Tabanan Siapkan Tempat Karantina Mandiri Pasien COVID-19 di Hotel

Semoga COVID-19 ini berakhir

Tabanan, IDN Times - Selain menyiapkan tempat tidur untuk pasien COVID-19 yang memiliki gejala sedang hingga berat di rumah sakit, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan juga menyiapkan tempat karantina mandiri bagi warga Tabanan yang  terkonfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala maupun gejala ringan. Tempat karantina mandiri ini disiapkan, per Senin (12/10/2020).

Baca Juga: Stok Darah di Tabanan Semakin Menurun Sampai 40 Persen

1. Pemkab Tabanan menyiapkan 100 tempat tidur

Tabanan Siapkan Tempat Karantina Mandiri Pasien COVID-19 di Hotelunsplash.com/Mufid Majnun

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr Nyoman Suratmika, mengatakan tempat karantina mandiri ini disiapkan oleh Pemkab Tabanan mulai Senin (12/10/2020), sebanyak 100 tempat tidur.

"Hari ini petugas dari Dinkes sedang set up tempatnya," kata Suratmika.

Adapun tempat karantina yang disiapkan adalah hotel di Kota Denpasar. Nantinya, warga Tabanan yang terkonfirmasi positif tanpa gejala maupun gejala ringan akan dikarantina di sana.

2. Ada empat tenaga kesehatan yang akan disiagakan

Tabanan Siapkan Tempat Karantina Mandiri Pasien COVID-19 di HotelAPD level dua di RSUD Tabanan (Dok.IDN Times/RSUD Tabanan)

Suratmika melanjutkan, pihaknya menurunkan empat tenaga kesehatan (Nakes) di tempat karantina mandiri tersebut. Mereka akan bekerja secara bergilir per shift sebanyak dua orang. Tugasnya adalah memantau dan merawat warga Tabanan yang menjalani karantina mandiri di hotel.

"Satu orang satu kamar, kecuali jika mereka satu keluarga seperti suami istri atau orangtua dan anaknya," ujar Suratmika.

Mereka yang berjaga tidak harus memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap selama di hotel, kecuali jika melakukan kontak secara langsung.

"Yang karantina kan tidak keluar dari kamar. Kalau butuh sesuatu tinggal menelepon dari kamar. Kecuali memang perlu tindakan langsung, barulah tenaga kesehatan memakai APD lengkap," jelasnya.

3. Tabanan mencatat tiga kasus baru dan delapan pasien sembuh

Tabanan Siapkan Tempat Karantina Mandiri Pasien COVID-19 di HotelSuasana lab PCR Tabanan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) COVID-19 Tabanan per Senin (12/10/2020), ada tiga tambahan kasus baru dan delapan pasien sembuh. Sampai Senin (12/10/2020), Tabanan mencatat total kumulatif 692 orang positif COVID-19 dengan 568 pasien sembuh, 93 masih dalam perawatan, dan 31 pasien meninggal dunia.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya