Polisi Berhasil Ungkap 16 Kasus Pencurian Sepeda Motor di Bali

Bagi yang merasa kehilangan motor, silakan datang ke Polda

Denpasar, IDN Times – Kepolisian Daerah (Polda) Bali dan Kepolisian Resor (Polres) jajarannya telah menyelesaikan Operasi Sikat Agung, yang digelar sejak Senin (10/2) hingga Selasa (25/2) lalu.

Dalam operasi yang melibatkan 412 personel tersebut berhasil mengungkap semua target operasi (TO) dari 3C. Yaitu kejahatan curas (Pencurian dengan kekerasan), curat (Pencurian dengan pemberatan), serta curanmor (Pencurian kendaraan bermotor). Berikut penuturan Kasubdir 3 Ditreskrimum Polda Bali, AKBP Ranefli Dian Candra:

1. Kejahatan pencurian dengan pemberatan alias curat di wilayah Polda Bali terungkap 100 persen

Polisi Berhasil Ungkap 16 Kasus Pencurian Sepeda Motor di BaliIDN Times/Ayu Afria

Menurut Ranefli, TO kasus curat di wilayah Polda Bali sebanyak 13 kasus terungkap seratus persen. Selain itu, pihaknya juga berhasil mengungkap non TO sebanyak 19 kasus. Dua dari 32 kasus curat ini merupakan kasus skimming yang melibatkan warga negara Bulgaria.

Alhamdulillah 100 persen terungkap semua dan untuk tahun ini. Selain tiga kejahatan yang kami capai juga melakukan penindakan kejahatan lainnya yang tidak kalah pentingnya,” ujarnya, Jumat (28/2).

Adapun barang bukti yang disita berupa truk, mobil, sepeda motor, handphone dan laptop. Sementara itu juga ada barang bukti berupa uang Rp153,35 juta, 12.500 Euro, 10 HK$ (Hongkong Dolar), 28 buah kartu putih, paspor, kapi (Alat congkel), mesin sepeda motor, unit UPS computer dan lainnya.

Baca Juga: [INFO] Laporkan Jika Petugas Lapas Kerobokan Minta Uang Kunjungan

2. Tiga kasus TO curas tertangkap. Ini bagian dari komitmen untuk menciptakan situasi nyaman bagi wisatawan

Polisi Berhasil Ungkap 16 Kasus Pencurian Sepeda Motor di BaliIDN Times/Ayu Afria

TO curas terungkap 100 persen sebanyak tiga kasus, dan pengungkapan non TO sebanyak tiga kasus. Sehingga total pengungkapan enam kasus dengan barang bukti berupa belasan sepeda motor, handphone, uang Rp3 juta, kunci palsu helm, hingga pakaian tersangka.

“Ini sesuai dengan commander wish Bapak Kapolda ya, menciptakan situasi kenyamanan wisatawan di Provinsi Bali dengan melakukan penindakan terhadap kejahatan jalanan dengan tindakan tegas terukur,” ungkap Ranefli.

3. Kasus pencurian kendaraan bermotor terungkap 16 kasus. Belasan sepeda motor curian berhasil diamankan

Polisi Berhasil Ungkap 16 Kasus Pencurian Sepeda Motor di BaliIDN Times/Ayu Afria

Sebanyak 13 kasus TO curanmor terungkap 100 persen. Ditambah dengan pengungkapan kasus non TO sebanyak tiga kasus. Sehingga total pengungkapan 16 kasus. Beberapa barang bukti di antaranya truk, tang, obeng, kunci palsu hingga plat nomor kendaraan.

4. Kasus pencurian biasa (Cusa) juga terungkap enam kasus. Lima tersangka mendapat hadiah timah panas

Polisi Berhasil Ungkap 16 Kasus Pencurian Sepeda Motor di BaliIDN Times/Ayu Afria

Satuan tugas (Satgas) ini juga mengungkap kasus non TO cusa sebanyak enam kasus dengan barang bukti uang Rp6,9 juta, 800 USD, sepeda motor, handphone, ayam hingga helm.

“Total pengungkapan TO sebanyak 29 kasus. Non TO sebanyak 31 kasus. Pengungkapan keseluruhan sebanyak 60 kasus terdiri dari curat 32 kasus, curas 6 kasus, curanmor 16 kasus dan cusa 6 kasus. Lima tersangka kami beri tindakan tegas karena berupaya melawan petugas,” ungkap Ranefli.

Dari keseluruhan kasus, diketahui tersangka berjenis kelamin perempuan sebanyak delapan orang dan 62 orang tersangka laki-laki.

“Untuk kegiatan Operasi Sikat tahun ini cukup signifikan terutama dari segi non TO yang kami ungkap. Di mana terjadi peningkatan 70 persen, tahun sebelumnya ada 21 non TO sekrang 31 non TO. Dari hasil baik dari segi kualitas maupun kuantitas terjadi peningkatan,” terangnya.

Baca Juga: Kalapas Kerobokan Akui Ada Kebocoran Transaksi Narkoba di Dalam Lapas

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya