Perpusda Denpasar Gelar Lomba Menulis Review Buku

Ada lomba Desain Twibbon juga lho. Gak dipungut biaya

Denpasar, IDN Times - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar mengadakan lomba Desain Twibbon dan Menulis Review dengan tema “Ayo ke Perputakaan”. Lomba ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Kunjungan Perpustakaan, dan peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Yuk, daftar mumpung masih ada waktu.

Baca Juga: Balasan Ucapan Belasungkawa dalam Bahasa Bali dan Artinya

Baca Juga: Arti Amor Ing Acintya, Ucapan Dukacita Bahasa Bali

1. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar juga mengadakan pelatihan review buku dan menjadi penulis pemula secara gratis

Perpusda Denpasar Gelar Lomba Menulis Review BukuPelatihan singkat menulis review di Dharma Negara Alaya pada 30 Agustus 2023 (Dok.Perpusarsip Denpasar)

Selain menggelar lomba, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar juga mengadakan pelatihan singkat penulisan review buku dan pelatihan menjadi penulis pemula. Ini juga digelar untuk meningkatkan kegemaran membaca dan literasi.

“Pelatihan ini juga upaya kami untuk peningkatan kegemaran membaca dan literasi,” ujar Kepala Bidang Deposit dan Pengembangan Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar, Anak Agung Sagung Yuli Suryawathi, Jumat (1/9/2023).

Dalam lomba ini, buku yang di-review nantinya merupakan koleksi Perpustakaan Umum Daerah Kota Denpasar.

2. Lomba menulis dan review buku untuk meningkatkan minat baca dan minat menulis

Perpusda Denpasar Gelar Lomba Menulis Review BukuSuasana di Perpusda Denpasar. (Instagram.com/perpusarsip_denpasar)

Pelatihan singkat yang diadakan pada 30 Agustus 2023 lalu itu rangkaian dari technical meeting lomba menulis review buku untuk menyemarakkan Hari Kunjungan Perpustakaan yang diperingati setiap bulan September.

“Tema lomba ini yakni Ayo ke Perpustakaan. Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan minta baca, minat menulis pemustaka dengan memanfaatkan perpustakaan,” jelas Yuli.

Ia juga mengatakan, upaya meningkatkan pembudayaan gemar membaca dan literasi masyarakat melalui perpustakaan ini didukung penuh oleh Bunda Literasi Kota Denpsar, Sagung Antari Jaya Negara.

3. Rata-rata kunjungan masyarakat ke Perpusda Denpasar 15 orang per hari

Perpusda Denpasar Gelar Lomba Menulis Review BukuSuasana di Perpusda Denpasar. (Instagram.com/perpusarsip_denpasar)

Yuli menuturkan, Perspustakaan Umum Daerah (Perspusda) Kota Denpasar ditangani oleh dua bidang, yaitu Bidang Layanan Perpustakaan dan Bidang Deposit dan Pengembangan Perpustakaan. Rata-rata kunjungan masyarakat ke Perpusda Kota Denpasar 15 orang per hari. 

“Itu kunjungan baik on site maupun online,” kata Yuli.

Jumlah kunjungan itu belum termasuk di Gedung Dharma Negara Alaya. Perpusda Kota Denpasar juga membuka layanan di gedung tersebut, yang dapat diakses oleh publik di antaranya membaca koran, meminjam koleksi buku, permainan edukasi anak usia dini, kunjungan anak-anak sekolah, serta pelatihan Bahasa Bali.

“Masyarakat juga bisa mengakses internet gratis untuk membuat tugas sekolah dan membaca koleksi buku digital,” ungkapnya.

4. Kriteria penilaian lomba

Perpusda Denpasar Gelar Lomba Menulis Review Bukuilustrasi menulis (pexels.com/Judit Peter)

Lomba ini terbuka untuk umum, minimal usia 15 tahun. Batas pengumpulan karya untuk Lomba Menulis Review adalah tanggal 15 September 2023 pukul 12.00 Wita, sedangkan Lomba Desain Twibbon pada 3 September 2023. Ada beberapa kriteria yang dinilai oleh para juri, di antaranya: 

Lomba Menulis Review

  • Gaya bahasa/diksi (30 persen): pemilihan kata dalam mengungkapkan gagasan. Penekanan juri agar menggunakan bahasa yang membuat pembaca tertarik
  • Substansi (40 persen): keterkaitan dan relevansi muatan isi review dengan buku yang dipilih. Juri menekankan agar review yang dibuat bersifat informatif dan memiliki sudut pandang menarik dari isi buku yang dipilih
  • Tata bahasa (30 persen): penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Juri menekankan untuk memperhatikan kata-kata yang telah diserap dalam KBBI

Lomba Desain Twibbon

  • Originalitas karya: dilarang menggunakan aplikasi pembuat desain berbasis web seperti Canva atau aplikasi serupa, dilarang menggunakan gambar melalui Freepik atau aplikasi serupa
  • Kreativitas dantematik: menguatkan desain agar mampu mengampanyekan tema lomba “Ayo ke Perpustakaan

Nah, kriteria penilaiannya sudah dibocorin tuh. Mumpung masih ada waktu, yuk segera mendaftarkan diri. Untuk syarat selengkapnya, kamu langsung meluncur saja ke Instagram.com/perpusarsip_denpasar.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya