Kapal Roro Jalani Docking, Penumpang Pilih Naik Boat ke Nusa Penida

Biayanya lebih mahal sih, tapi harus sabar ya

Klungkung, IDN Times - Ada info nih untuk masyarakat Klungkung atau wisatawan yang hendak ke Nusa Penida. Kapal Roro Nusa Jaya Abadi sedang dalam proses docking, Senin (26/8). Proses perawatan rutin kapal Nusa Jaya Abadi ini akan memakan waktu 30 hari ke depan. Sehingga sementara waktu, kapal tersebut tidak dapat melayani penyeberangan barang dan penumpang dari Pelabuhan Nusa Penida ke Pulau Nusa Penida dan sebaliknya.

1. Proses docking Kapal Roro Nusa Jaya Abadi dilakukan di Surabaya

Kapal Roro Jalani Docking, Penumpang Pilih Naik Boat ke Nusa PenidaIDN Times/Wayan Antara

Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Klungkung, I Nyoman Sucitra, menjelaskan docking Kapal Roro Nusa Jaya Abadi dilakukan di Surabaya. Kapal berangkat Senin (26/8) lalu menuju Surabaya, dan akan menjalani docking sampai 30 hari ke depan.

"Docking Kapal Roro ini memakan waktu selama 30 hari. Jadi sementara belum bisa melayani penyeberangan penumpang dan barang menuju Nusa Penida," ujar Nyoman Sucitra, Senin (26/8) lalu.

Baca Juga: Retribusi Turis Asing ke Nusa Penida Raup Rp 1,8 Miliar Sebulan

2. Proses docking ini menghabiskan anggaran Rp1,6 miliar

Kapal Roro Jalani Docking, Penumpang Pilih Naik Boat ke Nusa PenidaIDN Times/Reza Iqbal

Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung menganggarkan sekitar Rp1,6 Miliar untuk docking Kapal Roro Nusa Jaya Abadi. Docking ini rutin dilakukan setiap tahun untuk memastikan kapal hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali ini dapat beroperasi dengan baik, dan tidak membahayakan penumpang.

" Anggaran tahun ini Rp1,6 miliar," jelasnya.

3. Penumpang bisa menggunakan boat cepat dan barang bisa menggunakan LCT

Kapal Roro Jalani Docking, Penumpang Pilih Naik Boat ke Nusa PenidaDok.IDN Times/Istimewa

Selama proses docking, penumpang dan barang harus menyeberang dengan memanfaatkan transportasi swasta atau non subsidi lainnya. Penumpang dapat memanfaatkan kapal boat cepat, sementara barang dapat memanfaatkam kapal Landing Craft Tank (LCT).

"Saya rasa docking ini tidak terlalu berpengaruh signifikan dengan penyeberangan. Penumpang dapat memanfaatkan kapal boat cepat, barang dapat menyeberang dengan LCT," ungkap Nyoman Sucitra.

Hanya saja karena dikelola oleh swasta, penyeberangan lewat boat cepat dan LCT ini tentu biayanya lebih mahal daripada memanfaatkan kapal Roro Nuss Jaya Abadi yang disubsidi pemerintah.

"Pada intinya tidak ada yang terhambat dalam proses docking ini. Masyarakat bisa memanfaatkan penyeberangan lainnya, sampai 30 hari ke depan," pintanya.

Baca Juga: Tingkatkan Wisatawan ke Nusa Penida, Dermaga Sanur Bakal Dibangun

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya