TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mencuci Handuk Pakai Mesin Cuci biar Gak Rusak

Gak boleh pakai pemutih ternyata

Ilustrasi mencuci handuk dengan mesin cuci (Pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Handuk merupakan benda penting yang sering digunakan sehari-hari. Mulai dipakai untuk mandi, maupun membersihkan diri dari keringat atau kotoran. Agar handuk tetap bersih dan lembut, perlu dicuci secara teratur.

Mencuci handuk bisa dilakukan secara manual dengan tangan maupun menggunakan mesin cuci. Buat kamu yang ingin mencucinya dengan mesin cuci, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar serat handuk tidak cepat rusak dan tetap terasa lembut. Simak ulasannya di bawah ini sampai habis ya!

1. Cuci secara terpisah

Sebelum mulai memasukkannya ke dalam mesin cuci, kamu harus memisahkan handuk dengan pakaian-pakaian yang lain. Hal ini karena serat kain handuk berbeda dengan serat bahan pakaian. Handuk terbuat dari serat yang mudah rontok. Jika dicampur, serat dalam handul bisa terlepas dan menempel ke kain bahan pakaian. Selain itu, bakteri yang ada di handuk pun bisa berpindah dan menempel ke pakaian lainnya.

Begitu pula dengan handuk baru, tidak boleh dicuci bersamaan dengan handuk lama. Handuk baru cenderung warnanya bisa luntur, dan menyebabkan transfer warna ke handuk yang lama. Jika kamu mempunyai handuk putih dan berwarna, cara mencucinya pun harus terpisah. Agar handuk putihmu tetap terjaga warnanya dan tidak mengalami perubahan.

2. Jangan memasukkan terlalu banyak

Kain handuk cenderung lebih tebal dan berat saat terkena air. Oleh karena itu, jangan membebani mesin cuci dengan memasukkan jumlah yang banyak sekaligus. Handuk membutuhkan banyak ruang di dalam drum mesin untuk bersirkulasi, dan memudahkan saat membilasnya.

Memasukkan terlalu banyak handuk juga bisa membuatnya menggumpal dan kaku. Kamu bisa mencuci 2 hingga 3 handuk mandi, atau berukuran besar dalam sekali proses pencucian.

3. Jumlah detergen yang tepat

Setelah memasukkan handuk ke dalam mesin cuci, tuangkan detergen secukupnya. Jangan menggunakan detergen terlalu banyak karena akan sulit menghilang saat proses pencucian dan dibilias. Selain itu, handuk akan kehilangan kelembutannya dan bisa menjadi kasar.

Hindari juga memakai pemutih saat mencuci handuk putih. Meskipun pemutih bisa menghilangkan noda, namun bisa membuat warna handuk memudar, dan menyebabkan kerusakan permanen pada kainnya.

4. Mengatur suhu air

Pastikan kamu membaca label perawatan pada handuk yang akan dicuci. Karena setiap handuk mempunyai perawatan yang berbeda. Ada jenis handuk yang dicuci dengan air hangat atau air panas. Setelah itu, kamu bisa mengatur suhu air pada mesin cuci. Suhu air yang tepat bisa memaksimalkan efektivitas selama proses pencucian, dan dapat mencegah handuk rusak. Di samping itu, kuman atau bakteri akan hilang dan handuk menjadi bersih.

5. Keringkan di bawah sinar matahari

Ketika proses pencucian selesai, kamu bisa mengeringkannya di bawah sinar matahari secara langsung. Bahan handuk cenderung lebih tebal dibandingkan jenis kain lainnya. Jadi, biarkan handuk berada di jemuran lebih lama hingga benar-benar kering. Jangan lupa untuk memberikan jarak antara handuk dengan jemuran lainnya agar tidak menumpuk. Setelah handuk benar-benar kering, baru diangkat dan disimpan di dalam lemari.

Tips-tips di atas bisa kamu lakukan di rumah untuk menjaga kebersihan handuk yang sering dipakai sehari-hari. Agar handuk selalu bersih dan terhindar dari bakteri. Selamat mencoba ya!

Verified Writer

Natalia Indah Kartikaningrum

Mbak-mbak rambut pendek yang paling suka diajak ngopi atau sunsetan bareng.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya