5 Fakta Duel Argentina Vs Prancis di Final Piala Dunia 2022

Sama-sama pernah dua kali juara dunia

Final Piala Dunia 2022 akan mempertemukan Argentina dan Prancis di Stadion Lusail Iconic, pada Minggu (18/12/2022), pukul 23.00 Wita. Dua negara berbeda benua ini berusaha membawa pulang tropi Piala Dunia untuk ketiga kalinya. Seperti apakah fakta-fakta menarik Argentina vs Prancis? Langsung dibaca ya, guys!

Baca Juga: 5 Julukan Timnas Piala Dunia 2022 yang Memakai Simbol Satwa

Baca Juga: 10 Pemain Liga Inggris di Final Piala Dunia 2022

1. Sama-sama tim dengan status bintang dua

5 Fakta Duel Argentina Vs Prancis di Final Piala Dunia 2022Timnas Prancis. (Instagram.com/equipedefrance)

Seperti kita ketahui, kedua tim pernah mengangkat tropi Piala Dunia sebanyak dua kali. Argentina pernah lima kali merasakan bertanding di babak final Piala Dunia yaitu pada tahun 1930 (Uruguay), 1978 (Argentina), 1986 (Meksiko), 1990 (Italia), dan 2014 (Brasil). Dari kelima laga partai final, Argentina meraih juara Piala Dunia pada tahun 1978 setelah mengalahkan Belanda dengan skor 3-1, dan tahun 1986 mengalahkan Jerman Barat dengan skor 3-2.

Sedangkan Les Bleus (sebutan untuk Timnas Prancis) pernah merasakan babak final Piala Dunia sebanyak tiga kali yaitu pada tahun 1998 (Prancis), 2006 (Jerman), dan 2018 (Rusia). Dari tiga kali laga, dua di antaranya berhasil meraih juara Piala Dunia pada tahun 1998 setelah mengalahkan Brasil dengan skor 3-0, dan tahun 2018 setelah unggul atas Kroasia 4-2.

2. Adu kuat penyerang Paris Saint Germain

5 Fakta Duel Argentina Vs Prancis di Final Piala Dunia 2022Lionel Messi saat merayakan gol. (Instagram.com/afaseleccion)

Kedua tim memiliki penyerang yang bermain di klub Paris Saint Germain (PSG), yaitu Lionel Messi (Argentina) dan Kylian Mbappe (Prancis). Kedua penyerang yang haus gol ini sama-sama membukukan 5 gol dan top skor sementara Piala Dunia 2022.

Baik Messi maupun Mbappe juga memiliki kesempatan yang sama meraih sepatu emas, tropi untuk top skor Piala Dunia. Mereka pernah merasakan babak final Piala Dunia sebanyak satu kali, Messi pada Piala Dunia 2014 di Brasil dan Mbappe di Piala Dunia 2018 Rusia. Namun Mbappe lebih dulu merasakan angkat tropi Piala Dunia ketika Timnas Prancis menjadi juara di Rusia.

Kira-kira siapa yang terbaik ya? Jika Messi berhasil mencetak gol ke gawang Prancis dan memenangi pertandingan, kira-kira fans PSG di Prancis akan mengelukan Messi gak? Menarik juga nih.

3. Argentina pernah kalah di Stadion Lusail Iconic, sedangkan Prancis mengejar juara 'back to back'

5 Fakta Duel Argentina Vs Prancis di Final Piala Dunia 2022Pemain timnas Argentina. (Instagram.com/afaseleccion)

Satu fakta menarik Argentina adalah mereka mengalami kekalahan di Stadion Lusail Iconic. Dalam laga pembuka Piala Dunia 2022, Argentina dipaksa mengakui keunggulan Arab Saudi dengan skor 1-2. Apakah di partai penutup nantinya Argentina kembali bertekuk lutut di stadion yang sama? Ditunggu saja nanti.

Sementara Prancis juga ingin menjadi juara "back to back", seperti halnya Brasil yang pernah menjadi juara di dua edisi berturut-turut pada 1958 (Swedia) dan 1962 (Chili).

4. Pernah tiga kali bertemu di Piala Dunia

5 Fakta Duel Argentina Vs Prancis di Final Piala Dunia 2022Timnas Prancis. (Instagram.com/equipedefrance)

Bukan pertama kalinya Argentina dan Prancis bertemu di Piala Dunia. Mereka sudah tiga bertemu di Piala Dunia. Pada edisi Piala Dunia pertama di Uruguay, Argentina berhasil mengalahkan Prancis dengan skor 1-0 di babak penyisihan grup pada 15 Juli 1930. Gol semata wayang Argentina dicetak oleh Luis Monti.

Pertemuan kedua terjadi di Piala Dunia 1978 Argentina, tepatnya 6 Juni 1978. Argentina kembali menundukkan Prancis dengan skor 2-1 di babak penyisihan Grup A.

Pertemuan ketiga terjadi di Piala Dunia 2018 Rusia. Kali ini Mbappe dan kawan-kawan membuat Messi dan kawan-kawan tertunduk lemas karena harus tersingkir di babak 16 besar. Prancis berhasil menundukkan Argentina dengan skor 4-2, di mana dua gol diciptakan oleh Mbappe.

5. Statistik kedua tim di Piala Dunia 2022

5 Fakta Duel Argentina Vs Prancis di Final Piala Dunia 2022Timnas Prancis. (Instagram.com/equipedefrance)

Laga ini tentu saja perlu menyimak statistik kedua tim di Piala Dunia 2022. Argentina yang tergabung di Grup C bersama Polandia, Meksiko, dan Arab Saudi berhasil menjadi juara grup dengan raihan 6 poin dari dua kali kemenangan dan satu kali kekalahan. Argentina berhasil membukukan 12 gol dan kebobolan 5 gol.

Sedangkan Prancis yang tergabung di Grup D bersama Australia, Tunisia, dan Denmark menjadi pemimpin grup dengan perolehan poin yang sama dengan Argentina, yaitu 6 poin dari hasil dua kali kemenangan dan satu kali kekalahan. Dari segi produktivitas, Prancis lebih unggul dari Argentina, yaitu telah mencetak 13 gol dengan kebobolan sebanyak 5 gol.

Secara statistik, kedua tim memiliki kekuatan seimbang dan striker yang haus gol untuk mengukuhkan diri sebagai top skor Piala Dunia 2022. Siapa pun pemenangnya, merekalah tim terbaik yang bertanding di Piala Dunia 2022 Qatar.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya