Sumber Penularan COVID-19 Dokter RSUD Tabanan Dilacak dan Dikaji

Apakah APD-nya sesuai level risiko ya?

Tabanan, IDN Times - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tabanan dan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Rumah Sakit (RS) Nyitdah melakukan uji swab kepada pegawainya. Mereka adalah para pegawai yang pernah kontak erat atau hasil kontak tracing dari dua pasien dan dokter RSUD Tabanan yang positif COVID-19.

Dari hasil kontak tracing diperoleh sebanyak 157 orang. Mereka telah melewati uji swab dan hasilnya negatif. Pihak rumah sakit kini menunggu swab kedua supaya bisa mengkaji kemungkinan-kemungkinan sumber dan potensi penularan COVID-19 di rumah sakit.

Baca Juga: Rentan Kena COVID-19, Begini Cara RSUD Tabanan Tangani Pasien HIV

1. GTPP Tabanan masih menunggu hasil swab 61 pegawai yang belum keluar

Sumber Penularan COVID-19 Dokter RSUD Tabanan Dilacak dan DikajiIlustrasi pemeriksaan tes virus Corona di RSUP Sanglah. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Tabanan, I Gede Susila melalui juru bicaranya, I Putu Dian Setiawan, mengatakan dari tracing record pasien dan dokter RSUD Tabanan yang positif COVID-19 ternyata tidak hanya di lingkungan RSUD Tabanan saja. Tetapi ada juga dari UPTD RS Nyitdah. Sehingga uji swab kontak tracing ini dilakukan di kedua rumah sakit tersebut.

"Untuk swab kedua baru keluar 96 (Orang) dan semuanya negatif. Masih menunggu 61 (Orang yang belum keluar hasil swabnya)," ujar Dian, Jumat (19/6).

Baca Juga: Mau Konsultasi Kesehatan? Ini Daftar Nomor Telepon Dokter di Tabanan

2. Sumber penularan dan potensi penularan bisa diperoleh begitu hasil swab kedua telah turun

Sumber Penularan COVID-19 Dokter RSUD Tabanan Dilacak dan DikajiProtokol pelaksanaan disinfeksi di RSUD Tabanan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Dian menjelaskan, selain sebagai langkah deteksi dini, uji swab ini juga untuk mengetahui sumber penularan COVID-19 yang menginfeksi dokter RSUD Tabanan, dan mengetahui apakah Alat Pelindung Diri (APD) yang dipakai petugas sesuai level risiko, dan sudah mampu melindung dari virus dari pasien positif beberapa waktu lalu.

"Semua kajian kemungkinan-kemungkinan ini bisa ditarik saat uji swab kedua turun semua," kata Dian.

3. Tabanan ada tambahan tiga orang yang positif

Sumber Penularan COVID-19 Dokter RSUD Tabanan Dilacak dan DikajiIDN Times

Sementara itu perkembangan kasus COVID-19 di Tabanan per Jumat (19/6), terjadi penambahan tiga orang positif dan satu orang sembuh. Sehingga warga Tabanan yang masih dirawat karena COVID-19 sebanyak 16 orang per Jumat.

Total kumulatif warga Tabanan yang positif sebanyak 45 orang. Masing-masing dinyatakan sembuh 29 orang dan 16 orang masih dirawat. Dari total 45 orang itu pula, 20 orang di antaranya berstatus Pekerja Migran Indonesia (PMI), dan sisanya adalah warga lokal atau transmisi lokal.

Baca Juga: Limbah APD di RSUD Tabanan Diperlakukan Khusus, Begini Caranya

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya