Penataan Pantai Kelingking Telan Anggaran Capai Rp37 Miliar

Penataan untuk wujudkan One Gate One Destination

Klungkung, IDNTimes - Pantai Kelingking di Desa Bungamekar, menjadi salah satu destinasi wisata populer di Nusa Penida. Pemkab Klungkung pun merencanakan penataan wilayah ini. 

Adapun anggaran untuk penataan ini mencapai Rp37 miliar. Penataan ini nantinya diharapkan bisa menambah kenyamanan dan keamanan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kelingking.

Baca Juga: Tidak Ada Gagal Panen, Tapi Harga Beras di Klungkung Mahal

1. Penataan ini difokuskan pada pengembangan destinasi dan keamanan

Penataan Pantai Kelingking Telan Anggaran Capai Rp37 MiliarPantai Kelingking di Desa Bungamekar. (IDNTimes/Wayan Antara)

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung, I Made Sulistiawati menjelaskan, penataan Pantai Kelingking saat ini masih dalam tahap praperencanaan. Sejumlah konsep sudah dibuat dan diperkirakan menelan dana hingga Rp37 miliar.

"Penataan ini difokuskan pada pengembangan destinasi untuk keamanan dan kenyamanan wisatawan saat berkunjung ke Pantai Kelingking," ungkap Made Sulistiawati, Jumat (22/9/2023).

Perencanaan penataan di Pantai Kelingking terdiri dari pembangunan tangga di tebing, akses menuju destinasi, pintu masuk, stage, gazebo, bergola.

Selain itu, Pemkab Klungkung juga akan menata ruang terbuka hijau dengan memaksimalkan bunga bugenvile dan bangunan penunjang destinasinasi lainya.

2. Ada lahan milik Desa Adat Karangdawa di Pantai Kelingking yang masuk dalam rencana penataan

Penataan Pantai Kelingking Telan Anggaran Capai Rp37 MiliarSuasana akses di Pantai Kelingking di Desa Bunga Mekar. (IDNTimes/Wayan Antara)

Tahap awal perencanaan penataan Pantai Kelingking, Bupati Klungkung sudah menggelar pertemuan bersama dengan warga dari Desa Adat Karangdawa yang mewilayahi Pantai Kelingking.

Hal ini karena ada lahan milik Desa Adat Karangdawa di Pantai Kelingking, yang nantinya akan terkena penataan lahan.  "Jadi ada aset berupa lahan Desa Adat Karangdawa, yang nanti akan digunakan untuk kawasan yang ditata dalam rangka mendukung Pantai Kelingking," jelas Made Sulistiawati.

3. Ini menjadi destinasi pertama yang menerapkan konsep One Gate One Destination di Nusa Penida

Penataan Pantai Kelingking Telan Anggaran Capai Rp37 MiliarPantai Kelingking di Desa Bunga Mekar. (IDNTimes/Wayan Antara)

Penataan Pantai Kelingking ini, tidak lepas dari upaya Pemkab Klungkung untuk merealisasikan konsep One Gage One Destination di Nusa Penida. Dengan konsep ini, nantinya wisatawan akan dikenakan retribusi setiap masuk ke destinaso wisata di Nusa Penida.

Berbeda dengan saat ini, wisatawan hanya dikenakan retribusi di pintu-pintu masuk utama menuju Nusa Penida.

"Konsep ini diharapkan akan mengurangi dan bahkan dapat mencegah terjadinya kebocoran retribusi di lapangan. Semua niat baik pemerintah untuk menata destinasi ini bertujuan supaya umur pariwisata Nusa Penida lebih panjang," ujar Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, Kamis (21/9/2023).

Layanan retribusi terintegrasi diharapkan tidak hanya membuat nyaman wisatawan, namun nantinya dapat mengoptimalkan potensi penerimaan daerah. "Saat festival Nusa Penida pada Oktober mendatang akan di launcing konsep One Gate One Destination ini," jelas Suwirta.

Baca Juga: Bali Stop Impor Benih Bunga, Gemitir Bali Sudamala Gantinya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya