TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Karangasem-Klungkung Putus, Warga Terpaksa Bangun Jembatan Darurat

Warga berharap jembatan permanen segera dibangun

Jembatan darurat dibangun dengan gotong royong di jalur Karangasem-Klungkung. (IDN Times/Wayan Antara)

Karangasem, IDN Times - Masyarakat bergotong-royong membangun jembatan darurat menghubungkan akses Kabupaten Klungkung-Karangasem di Bali. Akses dua kabupaten ini sempat terputus menyusul banjir besar melanda Sungai Unda pada 6 Juli 2023 lalu.

Putusnya jalan penghubung Karangasem-Klungkung di wilayah Desa Tangkup (Karangasem)-Desa Selat (Klungkung) ini sangat berdampak bagi warga.

"Jembatan ini dikerjakan secara gotong-royong oleh warga di wilayah Karangasem, maupun Klungkung. Pengerjaannya dilakukan hingga malam, agar segera bisa dilalui," ujar Kepala Desa Selat di Kabupaten Karangasem Gusti Putu Ngurah Adnyana, Selasa (11/7/2023). 

Baca Juga: Polemik, Kapan Suwirta Mundur Jadi Bupati Klungkung?

1. Akses utama warga menuju pasar, sekolah, ataupun rumah sakit

Jembatan darurat dibangun dengan gotong royong di jalur Karangasem-Klungkung. (IDN Times/Wayan Antara)

Kondisi jalan yang putus ini, membuat warga berinisiatif membuat jembatan darurat yang menghubungkan dua wilayah ini. Material jembatan diberikan langsung oleh Pemkab Karangasem.

Sementara agar pengerjaan dilakukan dengan cepat, warga bergotong-royong membangun jembatan tersebut.

Jembatan dibangun berbahan kayu, di sisi selatan jalan yang putus. Untuk sementara ini, jembatan hanya mampu dilintasi para pejalan kaki, maupun kendaraan bermotor roda dua.

"Memang pengerjaan jembatan darurat ini dikebut, karena anak-anak sudah mulai sekolah," jelas Ngurah Adnyana.

2. Warga gotong-royong buat jembatan darurat

Jembatan darurat dibangun dengan gotong royong di jalur Karangasem-Klungkung. (IDN Times/Wayan Antara)

Putusnya akses jalan ini sangat mengganggu aktivitas warga di Desa Tangkup, Sangkangunung, Wangsean di wilayah Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem. 

Warga ini tergantung akses fasilitas pendidikan, kesehatan, dan ekonominya berada di Kabupaten Klungkung. Seperti untuk ke sekolah dan membawa hasil pertanian ke pasar-pasar di Klungkung.

"Jalan yang putus ini merupakan akses terdekat warga kami ke wilayah Klungkung, untuk ke pasar memenuhi kebutuhan sehari-hari," ujar Perbekel Desa Tangkup I Gede Sukardinata, Selasa (11/7/2023).

Ia berharap agar akses jalan ini dapat diperbaiki permanen, karena jalan itu akses utama bagi warga. Sebenarnya masih ada jalur lain untuk menuju Klungkung, yakni lewat Jalan Raya Sidemen-Desa Paksebali, namun jarak yang ditempuh warga jadi sangat jauh .

Baca Juga: Jalan Putus, Tubuh Korban Longsor Karangasem Ditemukan 

Berita Terkini Lainnya