5 Negara Peringkat Buncit di Grup Piala Dunia 2022

Belum pernah melaju ke babak selanjutnya

Setiap tim nasional (timnas) pasti memiliki target untuk memberikan penampilan terbaik untuk negaranya di Piala Dunia. Total ada 32 tim terbaik dunia yang tampil di Piala Dunia 2022 Qatar.

Namun tidak semua timnas memberikan hasil yang memuaskan. Berikut 5 negara peringkat bunit di grup Piala Dunia 2022. Belum pernah menang.

Baca Juga: 10 Istri Pesepak Bola Piala Dunia 2022, Berprestasi Semua

Baca Juga: 10 Eks Pemain Piala Dunia yang Pernah Merumput di Indonesia

1. Qatar

5 Negara Peringkat Buncit di Grup Piala Dunia 2022Timnas Qatar. (Instagram.com/qfa

Sebagai tuan rumah, Qatar tampil di Piala Dunia 2022 tanpa melalui babak kualifikasi. Kehadiran Timnas Qatar di hadapan publiknya sendiri tentu saja memiliki ambisi dan tidak sekadar numpang lewat.

Tergabung di Grup A bersama Belanda, Senegal, dan Ekuador, The Maroon di Piala Dunia 2022 menurunkan 8 pemain naturalisasi yang tersebar di beberapa posisi, kecuali kiper. Namun tim asuhan Felix Sanchez belum bisa berbuat banyak. Sang tuan rumah mendapatkan hasil buruk di Piala Dunia 2022.

Qatar tidak mampu memetik kemenangan dari tiga laga yang dilakukan. Semua laga yang dilakoninya berakhir dengan kekalahan (tanpa poin). Qatar hanya mampu menciptakan satu gol ketika berhadapan dengan Senegal.

2. Wales

5 Negara Peringkat Buncit di Grup Piala Dunia 2022Timnas Wales. (Instagram.com/fawales)

Timnas Wales bergabung di Grup B bersama Inggris, Amerika Serikat, dan Iran. Wales tercatat hanya dua kali lolos di ajang Piala Dunia, yaitu pada gelaran tahun 1958 di Swedia dan 2022 di Qatar.

Tim asuhan Rob Page ini memiliki hasil yang sedikit lebih baik dari Qatar. Mereka mampu mencuri satu poin dan satu gol ketika menghadapi Timnas Amerika Serikat.

3. Denmark

5 Negara Peringkat Buncit di Grup Piala Dunia 2022Timnas Denmark. (Fifa.com)

Denmark sebelumnya dikenal sebagai tim kuat di Tanah Eropa. Tim berjuluk The Dynamite ini bergabung di Grup D bersama Prancis, Australia, dan Tunisia.

Keikutsertaan Denmark di Piala Dunia cukup banyak di antaranya Piala Dunia 1986 (Meksiko), 1998 (Prancis), 2002 (Korea dan Jepang), 2010 (Afrika Selatan), 2018 (Rusia), dan 2022 (Qatar). Pencapaian terbaik Denmark adalah berlaga di Piala Dunia 1998. Mereka berhasil lolos ke babak perempat final.

Namun di Piala Dunia 2022, tim di bawah asuhan pelatih lokal, Kasper Hjulmand, ini mendapatkan hasil minor. Mereka berada di klasemen terbawah tanpa pernah merasakan kemenangan. Mereka hanya mendapatkan 1 poin saat bermain imbang melawan Tunisia, dan mencuri satu gol saat dikalahkan Prancis 1-2.

4. Kanada

5 Negara Peringkat Buncit di Grup Piala Dunia 2022Timnas Kanada. (Instagram.com/canadasoccer)

Kanada bukan pertama kalinya tampil di ajang empat tahunan Piala Dunia. Kanada pertama kali tampil di Piala Dunia pada tahun 1986 di Meksiko. Setelah menunggu 36 tahun, Kanada kembali tampil di Piala Dunia 2022 di Qatar. Kanada bergabung di Grup F bersama Maroko, Kroasia, dan Belgia.

Tim yang diasuh John Herdman ini mendapatkan hasil buruk di perhelatan kali ini. Menempati posisi buncit, Kanada tidak berhasil memperoleh poin alias selalu kalah di setiap laga. Kanada hanya mencetak dua gol, masing-masing satu gol pada saat melawan Kroasia dan Maroko.

5. Serbia

5 Negara Peringkat Buncit di Grup Piala Dunia 2022Timnas Serbia. (Instagram.com/fudbalskisavezsrbije)

Serbia pernah tampil tiga kali di Piala Dunia. Yaitu pada Piala Dunia 2010 (Afrika Selatan), 2018 (Rusia), dan 2022 (Qatar). Pada saat masih bergabung bersama Yugoslavia, mereka pernah tampil di Piala Dunia sebanyak sembilan kali. Begitu pula ketika masih bersatu bersama montenegro, mereka pernah tampil satu kali tahun 2006 di Jerman.

Tim Asuhan Dragan Stojkovic di Piala Dunia 2022 ini bergabung di Grup G bersama tim-tim kuat yaitu Brasil, Swiss, dan Kamerun. Serbia tidak bisa berbuat banyak. Mereka menempati dasar klasemen Grup G dengan perolehan 1 poin hasil seri pada saat melawan Kamerun 3-3. Namun dilihat dari produktivitas gol, Serbia cukup baik dengan mengoleksi 5 gol.

Dalam setiap pertandingan akan selalu ada yang kalah dan menang. Hasil buruk di Piala Dunia 2022 ini semestinya menjadi bahan evaluasi dan cambuk bagi tim agar lebih baik lagi di laga-laga internasional lainnya. Semangat bro!

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya