Pasang Baru, Perumda Tirta Amertha Buana Kasih Subsidi Nih

Gebyar sambungan air minum itu diperpanjang 

Tabanan, IDNTimes - Perusahaan Daerah Tirta Amertha Buana (Perumda TAB) Tabanan mengadakan gebyar sambungan air minum. Perumda TB memberi subsidi pemasangan sambungan rumah, baik baru maupun pemasangan kembali.

Program ini juga dilaksanakan mengingat pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) Nomor 259 Tahun 2022 tentang Standar Penyelenggaraan Izin Pengusahaan Air Tanah. Dengan aturan ini, masyarakat saat ini tidak bisa sesuka hati melakukan pembuatan sumur bor.

Dengan subsidi ini, harga penyambungan rumah lebih murah dibandingkan harga normalnya. Rata-rata pemasangan sambungan rumah dilakukan masyarakat yang beralih dari sumur bor atau dari PAM Swadaya.

Kasubag Humas Perumda TAB Tabanan Wayan Agus Suanjaya  mengungkap, masyarakat mendapatkan potongan hingga Rp1,2 juta dari harga normal Rp2,7 juta untuk pemasangan sambungan rumah, baik baru atau penyambungan kembali.

"Jadi hanya membayar Rp1,5 juta, selama gebyar berlangsung," ujar Agus.

Baca Juga: Bungan Desa Jadi Solusi Permasalahan Desa di Tabanan

1. Dalam dua bulan sebanyak 2.468 pendaftaran gebyar air minum

Pasang Baru, Perumda Tirta Amertha Buana Kasih Subsidi NihMasyarakat Tabanan melakukan pendaftaran gebyar sambungan air minum di Perumda TAB Tabanan (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Gebyar sambungan air minum yang dilaksanakan Perumda TAB Tabanan berlangsung sejak 3 Juli lalu. Hingga bulan Agustus 2023, tercatat 2.468 pendaftaran untuk sambungan rumah, baik baru maupun pemasangan kembali.

Agus mengatakan, dari jumlah 2.468 pengajuan itu, sebanyak 1.604 yang sudah membayar.

"Jadi jika sudah membayar barulah akan diproses untuk pemasangannya. Ada proses RAB dan survei juga. Dari jumlah 1.604 yang membayar 1.189 sudah terpasang sementara sekitar 415 sedang dalam proses pengadaan peralatan," jelasnya, Jumat (1/9/2023).

Baca Juga: Lapas Tabanan Serahkan 129 Nama Pemilih ke KPU Tabanan

2. Rata-rata masyarakat yang mendaftar beralih dari sumur bor dan PAM swadaya

Pasang Baru, Perumda Tirta Amertha Buana Kasih Subsidi NihPetugas Perumda TAB Tabanan mengecek pipa distribusi air (Dok.IDNTimes/Perumda TAB Tabanan)

Agus melanjutkan, terdata lima kecamatan di Tabanan yang paling banyak melakukan pendaftaran. Berikut datanya:

  • Kecamatan Tabanan: 1206 pedaftaran
  • Kecamatan Kerambitan: 346 pendaftaran
  • Kecamatan Selemadeg:  336 pendaftaran
  • Kecamatan Penebel: 207 pendaftaran
  • Kecamatan Baturiti: 553 pendaftaran

Rata-rata masyarakat yang mendaftar untuk sambungan rumah ini adalah masyarakat yang beralih dari sumur bor dengan alasan kualitas airnya sudah tidak bagus lagi. "Ada juga yang beralih dari PAM swadaya," kata dia.

Selain itu, imbuhnya, ada yang pemisahan meteran karena satu KK itu ada beberapa keluarga. "Jadi masing-masing hendak membuat meteran sendiri-sendiri karena biaya pemasangan sedang murah. Ada juga yang mendaftar dari perumahan baru," jelas Agus.

3. Pendaftaran diperpanjang hingga akhir September 2023

Pasang Baru, Perumda Tirta Amertha Buana Kasih Subsidi Nihilustrasi kalender (IDN Times/Arief Rahmat)

Tingginya animo masyarakat ini membuat Perumda TAB memperpanjang pendaftaran gebyar sambungan air minum hingga 30 September 2023. Sementara pembayarannya diberikan rentang waktu hingga 31 Oktober 2023.

"Jadi bisa daftar dulu sementara bayarnya diberi waktu hingga 31 Oktober 2023," jelas Agus.

Adapun syarat dan ketentuan untuk mengikuti gebyar pemasangan sambungan rumah adalah:

  • Pendaftaran di kantor pusat TAB Tabanan maupun kantor unit layanan Perumda TAB terdekat. Cukup membawa fotokopi KTP, denah lokasi dan biaya pendaftaran Rp4.999
  • Masyarakat bisa mendapatkan potongan harga dengan syarat jarak dengan pipa induk maksimal enam meter. Apabila lebih dari enam meter, maka akan ada biaya tambahan.

"Jadi nanti hasil survei yang menentukan, dekat tidaknya dengan pipa induk. Syaratnya adalah maksimal enam meter jarak dari pipa induk," jelas Agus.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya