Komang Teguh Satu-satunya Timnas dari Bali di SEA Games 2023

Dia asal Bangli yang bermain di Kalimantan

Bali sejak dulu selalu menyumbang para pemain sepak bola berbakat di Tanah Air. Ada nama Made Pasek Wijaya, Bayu Sutha, Komang Adnyana, dan lainnya yang cukup disegani di dunia sepak bola.

Hingga kini, pesepak bola Bali masih disegani. Itu terbukti, beberapa pemain asal Bali menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Yaitu Komang Teguh Trisnanda.

Baca Juga: Perjalanan Bali United Mengikuti Liga 1, Belum Konsisten?

Baca Juga: Timnas Sepak Bola Indonesia Baru 2 Kali Raih Emas SEA Games

1. Komang Teguh lahir di Bangli

Komang Teguh Satu-satunya Timnas dari Bali di SEA Games 2023Komang Teguh Trisnanda saat membela timnas Indonesia. (Instagram.com/komangteguhh_fc)

Bangli adalah satu-satunya Kabupaten di Bali yang tidak memiliki laut. Kabupaten yang cenderung dingin ini menjadi tempat kelahiran Komang Teguh.

Komang Teguh lahir pada 28 April 2002. Usia Komang Teguh saat ini adalah 21 tahun. Tergolong masih muda, nama Komang Teguh sudah dikenal oleh masyarakat pencinta bola Indonesia.

2. Sejak dini sudah bermain bola

Komang Teguh Satu-satunya Timnas dari Bali di SEA Games 2023Komang Teguh Trisnanda. (Instagram.com/komangteguhh_fc)

Komang Teguh memiliki minat yang tinggi terhadap olahraga sepak bola. Ia mulai bermain bola secara serius sejak 9 tahun. Ia memilih Sekolah Sepak Bola (SSB) Bali Bintang Centre pada tahun 2011 untuk mengasah kemampuan bermain bolanya.

Ia bergabung di beberapa SSB Kota Denpasar, di antaranya SSB Guntur tahun 2012 dan SSB Putra Tresna Denpasar dari tahun 2012 hingga 2016.

3. Bergabung dengan Tim Garuda Select

Komang Teguh Satu-satunya Timnas dari Bali di SEA Games 2023Komang Teguh Trisnanda. (Instagram.com/komangteguhh_fc)

Memasuki masa SMA, ia melanjutkan ke Jakarta untuk menempuh pendidikan di Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan. Bermain bola di diklat Ragunan membuat Komang Teguh semakin mengasah teknik bermain bolanya.

Pemilik tinggi 176 sentimeter ini kemudian bergabung ke program Garuda Select asuhan Dennis Wise, sang legenda Chelsea di tahun 2019. Ia bersama rekan-rekannya di Garuda Select bertanding melawan beberapa klub bola di luar negeri.

4. Dipinang oleh klub profesional Borneo FC

Komang Teguh Satu-satunya Timnas dari Bali di SEA Games 2023Komang Teguh Trisnanda saat mengenakan kostum Borneo FC. (Instagram.com/borneofc.id)

Komang Teguh saat ini mampu bermain di dua posisi, yaitu gelandang bertahan dan stopper atau bek tengah. Karena kemampuan bertahan yang dimiliki pemain muda ini, manajemen Borneo FC kepincut untuk mengikatnya dalam kontrak profesional.

Pada tahun 2020, Komang Teguh secara resmi telah menjadi bagian dari klub Kalimantan berjuluk Pesut Etam. Total ia pernah bermain untuk Borneo FC sebanyak 10 pertandingan, baik di Liga 1 maupun Piala Menpora tahun 2021.

5. Karier di Timnas dan menjadi bagian skuad Garuda Nusantara di SEA Games 2023

Komang Teguh Satu-satunya Timnas dari Bali di SEA Games 2023Komang Teguh Trisnanda saat membawa timnas U16 menjuarai Piala AFF U16 2018. (Instagram.com/komangteguhh_fc)

Semenjak bergabung di Garuda Select, Komang Teguh mulai dilirik PSSI untuk bergabung di Timnas pada usia muda. Tahun 2018, Komang Teguh dipanggil untuk bergabung di Timnas U16 untuk menghadapi Piala AFF U16 2018. Pada saat itu ia dilatih oleh Fakhri Husaini.

Piala AFF U16 2018 ini melambungkan namanya setelah berhasil mencetak gol ketika melawan Filipina. Komang Teguh dan kawan-kawan berhasil menjadi juara di Piala AFF U16 2018 setelah mengalahkan Thailand di babak final dalam adu pinalti.

Tahun 2019, Komang Teguh dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia U19 yang dilatih oleh Bima Sakti. Kemudian tahun 2021, ia dipercaya oleh Shin Tae Yong untuk menjaga area pertahanan Timnas U23.

Kini, Komang Teguh masuk dalam daftar skuad Timnas Indonesia U22 yang dibawa oleh Indra Sjafri untuk menghadapi SEA Games 2023 di Kamboja. Komang Teguh menjadi satu-satunya pemain asal Bali yang menghuni Timnas SEA Games 2023. Dua nama pemain Bali yang sebelumnya dipanggil, I Made Tito Wiratama dan Komang Tri Arta Wiguna, harus dicoret oleh Indra Sjafri.

Akankah Komang Teguh mampu membawa Indonesia menjadi juara SEA Games 2023, setelah paceklik medali emas selama 32 tahun? Patut ditunggu nih. Semangat puputan Komang, dija gen bani!

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya