5 Julukan Timnas Piala Dunia 2022 yang Memakai Simbol Satwa

Maknanya dalam banget

Satu hal yang unik di Piala Dunia 2022 adalah julukan masing-masing tim nasionalnya (timnas). Seban ada beberapa negara yang mengambil simbol satwa sebagai julukan untuk timnas. Siapa saja negara tersebut dan apa maknanya? Ini dia deretan julukan timnas memakai simbol satwa di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 6 Wasit Perempuan di Piala Dunia 2022 Qatar

Baca Juga: 10 Potret Top Skor Piala Dunia dari Masa ke Masa

1. Inggris 'The Three Lions'

5 Julukan Timnas Piala Dunia 2022 yang Memakai Simbol SatwaSeragam timnas Inggris. (Instagram.com/england)

Inggris sering dikenal dengan sebutan The Three Lions. Sebutan ini ada di logo FA (Federasi Sepak Bola Inggris) seragam atau kostum Timnas Inggris. Logo FA berbentuk tiga singa yang bertumpuk-tumpuk.

Lambang singa ini berasal dari abad ke-12 ketika tentara Inggris membawa panji-panji dengan simbol tiga singa emas berlatar merah. Lambang singa ini telah dipakai oleh kerajaan Inggris pada era Raja Henry 1, Geoffrey Pantagenet dan Pangeran Anjou, serta Raja Henry II.

Karena semua keluarga kerajaan menggunakan lambang tersebut, maka disatukan menjadi tiga singa oleh Raja Richard. Hingga kini menjadi lambang resmi Kerajaan Inggris.

2. Prancis 'Le Coq Gaulois'

5 Julukan Timnas Piala Dunia 2022 yang Memakai Simbol SatwaTimnas Prancis. (Instagram.com/equipedefrance)

Timnas Prancis juga memiliki julukan yang menggunakan simbol satwa yaitu ayam jantan. Selain Les Bleus, Timnas Prancis berjulukan Le Coq Gaulois atau ayam jantan.

Julukan ini tertuang dalam logo ayam jantan di kostum Timnas Prancis. Logo ayam jantan ini diambil dari logo federasi sepak bola Prancis (FFF). Sejarah penggunaan logo ayam jantan ini bermula dari Romawi yang menyerang Bangsa Galia, nenek moyangnya Prancis.

Julukan Gallus yang berarti ayam jantan, digunakan Romawi untuk mengolok-olok musuhnya yaitu Bangsa Galia. Bangsa Romawi meremehkan kemampuan Bangsa Galia. Namun yang terjadi justru orang-orang Galia sangat berani di medan pertempuran. Bangsa Galia lalu menggunakan ejekan tersebut sebagai simbol perlawanan.

Ayam jantan memiliki filosofi melindungi kelompok mereka dari hewan lain, tak peduli seberapa besar atau hebat lawannya. Hingga saat ini, simbol ayam jantan masih digunakan oleh Prancis.

3. Maroko 'The Atlas Lion'

5 Julukan Timnas Piala Dunia 2022 yang Memakai Simbol SatwaTimnas Maroko. (Instagram.com/equipedumaroc)

Timnas Maroko mendapat julukan sebagai The Atlas Lion atau Singa Atlas. Singa Atlas termasuk jenis singa yang hidup di Maroko.

Singa Atlas atau Singa Berber adalah satwa penghuni Pegunungan Atlas, Afrika Utara. Singa jenis ini kini mengalami kepunahan. Populasinya berkurang karena banyak pemburu yang berburu menggunakan senjata api.

Singa Atlas terkenal karena ketangguhannya menjelajahi Pegunungan Atlas melewati Maroko. Singa Atlas memiliki surai lebat hingga menutupi perutnya. Selain itu, ia memiliki tubuh yang besar dan berotot.

4. Australia 'Socceroos'

5 Julukan Timnas Piala Dunia 2022 yang Memakai Simbol SatwaTimnas Australia. (Instagram.com/footballaus)

Siapa sangka julukan Socceroos untuk Timnas Australia diciptakan oleh seorang jurnalis dari Sydney, Tony Horstead, pada tahun 1967. Ia menciptakan julukan ini karena mewakili kecenderungan bahasa dan budaya di Australia.

Timnas Australia menggunakan lambang satwa khas Australia yaitu kanguru. Logo kanguru juga dipakai di beberapa cabang olahraga. Socceroos gabungan dari dua kata, yaitu soccer (sepak bola) dan kangarooss (kanguru).

5. Senegal 'Lion of Teraanga'

5 Julukan Timnas Piala Dunia 2022 yang Memakai Simbol SatwaTimnas Prancis. (Instagram.com/footballsenegal)

Satu peserta Piala Dunia 2022 dari Benua Afrika adalah Senegal. Senegal memiliki julukan Lion of Teraanga atau Singa Teraanga.

Tanah Teraanga (dibaca teranga) merupakan sebutan untuk Senegal. Teraanga sendiri memiliki makna ramah tamah atau keramahtamahan. Kabarnya, warga lokal di sana selalu menyambut turis dengan sangat ramah, bahkan tak segan berbagi minuman atau makanan. Para turis seolah-olah merasa seperti di rumah sendiri.

Teraanga dijadikan identitas Senegal ketika berdiri pada tahun 1960. Teraanga kemudian digunakan di berbagai sendi kehidupan warga Senengal, termasuk timnasnya. Singa di sini memiliki makna kuat, perkasa, dan bijaksana.

Julukan timnas Piala Dunia 2022 yang memakai simbol satwa di atas diberikan untuk mempresentasikan kekuatan dan harapan dari timnas negara tersebut. Julukan ini juga menjadi spirit atau semangat dan motivasi bagi para pemainnya.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya