3 Pelatih yang Mundur di Awal Liga 1 2023/2024

Bukti kerasnya persaingan Liga 1

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi Tanah Air, Liga 1 2023/2024, telah memasuki pekan keenam. Walaupun masih awal kompetisi, namun persaingan antarklub peserta cukup sengit. Perebutan tahta puncak klasemen masih sangat dinamis.

Liga 1 memang terkenal memiliki persaingan yang cukup keras. Satu buktinya adalah beberapa pelatih yang kurang memberikan kontribusi maksimal bagi timnya memilih mundur. Tercatat ada tiga pelatih yang harus pamit lebih awal dari klub yang diasuhnya. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 5 Fakta Bali United Putus Rekor Tak Terkalahkan Dewa United

1. Luis Milla

3 Pelatih yang Mundur di Awal Liga 1 2023/2024Luis Milla saat mundur dari Persib Bandung. (Instagram.com/persib)

Berita mengejutkan datang dari Persib Bandung. Luis Milla yang digadang-gadang akan mampu membawa Persib Bandung juara menyatakan mundur pada 15 Juli 2023. Mantan pelatih Timnas Indonesia ini memutuskan untuk mundur setelah klub berjuluk Maung Bandung tersebut hanya mendapatkan hasil seri di tiga pertandingan.

Persib Bandung mendatangkan Luis Milla pada pertengahan Liga 1 2022/2023. Saat itu, Persib dalam performa yang kurang baik. Dalam tujuh laga, Persib hanya mampu menang dua kali, selebihnya mengalami kekalahan.

Luis Milla sendiri sempat dirumorkan akan berlabuh ke Bali United. Hal ini karena adanya tuntutan suporter Bali United yang menginginkan Stefano Cugura diganti, dengan tagar #TecoOut. Namun, hingga kini hal itu tidak terjadi. Karena manajemen Serdadu Tridatu tetap mempertahankan Teco sesuai klausul kontrak yang telah dibuat.

2. I Putu Gede

3 Pelatih yang Mundur di Awal Liga 1 2023/2024Perpisahan I Putu Gede dengan Arema FC. (Instagram.com/aremafcofficial)

I Putu Gede adalah asisten pelatih yang menukangi Arema FC. Ia didapuk untuk menggantikan Javier Roca, Pelatih asal Chile, yang memilih mundur pada Februari 2023. Statusnya masih asisten pelatih, karena lisensi kepelatihannya tidak mendukung dia menjadi pelatih kepala.

Putu Gede memilih mundur dari jajaran pelatih Arema FC setelah klub asal Kota Malang ini mendapatkan hasil minor di awal Liga 1 2023/2024. Dari empat pertandingan saat itu, Arema FC belum pernah menang, satu kali seri, dan tiga kali kalah. Hal ini menyebabkan Arema FC menghuni klasemen dasar Liga 1 2023/2024.

3. Aidil Sharin Sahak

3 Pelatih yang Mundur di Awal Liga 1 2023/2024Aidil Sharin Sahak saat mundur dari Perikabo 1973. (Instagram.com/officialpersikabo)

Pelatih yang menyusul Luis Milla dan Putu Gede mundur dari klubnya adalah Aidil Sharin Sahak. Aidil secara resmi memutuskan mundur dari Persikabo 1973 pada 23 Juli 2023. Hal ini terjadi setelah pertandingan antara Persikabo 1973 vs Bhayangkara FC, yang dimenangkan Persikabo 1973 dengan skor 3-1.

Dari empat laga yang dilakoni Persikabo 1973, mereka hanya meraih satu kali kemenangan, sekali seri, dan sisanya mengalami kekalahan. Aidil Sharin Sahak adalah pelatih berkewarganegaraan Singapura. Sebelum melatih Persikabo 1973, ia pernah melatih Kedah FA (Malaysia) dan Home United (Singapura).

Pastinya, klub yang kehilangan pelatihnya ini akan segera merekrut pelatih baru. Menarik untuk ditunggu, pelatih-pelatih baru yang akan meramaikan putaran pertama Liga 1 2023/2024.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya