Sandiaga ke Bali, Satpol PP Sibuk Tertibkan Spanduk Dukungan Jokowi

Ia ingin Koperasi Srinadi dan Ok Oce bisa berkolaborasi

Klungkung, IDN Times - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor urut 02, Sandiaga Uno,  menyambangi Klungkung untuk mengunjungi Koperasi Sri Nadi, Sabtu (23/2) lalu. Namun kedatangan Sandiaga Uno itu justru disambut oleh aksi warga yang memberikan dukungan terhadap pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma'aruf Amin. Seperti gimana ya suasanannya? Berikut ini pantauan IDN Times di lapangan:

1. Bawaslu dan Satpol PP Klungkung sibuk menertibkan spanduk

Sandiaga ke Bali, Satpol PP Sibuk Tertibkan Spanduk Dukungan JokowiIDN Times/Wayan Antara

Saat itu ruas-ruas jalan utama di Klungkung sudah dipenuhi oleh bendera Partai Gerindra, untuk menyambut kedatangan Sandiaga Uno sejak Sabtu (23/2) pagi. Namun sebagai tandingan, spanduk dan baliho dukungan terhadap Jokowi juga ikut menjamur.

Bahkan spanduk yang isinya mendukung Capres Jokowi itu lebih masif. Spanduk itu bisa ditemui di  berbagai lokasi, mulai dari Jalan Bypass Ida Bagus Mantra wilayah Aidayu, Desa Takmung, hingga Jalan Raya Tusan (Perbatasan Gianyar dan Klungkung).

Kondisi ini membuat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Klungkung dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ikut sibuk keliling untuk menertibkan spanduk yang dianggap melanggar karena dipajang di fasilitas umum.

"Ini tidak ada kaitannya dengan politik, kami profesional saja. Spanduk saya tertibkan karena dipasang di fasilitas umum," ujar Kepala Satpol PP Klungkung, I Putu Suarta.

Baca Juga: Sandiaga Uno Singgung Proyek Reklamasi Teluk Benoa di Sanur

2. "Ini spontan tanpa ada yang mengkoordinir"

Sandiaga ke Bali, Satpol PP Sibuk Tertibkan Spanduk Dukungan JokowiIDN Times/Wayan Antara

Lalu puluhan warga sekitar pukul 11.30 Wita, berkumpul di Jalan Raya Tusan Banjarangkan, tepatnya di perbatasan anatara Gianyar dan Klungkung. Mereka menggelar aksi untuk mendukung Jokowi, tepat saat rombongan Sandiaga Uno melintas di ruas jalan tersebut.

Mereka membawa bendera merah putih, dan spanduk yang isi tulisannya memberikan dukungan kepada Jokowi.

"Kami hanya ingin menunjukkan dukungan kami. Ini spontan tanpa ada yang mengkoordinir," ujar Kadek Suardana, warga yang ikut aksi.

3. Sandiaga Uno anggap aksi dan spanduk itu sebagai sambutan

Sandiaga ke Bali, Satpol PP Sibuk Tertibkan Spanduk Dukungan JokowiIDN Times/Wayan Antara

Sandiaga Uno ketika dikonfirmasi, menganggap aksi dan spanduk dari pendukung Jokowi itu adalah sambutan baginya. Hal itu menurutnya lumrah, sebagai bentuk suka cita dalam pesta demokrasi di Indonesia.

"Saya sangat gembira. Ada warga melambaikan tangan, dan anggap saja sepanduk dan aksi tadi adalah sambutan bagi kami," jelasnya.

Namun demikian Sandi meminta agar pendukungnya tidak melakukan hal yang sama dan lebih fokus menunjukkan dukungan dengan cara positif.

"Pendukung kami sebaiknya lakukan kegiatan sosial, baksos (Bakti sosial) dan sebagainya," jelas Sandi.

Baca Juga: Sandiaga Uno Komentari Munajat 212: Jangan Ada Persekusi Wartawan

4. Perkenalkan program OK OCE ke Koperasi Srinadi

Sandiaga ke Bali, Satpol PP Sibuk Tertibkan Spanduk Dukungan JokowiIDN Times/istimewa

Sandiaga Uno menjelaskan, lawatannya ke koperasi itu karena tertarik dengan prestasi yang ditorehkan Koperasi Srinadi karena menjadi Koperasi terbesar se-Indonesia dengan omset lebih dari Rp200 miliar. Termasuk dengan anggotanya yang mencapai lebih dari 2 ribu orang.

"Saya tidak ada berkampanye politis ke sini (Koperasi Sri Nadi). Tapi saya ingin memastikan, jika koperasi ini sangat luar biasa dan cocok jika dikombinasikan dengan program OK OCE kami," tegasnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya