Comscore Tracker

Kenali Yuk Manfaat Tanaman Bambu, untuk Upacara Adat Hingga Obat 

Yayasan Sahabat Bumi Bali ajak warga Buleleng tanam bambu

Bambu termasuk salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai hal. Mulai dari batang, akar, hingga daunnya. Kepada IDN Times, Founder Yayasan Sahabat Bumi Bali, Gede Praja Mahardika, mengungkapkan bahwa bambu bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi sosial masyarakat serta mampu memperbaiki kualitas ekologi lingkungan.

Gede Praja telah melakukan pembinaan di beberapa desa di Kabupaten Buleleng. Termasuk di Desa Kedis, Kecamatan Busungbiu dan Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada. Pihaknya menyiapkan 1.000 bibit bambu. Aktivitas ini dilakukan oleh masyarakat desa di berapa daerah sebagai upaya konservasi sungai dan hutan dengan sistem tumpang sari.

“Mereka melakukan pembibitan pohon bambu dengan cara dicangkok bambu yang rebungnya atau dengan distek. Ini akan ditanam di pinggiran hutan desa dan sungai untuk memperbesar debit air. Desanya nanti adalah desa-desa yang rawan kekurangan air saat musim kemarau,” ungkapnya pada Kamis (11/3/2021).

Baca Juga: Fakta Ikan Mola-mola di Bali, Si Matahari Laut yang Punya Ekor Unik

1. Tercatat ada 125 jenis bambu di Indonesia

Kenali Yuk Manfaat Tanaman Bambu, untuk Upacara Adat Hingga Obat dakatour.com

Selain ditemui di Indonesia, bambu juga ditemui di Asia, Afrika, Amerika, bahkan Australia. Menurut Gede Praja, ada 75 genus (marga atau perkelompokan klasifikasi), yang terdiri dari 1.500 jenis bambu. Dan dari jumlah tersebut, 125 jenis di antaranya terdapat di Indonesia serta tumbuh dengan berbagai tipe iklim.

“Biasanya semakin basah tipe iklim, maka semakin banyak pula jumlah jenis bambunya. Karena bambu jenis tumbuhan yang memerlukan banyak air serta salah satu tanaman penghasil air yang baik,” ungkapnya pada Kamis (11/3/2021).

Bagi masyarakat Indonesia, terutama di pedesaan atau dusun, bambu biasanya digunakan sebagai bahan bangunan. Misalkan dinding, tiang, atap, peralatan dapur, peralatan musik, peralatan makanan, hingga untuk upacara adat.

2. Bambu dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup

Kenali Yuk Manfaat Tanaman Bambu, untuk Upacara Adat Hingga Obat Pixabay.com/ susannp4

Akar tanaman bambu berfungsi menahan erosi hingga berperan menangani limbah beracun. Misalnya akibat keracunan merkuri, maka bagian akar inilah yang menyaring air yang terkena limbah melalui serabut-serabut akar. Selain itu bambu mampu menampung mata air sehingga bermanfaat sebagai persediaan air sumur.

Sementara batang bambu, baik yang tua maupun yang muda, sangat berguna untuk berbagai keperluan. Bambu juga dimanfaatkan untuk bahan baku modern, baik untuk konstruksi ataupun non konstruksi.

“Kita bisa lihat sendiri hasil-hasil produksi furniture minimalis yang terbuat dari bambu yang dijual di pasaran,” ungkap Gede Praja.

3. Daun bambu bisa digunakan untuk obat tradisional

Kenali Yuk Manfaat Tanaman Bambu, untuk Upacara Adat Hingga Obat Pembibitan bambu di Buleleng (Dok.IDN Times/Gede Praja)

Menurut Gede Praja, daun bambu memiliki berbagai manfaat, di antaranya untuk pembungkus makanan dan obat tradisional, penurun panas pada anak. Bambu diketahui memiliki zat yang bersifat mendinginkan.

Begitu pula dengan rembung atau tunas bambu atau juga dikenal dengan trubus bambu, kuncup bambu muda yang tumbuh dari dalam tanah. Rembung ini berasal dari akar rhizon ataupun buku-bukunya. Biasanya rembung dikonsumsi ketika kuncup bambu berumur 1-5 bulan.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya