Nama Jurus Wushu yang Dipraktikkan Arsy Hermansyah

Keren sih putrinya Anang Hermansyah ini

Beberapa waktu lalu, media sosial (medsos) ramai dengan unggahan video Arsy Hermansyah yang sedang berlatih olahraga bela diri. Anak Anang Hermansyah dan Ashanty ini sedang berlatih wushu bersama seorang pelatih. Ia terlihat sedang belajar jurus yang ada di wushu.

Kira-kira, apa ya nama jurus wushu yang sedang dipelajari oleh Arsy? Biar gak penasaran, kamu wajib baca penjelasan berikut. Langsung disimak ya!

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Roundnet, Perpaduan Banyak Olahraga

Baca Juga: 5 Pemain Liga 1 Postur Tinggi Hampir Dua Meter

1. Chang Quan, jurus dari utara China

Nama Jurus Wushu yang Dipraktikkan Arsy Hermansyahjurus Changquan (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Jurus yang sedang dipelajari oleh Arsy dalam video di akun Instagram-nya itu disebut dengan nama Chang Quan atau dibaca Cang Cen. Menurut Teguh Hery Susantho, Pelatih sekaligus Pemilik Sasana Wushu Sinar Naga Bali, Chan Quan juga sering disebut sebagai Jurus Pukulan Panjang. Jurus ini termasuk kategori Jurus Tangan Kosong Utara.

Jurus Chang Quan memiliki karakter pukulan atau tendangan dengan serangan panjang dan cepat. Selain itu, Jurus Utara ini memiliki kuda-kuda yang rendah dan kokoh, serta lebih menonjolkan loncatan dengan putaran yang indah.

Pada zaman dahulu, orang-orang yang hidup di bagian Utara China lebih dekat dengan ibu kota. Kehidupan mereka lebih aman, damai, dan memiliki tanah yang subur. Sehingga mereka tidak sekuat dengan orang-orang di bagian selatan, yang kondisi daerahnya tidak seberuntung di utara.

2. Jurus wushu selain Chang Quan

Nama Jurus Wushu yang Dipraktikkan Arsy Hermansyahjurus Jianshu (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Wushu terdiri dari kategori seni bela diri yang disebut Taolu, dan pertarungan yang disebut Sanda. Taolu terdiri dari Jurus Utara, Selatan, dan Tai Chi. Jurus Selatan memiliki karakter pukulan atau tendangan yang kuat dan tegas menyerupai harimau. Sedangkan Tai Chi memiliki karakter gerakan pelan, lembut, namun bertenaga.

Berikut adalah jurus-jurus standar dari wushu yang sering dipertandingkan, selain Chang Quan:

  • Wu Bu Quan: jurus dasar yang harus dipelajari sebelum mempelajari jurus lainnya. Jurus ini disebut juga jurus lima kuda-kuda dasar yang harus dikuasai dalam wushu
  • Nan Quan: jurus tangan kosong yang masuk ke dalam Jurus Selatan. Sejak tahun 2023, untuk kategori usia 11 tahun ke bawah memainkan jurus bernama Chuji Nan Quan
  • Jian Shu: termasuk dalam kategori jurus senjata pendek utara yang menggunakan senjata pedang
  • Dao Shu: termasuk dalam kategori jurus senjata pendek utara yang menggunakan senjata golok
  • Nan Dao: termasuk dalam kategori jurus senjata pendek selatan yang menggunakan senjata golok. Golok yang digunakan berbeda dari golok jurus Dao Shu. Golok Nan Dao lebih pendek dan lebar. Sejak 2023, untuk kategori usia 11 tahun ke bawah memainkan jurus bernama Chuji Nan Dao
  • Nan Gun: termasuk dalam kategori jurus senjata panjang selatan yang menggunakan senjata toya atau tongkat. Sejak tahun 2023, untuk kategori usia 11 tahun ke bawah memainkan jurus bernama Chuji Nan Gun
  • Qiang Shu: Termasuk dalam kategori jurus senjata panjang utara yang menggunakan senjata tombak
  • Tai Chi Quan: jurus tangan kosong dari Tai Chi
  • Tai Chi Jian: jurus senjata pendek dari Tai Chi yang menggunakan senjata pedang.

Masing-masing jurus di atas memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda untuk kelompok usia (Senior, A, B, C, dan D).

3. Berapa usia ideal anak-anak untuk belajar wushu?

Nama Jurus Wushu yang Dipraktikkan Arsy Hermansyahjurus Wu Bu Quan (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Karena wushu termasuk olahraga bela diri, banyak yang mengira ini hanya bisa dilakukan oleh anak-anak mulai tingkat sekolah dasar (SD). Menurut Teguh, hal ini tidaklah benar. Karena berlatih wushu bisa dimulai sejak tingkat PAUD atau mulai usia empat tahun.

"Justru sebaiknya belajar wushu sejak dini, karena akan lebih mudah untuk mendapatkan kelenturan tubuhnya. Yang terpenting, si anak sudah bisa menerima dan mengikuti perintah yang diberikan," ungkap Teguh saat dihubungi melalui WhatsApp, Senin (2/10/2023).

Lalu apa manfaat lain dari wushu selain kesehatan? Menurut Teguh, wushu sangat bagus untuk melatih keseimbangan otak kiri dan kanan. Sebab dalam wushu, setiap atlet atau orang yang berlatih wushu harus memahami posisi kanan dan kiri, serta mengatur keharmonisan gerakan tubuh bagian kiri dan kanan. Teguh menambahkan, latihan wushu juga dapat meningkatkan daya ingat anak-anak. Karena mereka harus mengingat gerakan-gerakan dari masing-masing jurus yang tidak sedikit.

Gimana guys, sudah siap ikutan latihan wushu seperti Arsy Hermansyah? Satu catatan pentingnya adalah berlatih wushu harus dilakukan secara bertahap. Sebaiknya berlatih wushu di sasana, agar kamu tidak salah dalam mempelajari jurus-jurusnya. Jika kamu di Bali, banyak banget informasi sasana wushu melalui artikel ini.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya