Comscore Tracker

PKB Bali Dukung Cak Imin Jadi Ketua Umum Lagi

Muktamar PKB akan digelar 20 Agustus mendatang di Bali

Denpasar, IDN Times - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bali mengaku bulat akan mendukung Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin menjadi Ketua Umum Partai periode 2019-2024. Keputusan tersebut akan disampaikan dalam Muktamar PKB ke-IV di Bali, tanggal 20 Agustus mendatang.

1. PKB Bali dukung Muhaimin Iskandar terpilih lagi sebagai Ketua Umum Partai

PKB Bali Dukung Cak Imin Jadi Ketua Umum LagiBambang Sutiyono, Ketua DPW PKB Bali bersama Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (Facebook.com/Bambang Sutiyono)

Ketua DPW PKB Bali, Bambang Sutiyono, mengatakan secara aklamasi pihaknya akan mendukung Cak Imin kembali memimpin PKB pada periode berikutnya. Dari pengamatannya, sejumlah DPW provinsi lain juga akan melakukan hal yang sama.

"Kami Bali aklamasi ke Ketum (Cak Imin). Terus sebagian DPW yang kami pantau yang menurut Bali juga ke Ketum Cak Imin," katanya saat dihubungi, Kamis (11/7).

Baca Juga: Cak Imin Usulkan 10 Menteri ke Jokowi, Siapa Saja Mereka?

2. Agendanya kemungkinan besar akan mengukuhkan lagi Cak Imin sebagai Ketum

PKB Bali Dukung Cak Imin Jadi Ketua Umum LagiIDN Times/Imam Rosidin

Pada muktamar ke-IV tersebut, kata Bambang, agendanya kemungkinan besar akan mengukuhkan lagi Cak Imin sebagai Ketum. Adapun terkait apakah ada opsi lain selain Cak Imin, ia mengaku belum mendengarnya.

"Ini pantauan kami. Kalau pantauan lain saya kan gak berani ngomong. Ini hanya pantauan saya sepertinya daerah lain juga akan aklamasi. Kalau Bali sudah jelas mendukung Cak Imin," ujar dia.

3. Mengapa pilih Cak Imin lagi?

PKB Bali Dukung Cak Imin Jadi Ketua Umum LagiIDN Times/DenisabTristianty

Pemilihan kembali Cak Imin sebagai kursi Ketua Umum ini karena dinilainya berhasil memimpin partai. Indikatornya terlihat dari peningkatan suara, baik secara nasional untuk jumlah kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), serta sukses mengantar Joko Widodo-Ma'aruf Amin terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2019 lalu.

"Alasanya ada peningkatan suara, baik secara nasional dan dewan (DPR RI) juga bertambah secara nasional. Itu indikator," ungkapnya.

4. Suara PKB naik di Pemilu 2019

PKB Bali Dukung Cak Imin Jadi Ketua Umum LagiANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Seperti diketahui, suara PKB pada Pemilu Legislatif 2019 naik cukup signifikan. Jika pada pemilu 2014 berada di urutan lima, pada Pemilu 2019 ini naik menjadi urutan keempat. Jumlah suara PKB pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 adalah 11.298.950 suara atau 9,04 persen dan pada Pileg 2019 mendapatkan 13.570.097 suara atau 9,69 persen.

Selain itu, PKB juga ikut mengusung Jokowi-Amin dalam Pilpres 2019. Dan hasilnya sudah kita ketahui bersama, bahwa Jokowi memenangkannya.

Baca Juga: PKB Muktamar di Bali, Cak Imin Minta Dukungan Gubernur Koster

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You