Comscore Tracker

5 Cara Mengantisipasi Sebelum Gempa Bumi, Bali Rentan Bencana

Mitigasi bencana perlu aktif terus nih

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan Bali kembali diguncang gempa bumi, tepatnya terjadi di 8 kilometer Barat Laut Kabupaten Karangasem. Kejadian tersebut terjadi pada pukul 04.18 Wita, Sabtu (16/10/2021), dengan durasi 6 detik. Akibat gempa bumi tersebut, tiga orang meninggal dunia, puluhan warga luka-luka, ratusan rumah, dan pura rusak.

Posisi Bali yang dekat dengan pertemuan lempeng Indo-Australia dan Eurasia, menyebabkan pulau ini begitu rentan dengan bencana alam, khususnya gempa bumi. Dalam sejarahnya, tercatat Bali pernah beberapa kali diguncang gempa yang dahsyat. Nah, sebagai langkah antisipasi, penting untuk mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan untuk meminimalisir dampak bencana.

Dilansir dari laman resmi BMKG, Bmkg.go.id , berikut lima cara mengantisipasi gempa bumi:

Baca Juga: 5 Gempa Bumi Dahsyat yang Pernah Mengguncang Bali

1. Pahami tentang bencana gempa bumi

5 Cara Mengantisipasi Sebelum Gempa Bumi, Bali Rentan BencanaIlustrasi gempa bumi (IDN Times/Sukma Shakti)

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memahami tentang bencana gempa bumi. Sebelum memutuskan untuk memilih tempat tinggal, pastikan bahwa struktur dan letak rumah kamu dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa bumi seperti longsor, liquefaction, dan lainnya.

Area yang bertebing dan terjal sangat riskan dengan terjadinya longsor. Mengingat dampak yang terjadi akibat gempa bumi sangat berbahaya, sangat disarankan untuk melakukan evaluasi dan merenovasi ulang struktur bangunan tempat tinggal kamu agar terhindar dari bahaya gempa bumi.

Baca Juga: Bangli Kawasan yang Rentan Bencana Alam di Bali

2. Kenali lingkungan tempat kerja kamu

5 Cara Mengantisipasi Sebelum Gempa Bumi, Bali Rentan BencanaIlustrasi gempa bumi. (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain memperhatikan lokasi tempat tinggal, penting pula untuk mengenali lingkungan tempat kerja. Kamu pasti banyak menghabiskan waktu di kantor, karenanya sangat penting untuk mengecek dan mengetahui hal-hal penting yang berkaitan dengan mitigasi gempa bumi.

Kamu wajib untuk mengetahui letak pintu, lift, serta posisi tangga darutat. Jadi, begitu gempa terjadi, kamu bisa langsung menuju ke tempat yang paling aman untuk berlindung. Tidak hanya itu, mulailah belajar untuk menggunakan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dan alat pemadam kebakaran.

Jangan lupa juga untuk mencatat nomor-nomor telepon penting yang dapat dihubungi  ketika gempa bumi terjadi.

3. Perhatikan letak barang-barang yang mudah pecah dan terbakar

5 Cara Mengantisipasi Sebelum Gempa Bumi, Bali Rentan BencanaIlustrasi Gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Mungkin terkesan sepele dan tidak penting, tapi mengatur letak perabotan sangat berpengaruh pada keamanan dan keselamatan. Sebisa mungkin, letakkanlah perabotan berupa lemari dan kabinet agar menempel pada dinding. Agar lebih kuat, bisa dipaku atau diikat agar ketika terjadi gempa bumi, tidak mudah jatuh atau roboh maupun bergeser sehingga membahayakan.

Peralatan yang mudah terbakar simpanlah di tempat khusus. Jadi ketika gempa terjadi, tidak akan mudah jatuh dan pecah dan penghuninya dapat terhindar dari kebakaran. Jangan lupa juga untuk selalu mematikan air, gas, dan listrik ketika sudah selesai digunakan.

4. Mengecek kestabilan benda-benda di rumah

5 Cara Mengantisipasi Sebelum Gempa Bumi, Bali Rentan BencanaIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Mengatur posisi benda yang ringan dan berat juga tidak kalah pentingnya. Sebisa mungkin, jangan meletakkan benda yang berat di atas atau tergantung. Taruh saja di bagian paling bawah.

Begitu pula dengan benda-benda yang tergantung seperti lampu. Selalu cek kestabilannya sebelum dipasang sehingga apabila terjadi gempa bumi, tidak terlalu membahayakan penghuni rumah.

5. Selalu sediakan hal-hal penting di rumah

5 Cara Mengantisipasi Sebelum Gempa Bumi, Bali Rentan BencanaIlustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Hal terakhir yang bisa dilakukan sebagai langkah antisipasi gempa bumi adalah dengan menyiapkan beberapa hal penting. Beberapa di antaranya adalah peralatan P3K, senter serta lampu baterai, makanan suplemen, dan air. Hal-hal ini terkesan tidak penting, namun akan sangat berguna jika terjadi gempa bumi.

Itulah lima cara mengantisipasi sebelum terjadi gempa bumi. Semoga bermanfaat ya dan bisa mengurangi dampak bencana.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya