Kadek Arel Debut di Timnas U-23 Bersama 5 Pemain Muda Baru

Mereka jebolan akademik klub bola

Piala AFF U-23 2023 telah berlangsung di Thailand sejak 17 hingga 26 Agustus 2023. Timnas U-23 bergabung di Grup B bersama Malaysia dan Timor Leste. Shin Tae Yong menggunakan pemain-pemain muda dari klub peserta Liga 1 2023/2024.

Tidak semua klub mau melepas pemain utamanya ke Piala AFF U-23 2023 karena bukan agenda resmi FIFA. Karena itu, Shin Tae Yong memanggil beberapa wajah baru di Timnas U-23. Siapa saja mereka yang debut bersama Timnas U-23 di laga pertama melawan Malaysia?

Baca Juga: 5 Pemain U23 Bali United, Calon Bintang Masa Depan

1. Kadek Arel, bek Bali United

Kadek Arel Debut di Timnas U-23 Bersama 5 Pemain Muda BaruKadek Arel (tengah). (Baliutd.com)

Pemilik nama lengkap Kadek Arel Priyatna mendapatkan kesempatan dipanggil Shin Tae Yong, untuk memperkuat skuad Garuda U-23 berlaga di Piala AFF U-23 2023. Hal ini tidak terlepas dari performa apiknya mengawal lini belakang Bali United. Dalam laga pertama melawan Malaysia, Kadek Arel dipilih sebagai starter.

Pemain kelahiran KOta Denpasar ini merupakan jebolan Akademi Bali United Youth. Ia resmi bergabung bersama tim utama Bali United pada awal Januari, tepatnya pada putaran kedua Liga 1 2022/2023. Ia beduet dengan pemain Timnas Thailand, Elias Dolah, di lini belakang. Sebelum bermain di Timnas U-23, Kadek Arel sempat dipanggil Shin Tae Yong untuk memperkuat Timnas U2-0, yang saat itu akan berlaga di Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20.

2. Esal Sahrul, penyerang sayap Persita Tangerang

Kadek Arel Debut di Timnas U-23 Bersama 5 Pemain Muda BaruEsal Sahrul melakukan selebrasi seusai cetak gol. (Persitafc.com)

Esal Sahrul masuk sebagai pemain pengganti pada laga melawan Malaysia. Ia adalah pemain muda milik Persita Tangerang yang bermain di posisi sayap. Karir sepak bola Esal berawal dari Akademi Persita.

Pada Liga 1 2023/2024, ia berhasil menembus skuad utama La Viola. Pemain kelahiran 14 Maret 2002 ini telah menjalankan laga sebanyak 5 kali dengan 2 torehan gol bersama Persita Tangerang. Dua gol ini ia ciptakan saat mengalahkan Persija Jakarta pada 22 Juli 2023, dan saat menahan imbang Persikabo 1973 pada 28 Juli 2023.

3. Muhammad Ragil, penyerang Bhayangkara Presisi FC

Kadek Arel Debut di Timnas U-23 Bersama 5 Pemain Muda BaruMuhammad Ragil saat bermain bersama Garuda Select. (Instagram.com/muhammad.ragil23)

Penyerang Bhayangkara Presisi FC ini bermain sebagai pemain pengganti pada laga melawan Malaysia. Namun, ia belum mampu mengubah skor 2-1 untuk kemenangan Malaysia. Muhammad Ragil mengawali karier sepak bolanya di akademi milik Bhayangkara Presisi FC.

Ia kemudian dipanggil sebagai bagian dari skuad Garuda Select. Setelah masa latihan di Garuda Select selesai, ia memutuskan untuk memperkuat klub yang telah membesarkannya di Liga 1 2023/2024. Pemain kelahiran Deli Serdang, 8 Mei 2005 ini telah bermain sebanyak 3 pertandingan dan mencetak 1 gol, yaitu saat melawan PSIS Semarang.

4. Robi Darwis, gelandang bertahan Persib Bandung

Kadek Arel Debut di Timnas U-23 Bersama 5 Pemain Muda BaruRobi Darwis saat berlatih bersama Persib Bandung. (Persib.co.id)

Nama Robi Darwis mengingatkan kepada sosok legenda Persib Bandung, Robby Darwis. Namun, ia tidak ada hubungan darah keturunan dengan pemain legendaris tersebut. Pemain kelahiran Cianjur, 2 Agustus 2003 ini berposisi sebagai gelandang bertahan di Persib Bandung.

Ia adalah jebolan dari diklat milik Persib Badung. Ia sempat dipinjamkan ke Bandung United, setelah itu resmi memperkuat tim utama Persib pada Mei 2022. Pada pertandingan melawan Malaysia, ia tercatat sebagai starter yang dipilih Shin Tae Yong. Bersama Persib Bandung, ia telah memberikan 5 kali penampilan.

5. Arkhan Fikri, gelandang serang Arema FC

Kadek Arel Debut di Timnas U-23 Bersama 5 Pemain Muda BaruArkhan Fikri. (Instagram.com/arkhanfikri)

Sosok Arkhan Fikri sudah tidak asing bagi Shin Tae Yong. Ia sempat memperkuat Timnas U-20 di Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan untuk menggantikan peran Marcelino yang tidak mendapatkan izin dari klubnya, KMSK Deinze. Ia mengawali kariernya di Akademi Barito Youth.

Ia sempat memperkuat klub PS Kwarta Deli sebelum bergabung bersama Arema FC. Pada pertandingan melawan Malaysia, ia bermain sebagai starter. Sebelum bermain di Timnas U-23, ia sempat dipilih sebagai kapten Timnas U-20.

6. Frengky Missa, pemain pinjaman dari Persija Jakarta

Kadek Arel Debut di Timnas U-23 Bersama 5 Pemain Muda BaruFrengky Missa saat memperkuat Timnas Indonesia. (Instagram.com/frengkymissa58_)

Frengky Missa pernah bergabung sebagai tim sepak bola NTT pada perhelatan PON XX, Papua. Ia kemudian memilih untuk bergabung bersama akademi milik Persija. Tahun 2022, ia bergabung bersama tim utama Persija Jakarta.

Pada Liga 1 2023/2024, pemain kelahiran Timor Tengah Selatan, 20 Februari 2004 ini dipinjamkan ke Persikabo 1973. Pemain berposisi sebagai bek kiri ini mendapat kepercayaan dari Shin Tae Yong untuk bermain sebagai starter saat melawan Malaysia.

Pemain-pemain muda debutan ini sudah sepantasnya mendapatkan menit bermain di klubnya masing-masing. Karena, kualitas mereka tidaklah kalah dari pemain yang lebih senior. Semoga bisa menjadi bintang masa depan sepak bola Indonesia.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya