Comscore Tracker

Anak Usia Tujuh Tahun di Tabanan Positif COVID-19  

Diduga terinfeksi dari Ibu yang bekerja di rumah sakit

Tabanan, IDN Times - Tabanan kembali mencatat satu warganya positif COVID-19 pada Jumat (22/5). Kali ini, infeksi COVID-19 masuk dalam kasus transmisi lokal dan menginfeksi anak usia tujuh tahun.

Saat ini anak tersebut dalam perawatan di RSUP Sanglah. Dengan penambahan kasus baru, hingga saat ini Tabanan mencatat 17 warganya terinfeksi COVID-19 dengan 14 di antaranya sembuh.

1. Diduga terinfeksi dari ibunya yang bekerja di rumah sakit

Anak Usia Tujuh Tahun di Tabanan Positif COVID-19  IDN Times/Wira Sanjiwani

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr. Nyoman Suratmika, Jumat (22/5) mengatakan anak usia tujuh tahun diketahui terinfeksi COVID-19 saat berobat ke dokter spesialis THT. "Anak ini sudah seminggu sakit. Lalu dibawalah ke dokter THT. Saat sampelnya diambil dan diperiksa, ternyata positif. Pasien ini sudah dirawat di RSUP Sanglah," jelas Suratmika.

Mengenai di mana anak ini mendapatkan virus, saat ini pihak Dinas Kesehatan masih menduga tertular dari ibunya yang bekerja di salah satu rumah sakit yang menangani kasus COVID-19.

"Awalnya keluarga ini, terdiri dari ayah, ibu dan anak tinggal di Badung. Namun karena ada kebijakan belajar dari rumah, mereka tinggal bersama orangtua (kakek dan nenek si anak-red) di Tabanan. Sementara ibunya ngajag kerja," jelas Suratmika. 

Sekitar seminggu lalu anak ini sakit dan kemudian dibawa berobat ke Denpasar. Terakhir dikonsul ke dokter THT dan didapati positif COVID-19. 

2. Keluarga juga diuji swab dan masih menunggu hasil

Anak Usia Tujuh Tahun di Tabanan Positif COVID-19  Proses tes virus corona di RSUP Sanglah. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Selain sang anak yang saat ini dalam perawatan, menurut Suratmika, ibunya saat ini juga diisolasi di RSUP Sanglah dan sudah diambil sampelnya untuk uji swab.

"Untuk keluarga yang lain yaitu bapak, kakek dan nenek juga sudah diambil sampelnya untuk uji swab. Mereka saat ini sedang isolasi mandiri di rumah. Uji swabnya belum keluar masih menunggu," ujar Suratmika.

Mengenai mengapa sang anak yang terinfeksi dan timbul gejala sakit, sementara ibunya tidak ada gejala, menurut Suratmika itulah yang namanya  orang tanpa gejala (OTG). "OTG itu tidak ada gejala sakit. Tetapi potensi menularkan. Maka jika ada OTG didekat kita yang paling rentan terinfeksi dan akhirnya sakit adalah anak-anak, lansia, dan orang dengan penyakit komplikasi," ujarnya.

3. Tabanan catat tiga warganya positif COVID-19

Anak Usia Tujuh Tahun di Tabanan Positif COVID-19  Peta sebaran COVID-19 di Tabanan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Tabanan, saat ini tercatat tiga warga Tabanan yang masih dalam perawatan karena positif COVID-19. Dua orang dirawat di RSUP Sanglah dan satu orang di Bapelkesmas Denpasar. Sementara untuk di UPTD RS Nyitdah saat ini sedang menangani tujuh pasien dalam pengawasan (PDP) yang kondisinya stabil. 

Topic:

  • Ni Ketut Wira Sanjiwani
  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya