Stok Darah di PMI Tabanan Khawatir Tersisa Sedikit di Akhir Tahun 2020

Donor darah yuk, semeton

Tabanan, IDN Times - Stok darah di Kabupaten Tabanan selama pandemik COVID-19 mengalami penurunan sekitar 30 sampai 40 persen dari tahun sebelumnya. Penyebabnya adalah kegiatan donor darah yang menurun dan pendonor sukarela enggan mendonorkan darahnya akibat pandemik.

Namun mendekati akhir tahun 2020, pendonor sukarela dan kegiatan donor darah mulai meningkat. Tetapi tetap saja, ketersediaan darah khawatir masih kurang sampai akhir tahun 2020.

Baca Juga: Jadi Zona Merah COVID-19, Tabanan Bentuk Satgas ENFORCE Kerumunan 

1. Total ada 4.733 kantong darah yang berhasil dikumpulkan selama tahun 2020

Stok Darah di PMI Tabanan Khawatir Tersisa Sedikit di Akhir Tahun 2020tgmc.com

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tabanan, dr Nyoman Gede Sumardika, mengatakan pihaknya telah mengumpulkan 4.733 kantong darah sepanjang tahun 2020. Dari angka itu, 97 persennya berasal dari pendonor sukarela. Jumlah itu tentu dinilai masih kurang berdasarkan pencapaian tahun 2019 lalu, yaitu 5.500 kantong darah.

"Tetapi jumlah pendonor tahun 2020 ini, dalam sebulan terakhir mulai meningkat, karena sudah mulai banyak yang berani mendonor," kata Sumardika, Rabu (30/12/2020).

Meski ada peningkatan peserta, namun melihat stok darah saat ini dikhawatirkan tidak bisa memenuhi kebutuhan sampai akhir tahun 2020. Adapun stok darah terakhir untuk setiap golongan darah dengan rincian whole blood (WB), pack red cell (PRC), dan trombocyte concentrat (TC) adalah:

  • Golongan darah A: 4 kantong (WB), 7 kantong (PRC), 1 kantong (TC)
  • Golongan darah B: 2 kantong (WB), 18 kantong (PRC), 8 kantong (TC)
  • Golongan darah O: 0 kantong (WB), 6 kantong (PRC), 13 kantong (TC)
  • Golongan darah AB: 1 kantong (WB), 1 kantong (PRC), 0 kantong (TC).

Baca Juga: 3 Skenario Dinas Pendidikan Tabanan Jika Siswa Jadi Masuk Sekolah

2. Pihak PMI menghubungi instansi maupun lembaga untuk memenuhi darah

Stok Darah di PMI Tabanan Khawatir Tersisa Sedikit di Akhir Tahun 2020Ilustrasi kegiatan gelaran donor darah untuk penuhi kekurangan stok darah di PMI (IDN Times/Hilmansyah)

Ketersediaan stok darah tersebut, kata Sumardika, tidak akan memenuhi kebutuhan darah sampai akhir tahun, terutama ketika ada kejadian emergency. Karena itu pihaknya terus memantau jika ada jadwal kegiatan donor darah di tengah masyarakat.

"Minggu ini sudah ada dua kegiatan. Semoga di hari terakhir tahun 2020 ada jadwal lagi," harap Sumardika.

Meski tidak ada jadwal resmi, pihaknya tetap menghubungi instansi maupun lembaga yang biasanya rutin melakukan donor darah.

"Kami juga akan mencoba menghubungi instansi ataupun kelompok donor yang biasa rutin melakukan donor darah," tambahnya.

3. Golongan darah O dan B paling banyak dibutuhkan

Stok Darah di PMI Tabanan Khawatir Tersisa Sedikit di Akhir Tahun 2020pixabay.com/michellegordon2

Golongan darah yang paling dibutuhkan saat ini adalah O dan B. Permintaannya banyak, tetapi tidak seimbang dengan pemenuhannya. Untuk memenuhi kebutuhan sampai akhir tahun 2020, pihak UTD PMI Tabanan berencana untuk memanggil pendonor tetap yang jadwalnya sudah jatuh tempo.

Sumardika berujar, masyarakat yang belum pernah menjadi pendonor dan berminat, bisa langsung datang ke UTD PMI Tabanan yang berlokasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tabanan. Pihaknya memastikan protokol kesehatannya (Prokes) diterapkan secara ketat. Jika memerlukan informasi lebih lanjut, bisa menghubungi nomor (0361) 811027.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya