Tingkatkan Wisatawan ke Nusa Penida, Dermaga Sanur Bakal Dibangun

Sanur-Lembongan-Nusa Penida nanti akan terkoneksi nih

Denpasar, IDN Times - Pemerintah pusat berencana membangun Dermaga Sanur untuk menghubungkan Nusa Penida dan Denpasar lebih optimal. Pembangunan tersebut dilakukan untuk memudahkan penyeberangan dan peningkatan jumlah atau kapasitas wisatawan yang ingin ke Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

1. Proyek ditargetkan rampung pada 2020 mendatang

Tingkatkan Wisatawan ke Nusa Penida, Dermaga Sanur Bakal DibangunIDN Times/Imam Rosidin

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meninjau lokasi yang rencananya akan dibangun Dermaga Sanur yakni di Pantai Matahari Terbit, Denpasar, Jumat (26/7) siang. Kunjungan tersebut turut didampingi oleh Gubernur Bali, IWayan Koster. Budi Karya menyebut penyeberangan yang ada saat ini belum terakomodasi dengan baik. Menurutnya proyek tersebut sedang menunggu finalisasi. Proyek ini ditargetkan rampung pada 2020 mendatang.

"Kita lihat ini potensial, ada satu kegiatan yang belum terakomodasi dengan baik. Tadi ada desain sudah rencananya kita sudah finalkan nanti," kata dia di Sanur, Jumat (26/7).

2. Nilai investasinya mencapai Rp300-Rp500 miliar dan melibatkan swasta lokal, nasional maupun internasional

Tingkatkan Wisatawan ke Nusa Penida, Dermaga Sanur Bakal DibangunIDN Times/Imam Rosidin

Budi menyebutian nilai investasi dari proyek ini mencapai Rp300 miliar hingga Rp500 miliar. Dananya akan dikombinasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Jadi akan ada pihak swasta dari lokal, nasional, dan internasional yang turut dilibatkan dalam pendanaan pembangunan ini.

"APBN ada dan swasta lokal, nasional, internasional bisa gabung di sini. Supaya kalau ini dikelola kita harapkan bisa profesional. Swasta yang masuk sudah pengalaman internasional dan kita ingin Bali standarnya internasional," ucapnya.

3. Pembangunan inj untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Nusa Penida

Tingkatkan Wisatawan ke Nusa Penida, Dermaga Sanur Bakal DibangunPixabay.com/kkikinika

Ia mengatakan dermaga ini untuk meningkatkan konektivitas antara Pulau Bali dan Pulau Nusa Penuda. Jadi misalnya saat ini ada 1 juta wisatawan ke Nusa Pendida, maka diharapkan meningkat menjadi 3 juta.

"Kita tambah konektivitas ke Nusa Penida harus lebih baik. Kalau sekarang misalnya 1 juta ke Nusa Penida dengan ini jadi 3 juta. Sambil meningkatkan kemampuan Bandara Ngurah Rai. Kita juga kembangin di Sanur dan Tana Ampo (Karangasem)," katanya.

4. Pembangunan ini untuk mengoneksikan segitiga Sanur-Lembongan-Nusa Penida

Tingkatkan Wisatawan ke Nusa Penida, Dermaga Sanur Bakal DibangunIDN Times/Imam Rosidin

Sementara itu Koster mengatakan pembangunan ini untuk mengoneksikan segitiga Sanur-Lembongan-Nusa Penida. Selain itu ada tiga sasaran yang hendak dijangkau. Di antaranya masyarakat lokal yang hilir mudik dari Nusa Penida ke Denpasar, kepentingan pelayanan transportasi ketika ada piodalan dan upacara adat di Nusa Penida, dan Nusa Penida yang kini sudah berkembang menjadi satu destinasi.

"Banyak wisatawan tertarik ke Nusa Penida. Untuk itu harus diberikan pelayanan yang layak dan memadai. Mumpung mau dibangun ini dengan standar internasional," ujarnya.

Baca Juga: Gubernur Bali Koster Minta Arak Bali Dilegalkan: Bir Saja Dipasarkan

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya