Liga Batal! Kasihan Tim Bali United Hampir Setahun Tanpa Kompetisi

Semeton Dewata hingga skuad Bali United sama-sama kecewa

Berdasarkan hasil rapat Exco yang dilaksanakan hari Rabu (20/1/2021) lalu, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan kompetisi Liga 1 2020 resmi dibatalkan dan tidak dapat dilanjutkan.

Hal ini mendapatkan berbagai tanggapan, karena belum ada pemberitahuan resmi jadwal pelaksanaan kompetisi baru tahun 2021. Sementara manajemen Bali United berharap Liga 1 Indonesia 2021 segera bergulir, dengan protokol kesehatan (Prokes) seperti halnya liga-liga di negara lainnya.

Baca Juga: Berbulan-bulan Dirumahkan, Pemain Bali United Berkumpul Hari Ini

1. "Tidak apa kami tidak bisa datang ke stadion, dan hanya menyaksikan melalui TV. Paling penting liga bisa lanjut."

Liga Batal! Kasihan Tim Bali United Hampir Setahun Tanpa KompetisiIDN Times/Irma Yudistirani

Batalnya lanjutan Liga 1 Indonesia 2020 mendapatkan tanggapan dari suporter setia Bali United, Semeton Dewata. Seperti yang Wayan Sudarsa. Dirinya kecewa Liga 1 dibatalkan begitu saja. Padahal liga telah bergulir, dan Bali United terakhir menempati posisi 2 klasemen.

"Kecewa saja, liga harus berhenti di saat tim bermain bagus dengan menempati posisi runner up klasemen," ungkapnya, Jumat (22/1/2021).

Keputusan itu menurutnya semakin membuat kompetisi Liga 1 Indonesia tidak jelas kelanjutannya. Apalagi belum ada pembahasan lebih lanjut kapan Liga 1 Indonesia 2021 akan bergulir.

"Liga 1 tahun 2020 dihentikan, lalu tidak ada pembahasan untuk tahun 2021. Otomatis liga ini jadi gabeng (Tidak jelas). Kasihan tim sudah banyak yang bubar," katanya.

Hal serupa diungkapkan oleh suporter lainnya Made Yasa. Ia sebenarnya tidak masalah jika Liga 1 Indonesia 2020 dihentikan. Asalkan ada kabar kelanjutan Liga 1 Indonesia 2021.

"Di negara lain saja sudah lanjut liganya. Tidak apa kami tidak bisa datang ke stadion, dan hanya menyaksikan melalui TV. Paling penting liga bisa lanjut dan tim bisa bertahan terus," harapnya.

2. Kasihan tim, sudah hampir satu tahun tanpa kompetisi

Liga Batal! Kasihan Tim Bali United Hampir Setahun Tanpa KompetisiDok.IDN Times/Bali United

Pelatih Bali United, Stefano "Teco" Cugurra, turut mengomentari perihal situasi sepak bola yang belum ada kepastian pelaksanaan kompetisinya di Indonesia.

"Semoga Liga 1 tahun ini di Indonesia bisa segera terlaksana. Kasihan tim dan pemain karena sudah hampir satu tahun tanpa kompetisi. Semakin cepat terlaksana semakin baik untuk kita punya kualitas sepak bola di Indonesia. Tetap protokol kesehatan diperhatikan juga."

Teco bersama jajaran tim pelatih dan ofisial, sampai sekarang masih memberikan program latihan secara online kepada seluruh pemain Serdadu Tridatu. Harapan dan kejelasan kompetisi masih dinantikan, demi merealisasikan program latihan yang telah disiapkan untuk Fadil Sausu dan kawan-kawan.

3. Berharap vaksinasi bisa jadi solusi agar liga segera bergulir

Liga Batal! Kasihan Tim Bali United Hampir Setahun Tanpa KompetisiDok.IDN Times/Bali United

Kehadiran vaksin COVID-19 di Indonesia juga diharapkan menjadi solusi agar kompetisi Liga 1 Indonesia 2021 bergulir. Dikutip dari laman resmi Bali United, Teco mengatakan:

"Semoga vaksin itu benar menjadi solusi buat masalah situasi saat ini. Mudah-mudahan bukan hanya untuk sepak bola, tapi untuk semua hidup masyarakat agar lebih aman."

Pelatih asal Brazil ini juga berharap vaksin yang diberikan kepada masyarakat memang berkualitas.

"Tapi beberapa negara selain Indonesia, kompetisi sudah berjalan tanpa adanya vaksin. Mereka menerapkan protokol kesehatan yang bagus. Jika Indonesia bisa menerima vaksin yang bagus, tentu kompetisi bisa berjalan kembali dengan protokol kesehatan yang baik," harap Teco.

Teco dan penggawa Serdadu Tridatu belum menjalani latihan di Bali, karena situasi pandemik serta kepastian kompetisi. Semeton tetap dukung skuad Bali United di kompetisi tahun 2021 ya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya