Suasana Rumah Bintang Puspayoga, Wakil Bali yang Jadi Menteri PPPA

Selamat bekerja ya

Denpasar, IDN Times - Presiden Republik Indonesia Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin resmi mengumumkan dan melantik para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/10) pagi. Total 36 nama telah dipilih dan akan membantu Presiden Jokowi untuk menjalankan program-programnya selama periode 2019-2024. Di antara 36 orang tersebut, ada satu nama perempuan wakil Bali yang masuk daftar tersebut. Yaitu I Gusti Ayu Bintang Darmavati. Ia disebut-sebut sebagai perempuan Bal ipertama yang menjadi menteri.

Ia adalah istri dari mantan Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Bagaimana suasana rumah keluarga Puspayoga di Puri Agung Denpasar, Jalan Veteran, ya?

1. Keluarga besar menganggapnya sebagai kejutan

Suasana Rumah Bintang Puspayoga, Wakil Bali yang Jadi Menteri PPPAIDN Times/Ayu Afria Ulita

Ditetapkannya perempuan yang akrab disapa Bintang Puspayoga sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), dianggap kejutan oleh pihak keluarga besarnya.

2. Puspayoga awalnya ingin beristirahat setelah menjabat sebagai Menteri Koperasi dan UMKM. Namun semenjak istrinya dipilih sebagai menteri, sang suami harus ikut mendampingi

Suasana Rumah Bintang Puspayoga, Wakil Bali yang Jadi Menteri PPPASepupu Puspayoga, Tjok Ngurah Bagus Agung. (IDN Times/Ayu Afria Ulita)

Dari keterangan saudara sepupu Puspayoga, Tjok Ngurah Bagus Agung (60), mengungkapkan setelah ditetapkannya sebagai Menteri PPPA pada Rabu (23/10) pagi, keluarga dan masyarakat Bali sangat bangga atas kepercayaan Presiden yang diembankan kepada Bintang Puspayoga.

"Selaku keluarga saya, dan mungkin saya bisa mengatasnamakan masyarakat Bali. Surprise sekali karena saya tahu pak Puspayoga mantan Menteri Koperasi tersebut sudah mau beristirahat. Akhirnya sekarang dengan keberadaan Ibu Bintang sebagai Menteri, ya beliau juga harus ikut mendampingi istri sebagai suami. Jadi niat istirahat tidak bisa maksimal," terangnya pada Rabu (23/10).

Baca Juga: Gerindra Bali Dukung Prabowo Subianto Jadi Menhan

3. Keluarga berharap tidak sampai melakukan tindak pidana korupsi

Suasana Rumah Bintang Puspayoga, Wakil Bali yang Jadi Menteri PPPAI Gusti Ayu Bintang Darmavati atau Bintang Puspayoga. (IDN Times/Ayu Afria Ulita)

Keluarga besar mengaku mendapatkan kabar tersebut pada Selasa (22/10) malam pukul 24.00 Wita dari Puspayoga.

"Mereka bersyukur semuanya bahwa kepercayaan ini masih diberikan kepada keluarga atau Puri Agung Denpasar," terangnya.

Bintang sendiri kebetulan bertugas di Jakarta. Sedangkan anaknya bersama Puspayoga berangkat ke Jakarta hari Selasa (22/10) sore. Bintang sendiri di mata keluarga dikenal sangat santun dan pekerja keras. Selama mendampingi suami, perempuan asal Puri Penatih ini sangat membantu suaminya.

Sejauh ini tidak ada penyambutan khusus. Pihak keluarga berharap dan yakin Bintang bisa mengemban tugas itu.

"Mohon doa restu saja. Tidak ada cuman wujud syukur itu kami sampaikan ke atas karena ini merupakan amanah tanggung jawab yang ditindaklanjuti dengan kerja keras," katanya.

Selama mendampingi Puspayoga menjabat sebagai Menteri Koperasi dan UMKM, Bintang turut andil dalam berbagai bidang. Pihak keluarga berharap agar Bintang bisa melaksanakan tugas dengan baik.

"Dan yang paling kami perhatikan dan seluruh bangsa tidak menghendaki jangan sampai kena tindakan korupsi tersebut. Musuh kita bersama," harapnya.

4. Inilah kondisi rumah keluarga Puspayoga. Sepi. Tidak ada sambutan khusus

Suasana Rumah Bintang Puspayoga, Wakil Bali yang Jadi Menteri PPPAIDN Times/Ayu Afria Ulita

Kondisi rumah Bintang di Puri Agung Denpasar dalam kondisi sepi. Lantaran pihak keluarganya memang tidak ada penyambutan khusus. Hanya terlihat beberapa orang pekerja saja sedang membenahi lemari, yang nantinya digunakan untuk menyimpan barang dari Jakarta.

5. Kondisi di dalam rumahnya berantakan. Mereka baru pindahan dari Jakarta ke Bali

Suasana Rumah Bintang Puspayoga, Wakil Bali yang Jadi Menteri PPPAIDN Times/Ayu Afria Ulita

Sebelum pengumuman menteri, keluarga Puspayoga hendak pulang ke Bali. Bahkan sebulan sebelumnya, barang-barang dari Jakarta bahkan sudah dikirim ke Bali.

"Sebulan sebelum beliau (Puspayoga) akan berhenti, sudah pamit dengan Bu Mega. Selaku menteri yang diusulkan partai kan oleh Bu Mega," katanya.

Pihaknya belum tahu, apakah barang yang baru tiba di Bali akan dikirimkan kembali ke Jakarta.

Baca Juga: Ini Harapan Bali Untuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya