karno akan dipindahkan ke Taman Bung Karno yang berlokasi di Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan.

Baca Juga: Eks Bupati Tabanan Cuma Divonis 2 Tahun Penjara, KPK Banding

1. Patung Wisnu Murti akan dibangun ulang sebagai bentuk perwujudan aspirasi warga Tabanan

Patung Ikonik Bung Karno di Tabanan Akan DipindahPatung Wisnu Murti sebelum digantikan dengan patung Bung Karno (facebook.com/InfoTabananBali)

Patung Wisnu Murti akan dibangun ulang di catus pata Jalan By Pass Ir Soekarno, Kecamatan Kediri, sebagai perwujudan aspirasi warga Tabanan. Bupati Tabanan, Komang Gede Sanjaya didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Permukiman Kawasan (PUPRKP) Tabanan, Made Dedi Darmasaputra, menyebutkan pembangunan ini telah melalui banyak kajian.

"Pembangunan kembali patung Wisnu Murti ini lewat banyak kajian dan juga aspirasi masyarakat, tidak hanya dari Desa Adat Banjar Anyar, Kediri tetapi juga warga Kabupaten Tabanan," ujar Sanjaya, Kamis (1/9/2022) lalu.

Pembangunan ulang Patung Wisnu Murti di catus pata dibarengi dengan pemindahan Patung Bung Karno. Rencananya pemindahan Patung Bung Karno akan dilakukan minggu kedua bulan September, tepatnya tanggal 8 September 2022.

"Pemindahan Patung Bung Karno menunggu tim dari maestro Nyoman Nuarta, pencipta Patung Bung Karno. Karena pembongkarannya harus dari ahlinya. Sementara Patung Wisnu Murti akan dibuat oleh pematung dari Desa Penarukan Kelod, Made Sudarwa," ujar Sanjaya.

Pembangunan dan penataan kedua patung diharapkan selesai sebelum Hari Ulang Tahun Tabanan ke-529 yang jatuh pada 29 November 2022 mendatang.

Baca Juga: Dilema Peternak Ayam di Tabanan, Harga Pakan Naik Lagi!

2. Patung Wisnu Murti akan lebih kecil diameternya dari Patung Bung Karno

Patung Ikonik Bung Karno di Tabanan Akan DipindahTaman Bung Karno yang berlokasi di Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Patung Wisnu Murti yang akan dibangun ulang ini ukurannya akan lebih kecil dari Patung Bung Karno saat ini. Hal ini karena Sanjaya menerima banyak keluhan tentang Patung Bung Karno yang terlalu tinggi, dan mengganggu jarak pandang pengendara.

"Banyak keluhan jika Patung Bung Karno tatakannya terlalu lebar dan patungnya tinggi. Sehingga pengguna jalan kesulitan melihat rambu lalu lintas di bagian barat dan timur. Apalagi jika ada yang melanggar," kata Sanjaya.

Kepala Kadis PUPRKP Tabanan, Made Dedi Darmasaputra, memastikan ukuran Patung Wisnu Murti nantinya akan lebih kecil. Diamaternya lebih kecil dua meter dan lebih pendek 80 centimeter dari Patung Bung Karno.

Tim dari maestro Nyoman Nuarta akan memindahkan Patung Bung Karno ke Taman Bung Karno, yang berdekatan dengan Gedung I Ketut Maria di Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan.

3. Pemindahan dan pembangunan kedua patung menelan anggaran Rp3,3 miliar

Patung Ikonik Bung Karno di Tabanan Akan DipindahIlustrasi anggaran (ladypinem.com)

Pelaksanaan pembangunan Patung Wisnu Murti dan pemindahan Patung Bung Karno termuat dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBD) Kabupaten Tabanan Tahun 2022 yang menelan biaya Rp3,3 miliar. Anggaran tersebut terdiri dari pembangunan dan penataan Patung Bung Karno Pagu Anggaran sebesar Rp1,9 miliar yang bersumber dari APBD sebesar Rp900 juta dan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Bali sebesar Rp1 miliar.

Selanjutnya adalah pembangunan dan penataan Patung Wisnu Murti dengan Pagu Anggaran Rp1,4 miliar yang bersumber dari APBD.

"Untuk pengerjaannya, akan dikerjakan oleh para pemenang tender. Yakni untuk pembangunan dan penataan Patung Bung Karno oleh CV Mitra Kerja Sejati, dan pembangunan dan penataan Patung Wisnu Murti oleh CV Yudha Utama," kata Dedi.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya