Comscore Tracker

Wisata Tanah Lot Buka Hari Ini, Siapkan QR Code PeduliLindungi

Yeay, Bali akhirnya dibuka perlahan

Tabanan, IDN Times - Setelah tutup sejak 3 Juli 2021 lalu akibat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat dan kemudian menjadi Level 4, Daerah Tarik Wisata (DTW) Tabanan kembali buka hari ini, Rabu (8/9/2021). Pembukaan DTW Tanah Lot sesuai dengan Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 15 Tahun 2021, di mana DTW alam, budaya, spiritual, dan desa wisata dilakukan uji coba pembukaan dengan kapasitas pengunjung maksimal 50 persen.

1. DTW Tanah Lot telah menyiapkan QR code PeduliLindungi

Wisata Tanah Lot Buka Hari Ini, Siapkan QR Code PeduliLindungiSuasana pembukaan kembali DTW Tanah Lot Rabu (8/9/2021) (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Manajer DTW Tanah Lot, I Wayan Sudiana, mengatakan tidak ada persiapan khusus dalam pembukaannya. Karena pihaknya sudah menyiapkan sarana dan fasilitas lebih dulu di era pandemik. Sehingga tinggal melanjutkan saja. Hanya saja penambahannya adalah harus memiliki QR code PeduliLindungi. Terhitung tanggal 8 September 2021 ini, sudah ada 46 pengunjung yang datang ke Tanah Lot.

"Kami sudah siapkan sejak bulan lalu," ujarnya, Rabu (8/9/2/2021).

2. DTW Tanah Lot tidak melakukan PHK kepada karyawannya meskipun dua bulan tanpa pendapatan

Wisata Tanah Lot Buka Hari Ini, Siapkan QR Code PeduliLindungiKios oleh-oleh di DTW Tanah Lot yang tutup karena pandemik COVID-19. (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Meskipun tanpa pendapatan lebih dari dua bulan, namun kata Sudiana, karyawannya tetap dipertahankan dan diajak berjuang bersama-sama.

"Karyawan di DTW Tanah Lot saat ini sebanyak 147 orang. Kami sama-sama berjuang dan tidak ada pengurangan karena semuanya masih royal dengan DTW Tanah Lot," kata Sudiana.

Sedangkan biaya operasional seperti pemeliharaan kawasan DTW, pihak manajemen masih memiliki dana.

"Astungkara kami masih punya dana dari efisiensi pendapatan bulan-bulan sebelumnya. Dana tersebut kami gunakan untuk operasional dan beli beras, serta tunjangan lauk pauk untuk karyawan," lanjut Sudiana.

Baca Juga: Sepi, Pekerja di Tanah Lot Diupah Tunjangan Lauk Pauk dan Beras

3. Sudah banyak yang bertanya kapan DTW Tanah Lot buka

Wisata Tanah Lot Buka Hari Ini, Siapkan QR Code PeduliLindungiGerbang masuk DTW Tanah Lot. (IDNTimes/Wira Sanjiwani)

Semenjak tutup sejak bulan Juli 2021 lalu, sudah banyak yang menanyakan kapan DTW Tanah Lot dibuka. Bahkan ada yang nekat datang ke kawasan meskipun Tanah Lot masih tutup dan belum dibuka untuk wisatawan.

"Yang datang-datang sendiri ini kami minta putar balik karena DTW masih tutup," ungkap Sudiana.

Bahkan sehari sebelum dibuka, sudah ada travel dan calon pengunjung yang menelepon ke kantor DTW Tanah Lot untuk memastikan tanggal buka.

"Hari ini kami resmi buka."

Baca Juga: Warga di Tabanan Pasang Kantung Plastik Depan Rumah biar Dapat Sembako

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya