Jalan ke Kuburan Putus, Warga Klungkung Akan Buat Jembatan Darurat

Hati-hati saat melintas ya semeton

Klungkung, IDN Times - Cuaca buruk yang terjadi di Kabupaten Klungkung beberapa hari terakhir, merusak infrastruktur di beberapa lokasi. Kerusakan paling parah terjadi di Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung. 

Akses jalan di desa setempat putus setelah gorong-gorong jebol saat hujan deras, Rabu (13/7/2022). Akibatnya akses warga turut terganggu. Apalagi jalan itu satu-satunya akses menuju ke kuburan di Desa Adat Losan.

Jalan tersebut saat ini belum bisa diperbaiki oleh pemerintah karena disebut jalan belum memiliki status (non status).

Baca Juga: Ditemukan Sapi Suspek PMK di Klungkung, Langsung Dimusnahkan

1. Jalan putus bermula dari tersumbatnya gorong-gorong

Jalan ke Kuburan Putus, Warga Klungkung Akan Buat Jembatan DaruratAkses jalan menuju kuburan di Dusun Losan, Desa Takmung, Klungkung putus. (Dok. IDN Times/Istimewa)

Aparat Desa Takmung bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa memasang penanda di lokasi jalan yang putus di Dusun Losan, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan. 

"Penanda sudah kami pasang agar tidak ada warga yang melintasi jalan itu karena sudah putus," ujar Babinsa Desa Takmung, Serka Yulianta, Kamis (14/7/2022).

Ia menceritakan, jalan itu terputus pada Rabu (13/7/2022), saat Klungkung diguyur hujan deras. Bermula dari gorong-gorong yang jebol karena tingginya debit air.

"Kondisi ini diperparah dengan tersumbatnya aliran air di gorong-gorong karena sampah. Itu membuat air meluap, sehingga membuat gorong-gorong jebol dan jalan putus," jelasnya.

2. Jalan belum memiliki status sehingga tak bisa diperbaiki dengan APBD

Jalan ke Kuburan Putus, Warga Klungkung Akan Buat Jembatan DaruratAkses jalan menuju kuburan di Dusun Losan, Desa Takmung, Klungkung putus. (Dok. IDN Times/Istimewa)

Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta, meninjau kondisi jalan yang putus di Dusun Losan, Desa Takmung, Kamis (14/7/2022). Dari hasil pengecekan, ternyata jalan tersebut non status sehingga perbaikannya belum bisa dilakukan oleh pemerintah daerah.

”Setelah ditinjau dari situasi di sini, jalan ini harus segera diperbaiki karena merupakan akses satu-satunya. Hanya saja karena jalan ini belum memiliki status, pemerintah belum bisa langsung melakukan perbaikan," ungkapnya, Kamis (14/7/2022).

Meskipun demikian, pihaknya meminta Kepala Dusun dan Kepala Desa untuk segera mengurus administrasi terkait dengan perubahan status jalan.

"Meskipun demikian, pemerintah akan mengupayakan agar jalan ini segera mendapat perbaikan. Mungkin dengan anggaran darurat karena yang putus ini merupakan satu-satunya akses menuju kuburan warga di Desa Adat Losan," ucapnya. 

3. Warga akan gotong-royong membuat jembatan darurat dari batang pohon kelapa

Jalan ke Kuburan Putus, Warga Klungkung Akan Buat Jembatan DaruratAkses jalan menuju kuburan di Dusun Losan, Desa Takmung, Klungkung putus. (Dok. IDN Times/Istimewa)

Kelihan Banjar Adat Losan, Made Sujendra, membenarkan bahwa jalan yang putus merupakan satu-satunya akses warga menuju ke kuburan. 

Mengingat jalan tersebut belum bisa diperbaiki dengan cepat, warga setempat akan bergotong royong membuat jembatan darurat dari batang pohon kelapa yang diperoleh dari hasil swadaya masyarakat sekitar. Meskipun demikian, Sujendra tetap berharap pemerintah dapat memperbaiki jalan itu sehingga tidak ada halangan jika ada upacara pemakaman.

“Kami dari warga Banjar Losan mohon untuk dapat segera dibantu, karena ini merupakan jalan utama untuk ke setra (kuburan) dan akses ke pura," harap Made Sujendra.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya