TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sumiarta Mewakili Indonesia di Ajang Young Talents Escoffier

Yuk, harumkan nama Indonesia bli!

Chef muda dari Nusa Dua, Bali, I Kadek Sumiarta (Dok.IDN Times/istimewa)

Badung, IDN Times - Nama chef muda dari Nusa Dua, I Kadek Sumiarta (26), tengah melambung dalam industri perhotelan dan kuliner. Pasalnya chef profesional dari The Apurva Kempinski Bali ini dinobatkan sebagai pemenang dari kompetisi bergengsi Juenes Talents Escoffier mewakili Indonesia pada Mei 2022. Ia akan kembali berkompetisi di Young Talents Escoffier Asia Pasifik pada November 2024 di Paris.

Saat berkompetisi di Paris nantinya, Kadek akan mempersembahkan hidangan dengan cita rasa dan semangat Indonesia ke dunia kuliner global, yang merupakan cara uniknya untuk melanjutkan warisan Escoffier. Dia berencana menonjolkan keunikan bahan – bahan makanan dari Indonesia dalam hidangannya.

“Saya sangat senang dapat mewakili Indonesia di ajang bergengsi kancah internasional. Sebagai Balinese hidangan saya sepenuhnya didasari oleh kecintaan saya pada seni,” ungkap Kadek.

1. Kadek tertarik dengan pengalaman sepupunya sebagai juru masak

Perjalanan Kadek untuk menjadi seorang kuliner professional diawali dengan rasa tertariknya yang kuat akan pengalaman sepupunya yang bekerja sebagai juru masak di sebuah hotel di Nusa Dua. Kadek kemudian memutuskan untuk menekuni karier di bidang kuliner dengan menuangkan kecintaannya pada seni menggambar dan mengukir dengan sepenuh hati ke dalam kreasi kulinernya.

Kadek juga memperhatikan secara detail teknik yang digunakan dalam usahanya untuk menonjolkan karakteristik, dan cita rasa terbaik dari bahan-bahan yang digunakan dalam setiap hidangan.

“Saya ingin menjadi seorang chef. Kehidupan di dapur banyak menginspirasi saya. Saya sadar bahwa industri ini akan membiarkan saya mengekspresikan kreativitas saya pada makanan,” ungkap Kadek.

2. Kadek akan berkompetisi terkait makanan klasik Prancis

Mengenang kembali ke fase persiapan untuk kompetisi ini, Kadek mengatakan bahwa tantangan terbesar adalah menciptakan kembali hidangan klasik dari Prancis yang cita rasanya belum lazim untuknya. Semua pihak di resort telah memberikan dukungan penuh untuk Kadek, memastikan ia bisa tetap fokus untuk mengasah keterampilannya dan memperkuat kesiapan mentalnya untuk kompetisi-kompetisi ini.

Kadek dimentori langsung oleh seorang chef dengan gelar Meilleur Ouvrier de France Cuisine (1996), Chef Jean-Yves Leuranguer, yang memenangkan penghargaan tertinggi di dunia kuliner, dan Chef Ho Weng Kit yang telah memenangkan lebih dari 30 penghargaan dari kompetisi-kompetisi kuliner bergengsi di Asia dan Eropa.

“Semangat dan kreatifitas Kadek di dunia kuliner sungguh luar biasa. Merupakan suatu kehormatan untuk bisa mementorinya bersama Chef Jean-Yves dan Chef Kit. Kami tidak sabar melihat Kadek mewakili resorkami dan Asia Pasifik di Paris dan kami yakin dia pasti akan terus berprestasi,” ungkap Executive Chef The Apurva Kempinski Bali, Kata Yoann Mathy.

Berita Terkini Lainnya