4 Cara Mengecilkan Perut Gerakan Sederhana, Bisa di Rumah

Penulis mewawancarai langsung ahlinya nih

Memiliki perut rata adalah idaman semua kalangan. Gaya hidup yang tidak sehat membuat perut menjadi besar atau buncit. Bentuk perut seperti ini juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar memiliki bentuk perut ideal, satu di antaranya pergi ke pusat kebugaran atau sering disebut dengan istilah ngegym. Lalu bagaimana dengan orang yang tidak memiliki waktu cukup untuk pergi ke tempat kebugaran? Kamu bisa mengikuti beberapa gerakan berikut di rumah. Gerakan ini penulis dapatkan dari seorang profesional trainer di Bali bernama Yohanes Seran.

Baca Juga: Fakta Speedflying, Olahraga Ekstrem di Mission Impossible 7

1. Flutter kick

4 Cara Mengecilkan Perut Gerakan Sederhana, Bisa di RumahGerakan flutter kick. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Gerakan flutter kick ini dilakukan dengan berbaring. Kemudian angkat kedua kaki dengan posisi kaki lurus, setelah itu digerakkan secara bergantian naik turun. Lakukan gerakan secara perlahan. Flutter kick ini mirip seperti gerakan kaki saat berenang gaya bebas.

Fungsi dari gerakan flutter kick adalah untuk mengencangkan otot perut bagian bawah. Gerakan ini diyakini mampu membakar tumpukan lemak di area perut. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali dalam satu set.

2. Sit up

4 Cara Mengecilkan Perut Gerakan Sederhana, Bisa di RumahGerakan sit up. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Gerakan kedua adalah melakukan sit up. Posisi saat melakukan sit up adalah tidur, kemudian kedua kaki ditekuk. Kedua tangan diletakkan di depan dada. Angkat badan perlahan kira-kira dengan sudut 30 hingga 45 derajat, kemudian turunkan lagi.

Lakukan secara berulang sebanyak 10 kali dalam satu set. Jika memungkinkan, saat mengangkat badan bisa menahan selama 5 detik dengan posisi badan miring 30 hingga 45 derajat. Gerakan sit up berguna untuk mengencangkan otot perut bagian atas.

3. High knee

4 Cara Mengecilkan Perut Gerakan Sederhana, Bisa di RumahGerakan high knee. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

High knee adalah gerakan lari di tempat, namun mengangkat lutut dengan tinggi hingga melewati pinggang. Awali dengan berdiri tegak, kemudian angkat kaki secara bergantian. Tidak perlu melakukan gerakan ini terlalu cepat, sesuaikan saja dengan irama tubuh kamu.

High knee berguna untuk mengencangkan perut sekaligus memperkuat otot kaki. Selain itu, gerakan ini juga untuk menjaga lutut tetap lentur atau tidak kaku. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali dalam satu set.

4. Plank jack

4 Cara Mengecilkan Perut Gerakan Sederhana, Bisa di RumahGerakan plank jack. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Plank jack memiliki gerakan yang sama dengan gerakan plank. Lakukan terlebih dahulu gerakan plank dengan tidur tengkurap, tangan ditekuk di samping badan, dan badan diangkat. Tumit kaki sebagai penopang tubuh bagian bawah. Kemudian lakukan gerakan membuka dan menutup kaki ke samping secara bersamaan.

Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali. Kamu juga bisa melakukan gerakan plank dengan menahan tubuh selama 10 detik. Gerakan plank maupun plank jack akan memperkuat otot perut dan bisa membuat perut menjadi rata. Dengan kata lain, bisa membakar lemak yang ada di perut.

Masing-masing gerakan di atas sebaiknya dilakukan minimal empat set gerakan. Istirahatlah sebentar setelah melakukan satu set gerakan. Kamu juga bisa melakukan gerakan mengecilkan perut ini di sore hari sebelum mandi. Selamat mencoba!

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya