Comscore Tracker

4 Penyebab Rem Sepeda Motormu Bunyi Berdecit

Jangan diabaikan ya

Rem merupakan komponen paling penting di setiap jenis kendaraan. Karena keselamatanmu saat berkendara ditentukan oleh rem ini. Makanya kamu perlu mengontrol kondisi rem, terutama jika kamu mengendarai sepeda motor.

Sebab kita cenderung mengabaikan kondisi rem kecuali jika sudah mulai ada yang tidak beres. Satu masalah yang sering muncul adalah bunyi berdecit saat mengerem. Kenapa rem bisa berdecit? Inilah empat penyebabnya:

1. Masalah pada cakram rem

4 Penyebab Rem Sepeda Motormu Bunyi Berdecitunsplash.com/Ash Edmonds

Bunyi berdecit bisa saja terjadi akibat kesalahan pada permukaan cakram itu sendiri. Periksa kembali cakram kamu apakah memiliki permukaan yang rata atau tidak rata. Apabila tidak rata, maka dipastikan bunyi berdecit hasil dari permukaan cakram yang tidak rata.

2. Kampas rem yang sudah tipis

4 Penyebab Rem Sepeda Motormu Bunyi Berdecitunsplash.com/Artem Bali

Kapan terakhir kali kamu mengganti kampas rem? Sebab bila kampas rem kamu sudah tipis, bisa menghasilkan bunyi berdecit saat mengerem. Biasanya untuk mengetahui kampasnya tipis adalah ketika genggaman remnya sudah tidak kuat lagi selain bunyi berdecit.

3. Kampas rem yang kotor

4 Penyebab Rem Sepeda Motormu Bunyi Berdecitunsplash.com/Kine Kallevik

Kampas rem yang kotor juga dapat menimbulkan suara berdecit, disebabkan adanya debu atau kotoran yang menempel pada bagian cakram. Kotoran tersebut lama kelamaan akan kering dan menjadi kerak. Itulah yang menyebabkan bunyi diakibatkan oleh kampas rem terkena kerak tersebut.

4. Terkena percikan air

4 Penyebab Rem Sepeda Motormu Bunyi Berdecitunsplash.com/Shane Rounce

Poin terakhir mungkin sudah diketahui oleh khalayak. Ya, air memang bisa memicu bunyi berdecit pada rem motor. Sebab air mampu menghilangkan kotoran pada kampas rem dan membuatnya keset. Makanya ketika direm akan menimbulkan suara.

Jadi, udah tahu alasannya kan? Coba mulai sekarang dicek dulu kondisi rem sepeda motor kamu.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Agung Destian Putra di IDN Times Community dengan judul Rem Motor Bunyi Berdecit? 4 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya