Comscore Tracker

6 Benda Termahal di Dunia, Harganya Bisa Sampai Rp388 Miliar per Gram

Emasnya langsung insecure melihat ini

Masih banyak orang yang menganggap emas sebagai benda mahal. Bahkan dijadikan sebagai opsi lain untuk investasi. Namun emas bukanlah satu-satunya benda yang mahal dan berharga di Bumi. Berikut ini tujuh benda termahal di dunia:

1. Iridium harganya Rp86 juta per ons

6 Benda Termahal di Dunia, Harganya Bisa Sampai Rp388 Miliar per Gramsci-news.com

Iridium termasuk logam terpadat, pertama kali ditemukan pada awal abad 19. Iridium tidak dapat terkena korosi. Biasanya dijadikan sebagai komponen utama untuk membuat layar LED pada televisi.

Harganya US$6.000 atau setara Rp86 juta per ons karena memang langka di dunia. Kenapa bisa langka? Karena iridium asalnya dari komet dan asteroid.

2. Yartsa gunbu, obat kuat dari Himalaya

6 Benda Termahal di Dunia, Harganya Bisa Sampai Rp388 Miliar per Gramjamur yartsa gunbu (icimod.org)

Yartsa gunbu adalah obat tradisional dari Tibet, Himalaya, dan Cina. Obat ini sebenarnya berupa larva dari ngengat hepialidae yang ditumbuhi oleh jamur parasit ophiocordycipitaceae. Bikin merinding juga ya.

Kamu tidak bisa menyantapnya secara langsung karena mengandung racun. Makanya BPOM Cina yang bernama CFDA memperketat pemakaian yartsa gunbu sejak tahun 2016 lalu.

Manfaatnya adalah sebagai obat kuat. Makanya sering dijuluki sebagai "Viagra dari Himalaya". Harganya US$50.000 atau sekitar Rp719 juta per pon.

3. Harga rodium mencapai Rp234 juta per ons

6 Benda Termahal di Dunia, Harganya Bisa Sampai Rp388 Miliar per Gramrodium (wikimedia.org)

Rodium biasanya digunakan sebagai pelapis platinum dan katalis di mobil. Industri otomotif kini sebagai pengguna utama rodium. Logam ini juga tahan terhadap korosi dan langka di dunia. Karena permintaannya sangat tinggi, dan penambangannya juga tidak mudah.

Tingginya permintaan tersebut membuat harga rodium mencapai US$16.250 atau sekitar Rp234 juta) per ons. Sebagai perbandingannya, kamu 'mudah' menemukan emas di 0,5 sampai 5 bagian per 1 juta kerak Bumi. Sedangkan rodium baru bisa kamu temukan 1 per 200 juta kerak Bumi.

4. Daun teh seharga Rp20 juta per gram!

6 Benda Termahal di Dunia, Harganya Bisa Sampai Rp388 Miliar per GramDaun teh Da hong pao yang dikeringkan (wikimedia.org/Iateasquirrel)

Ini bukan sembarang daun teh. Proses pembuatannya saja diawasi oleh Pemerintah Cina dan sangat sakral. Nama daun tehnya adalah da hong pao.

Baunya mirip anggrek dan berwarna hijau kecokelatan. Rasanya masih sama meskipun sudah diseduh sembilan kali. Teh ini dinilai dapat melancarkan sirkulasi darah dan penyakit kronis lainnya.

Daun tehnya hanya bisa ditemukan di tebing Gunung Wuyi, dan hanya tersisa enam pohon induk saja! Makanya daun ini sampai diawasi seperti itu karena sangat dilindungi dan jadi warisan nasional di sana.

5. Jangan sampai jantungan ya. Sebab harga berlian merah Moussaieff ini harganya Rp72 miliar per gramnya

6 Benda Termahal di Dunia, Harganya Bisa Sampai Rp388 Miliar per GramTwitter.com/gianews

Berlian merah Moussaieff sangat langka. Hanya ada 30 buah dan sebagian besar memiliki berat sekitar 0,1 gram karat. Harganya di pasaran bisa mencapai US$5 juta atau sekitar Rp72 miliar per gram.

Tahun 2011 lalu, harga berlian merah Moussaieff di Brasil seberat 5,11 karat dibanderol US$20 juta atau Rp288 miliar.

6. Californium yang diciptakan di laboratorium. Harganya mencapai Rp388,5 miliar per gram

6 Benda Termahal di Dunia, Harganya Bisa Sampai Rp388 Miliar per Gramcalifornium (thestorypedia.com)

Californium pertama kali ditemukan tahun 1950 di Lawrence Berkeley National Laboratory. Tetapi kini hanya diproduksi oleh dua laboratorium saja. Yaitu Oak Ridge National Laboratory di Amerika Serikat dan Research Institute of Atomic Reactors di Rusia.

Material sintesis ini dipakai untuk mengobati beberapa jenis kanker otak dan serviks. Lantas kenapa bisa langka begitu?

Hal ini berdasarkan dari proses pembuatannya yang hanya menghasilkan sedikit. Ketika pertama kali dibuat saja hanya berhasil menciptakan sekitar 5.000 atom californium dalam waktu 44 menit. Harganya dibanderol US$27 juta atau Rp388,5 miliar per gram. Gila ya?

Sebenarnya masih banyak lagi nih benda-benda yang sangat langka dan mahal. Harganya saja Rp900,2 kuadriliun per gramnya. Benda apaan tuh yang harganya sampai segitu? Kalau penasaran, silakan baca selengkapnya di sini.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya