Liga Indonesia akan Terapkan VAR, Teco: Bisa Berguna dan Merugikan 

Ia berharap VAR banyak diuji coba sebelum diterapkan

Gianyar, IDN Times - Kompetisi Liga 1 Indonesia mulai berbenah dengan menerapkan beberapa perubahan regulasi pada musim mendatang. Salah satunya tentu penerapan VAR (Video Assistant Referee) pada setiap pertandingan.

Wacana soal pemakaian VAR ini disampaikan dalam acara pembukaan Local Organizing Committee’s Refreshment Liga 1 2023/2024 yang berlangsung hari Jumat (16/6) lalu di Jakarta.

Terkait regulasi baru ini, Pelatih Bali United, Stefano Cugurra atau yang akrab disapa Teco mengatakan, penerapan VAR bisa sangat berguna ataupun merugikan dalam penerapannya. 

1. Penerapan VAR bisa sangat berguna atau merugikan

Liga Indonesia akan Terapkan VAR, Teco: Bisa Berguna dan Merugikan PSM VS Bali United. (baliutd.com)

Teco menyebutkan, ada dua pandangan yang membuat VAR itu bisa berguna maupun bahkan merugikan beberapa negara yang telah menerapkannya.

"Ada beberapa negara menerapkan VAR dengan sangat bagus dan ada juga yang tidak bagus, karena banyak di pertandingan berhenti. Terkadang ada 8 hingga 9 menit untuk menunggu keputusan wasit dan ini menggangu pertandingan,” ungkap Teco, Rabu (21/6/2023).

Dalam penerapannya nanti, Teco berharap adanya komunikasi yang baik antara wasit di lapangan, dan yang berada di VAR agar bisa mengatur jalannya pertandingan dengan baik.

“Mudah-mudahan wasit VAR dan wasit di lapangan juga punya komunikasi yang bagus, sehingga nantinya cepat memberikan keputusan di lapangan pertandingan,” harap Teco.

Baca Juga: 5 Air Terjun Menawan di Gianyar, Gak Boleh Kamu Lewatkan

2. VAR akan diterapkan pada putaran kedua, uji coba harus banyak dilakukan

Liga Indonesia akan Terapkan VAR, Teco: Bisa Berguna dan Merugikan PSM VS Bali United. (baliutd.com)

Setelah melewati tahapan penilaian dan kajian yang baik, Teco tetap berharap VAR agar bisa berguna dan bermanfaat kemajuan sepak bola di Indonesia.

Ia memberikan masukan, agar dilakukan banyak uji coba terlebih dahulu dalam penerapan VAR. Sehingga dapat diterapkan secara matang dalam pertangan Liga 1 Indonesia.

Rencananya VAR ini baru akan dihadirkan di Liga Indonesia musim ini, pada putaran kedua. 

"Soal VAR saya pikir harus ada waktu buat belajar dan melakukan kajian dengan melakukan tes di lapangan," ungkap Stefano Cugurra.

3. VAR akan diterapkan pada semua pertandingan

Liga Indonesia akan Terapkan VAR, Teco: Bisa Berguna dan Merugikan Tim Bali United (baliutd.com)

VAR rencananya akan diterapkan di semua pertandingan. Awalnya rencananya akan menggunakan sistem sentralisasi, yang berpusat di Jakarta.

Namun dengan berbagai masukan, VAR akan diterapkan sistem desentralisasi. Ini membuat tim VAR langsung berada di lokasi stadion yang menyelenggarakan pertandingan.

Nantinya jika stadion penyelenggara tidak memiliki ruangan untuk VAR ini, maka akan disiapkan Mobile VAR atau Container untuk menunjang kinerja dari VAR tersebut.

Hanya saja pemakaian VAR ini masih membutuhkan waktu adaptasi sepanjang kompetisi, sehingga nantinya penerapannya semakin matang di kompetisi Indonesia.

Baca Juga: LPG Melon Masih Langka, Pemkot Denpasar Gelar Operasi Pasar

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya