4 Kekalahan Telak Bali United di Kompetisi Asia, Yuk Diulas

Menarik juga perjalanan Serdadu Tridatu di AFC Cup musim ini

Bali United baru saja menjalani babak playoff kompetisi Liga Champion Asia (LCA) 2023/2024 melawan Lee Man FC, Rabu (16/8/2023). Klub wakil Hong Kong ini berhasil membungkam Serdadu Tridatu dengan skor telak 5-1. Kekalahan ini menambah daftar kekalahan Bali United dengan skor telak di kompetisi Asia.

Kekalahan telak ini terjadi selama Bali United mengikuti playoff Liga Champion Asia dan fase grup AFC Cup. Kira-kira, siapa saja klub yang pernah meraih kemenangan telak atas Bali United? Ini daftarnya, langsung dibaca ya!

Baca Juga: 5 Pemain U23 Bali United, Calon Bintang Masa Depan

1. Melbourne Victory bungkam Bali United 5-0

4 Kekalahan Telak Bali United di Kompetisi Asia, Yuk DiulasWillian Pacheco saat berlaga di kompetisi Asia bersama Bali United. (Instagram.com/williampacheco02)

Bali United harus bertandang ke kandang Melbourne Victory (Australia) untuk laga playoff Liga Champion Asia 2020/2021. Pertandingan yang dihelat di AAMI Park, Selasa (21/1/2020) lalu, dimenangkan oleh tuan rumah dengan 5 gol tanpa balas. Lima gol klub berjuluk Boys In Blue ini dicetak masing-masing Basha (14'), Joshua Hope (37'), Robbie Kruse (59'), Ola Toivonen (82'), dan Elvis Kamsoba (90').

Walaupun Bali United berhasil menang di babak pertama playoff LCA melawan Tampine Rovers (Singapura), namun sangat terlihat berbeda kualitasnya dengan Melbourne Victory. Kecepatan, skill, dan postur tubuh para pemain Melbourne Victory berada di atas rata-rata pemain Bali United. Lini belakang Bali United terlihat sangat rapuh, para penyerang Melbourne Victory dengan mudah masuk ke area pertahanan tanpa ada pengawalan.

2. Bali United kalah dari Lee Man FC dengan skor 5-1

4 Kekalahan Telak Bali United di Kompetisi Asia, Yuk DiulasBali United saat menjajal rumput Hong Kong Stadium. (Lcsd.gov.hk)

Saat bertandang ke Hong Kong Stadium, pemain Bali United tidak ada yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Satu gol Bali United didapat karena kesalahan pemain Lee Man FC, sehingga tercipta gol bunuh diri yang dilakukan oleh Tsui Wang Kit pada menit ke-11.

Lima gol Lee Man FC diciptakan oleh Mitchell Paulissen yang melakukan brace pada menit ke-8 dan ke-56, Gil pada menit ke-13, Everton Camargo pada menit ke 45+2, dan Jos Angel Alonso menciptakan gol penutup.

Para pemain Bali United seakan tidak berdaya menghadapi gempuran pemain Lee Man FC. 9 Pemain asingnya mudah masuk ke daerah pertahanan Serdadu Tridatu. Otomatis, hasil ini membuat langkah Bali United terhenti di LCA 2023/2024.

3. United City menang atas Bali United dengan skor 4-0

4 Kekalahan Telak Bali United di Kompetisi Asia, Yuk DiulasUnited City FC, Filipina. (Unitedcityfootballclub.com)

Bali United mengalami kekalahan dari United City FC (Filipina) pada babak penyisihan Grup G AFC Cup 2020/2021. Pada pertandingan yang dihelat di Stadion Rizal Memorial, Filipina, Rabu (11/3/2020) lalu, Bali United harus kebobolan 4 gol tanpa balas. Gol United City dicetak oleh OJ Porteria (35'), Robet Lopez Mendy (73'), dan brace dari Bienvenido Maranon Morejon (54' dari titik penalti (69').

Ini adalah pertandingan leg pertama kedua tim. Pertandingan leg kedua seharusnya dilakukan di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Namun pertandingan ini dibatalkan, karena pandemik COVID-19. Bali United menghuni dasar klasemen Grup G di bawah Quang Ninh FC (Vietnam), Svay Rieng FC (Kamboja), dan United City FC (Filipina).

4. Visakha FC cukur Bali United 5-2

4 Kekalahan Telak Bali United di Kompetisi Asia, Yuk DiulasBali United saat melawan Visakha FC. (The-afc.com)

Bali United kembali menjadi wakil Indonesia di AFC Cup 2022/2023. Kali ini, Serdadu Tridatu tergabung di Grup G bersama Visakha FC (Kamboja), Kedah Darul Aman FC (Malaysia), dan Kaya FC Iloilo (Filipina). Bali United harus menelan kekalahan telak pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Senin (27/6/2022).

Ilija Spasojevic dkk kebobolan lima gol yang dicetak oleh Paulo Victor (17', 63'), Ouk Sovann (45',88'), dan Lee Jae Gun (55'). Gol balasan Serdadu Tridatu dicetak oleh Irfan Jaya (9'), dan Provat Mbarga (85'). Pada fase grup ini, Bali United kembali gagal lolos ke fase semifinal ASEAN karena berada di posisi ketiga di bawah Kedah Darul Aman FC dan Visakha FC.

Tim asuhan Stefano Cugurra masih belum bisa berbuat banyak di kompetisi Asia. Musim ini, Bali United harus turun kelas bermain di kompetisi AFC Cup 2023/2024, setelah gagal di babak playoff LCA 2023/2024. Akankah Bali United bisa lolos dari fase grup, atau kembali terpuruk? Menarik ditunggu perjalanan Serdadu Tridatu di AFC Cup musim ini.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya