RSUD Nyitdah Ditarget Melengkapi Sarana dan SDM Untuk Tahun 2022

RSUD Nyitdah kini memiliki 5 gedung

Tabanan, IDN Times - Semakin bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan akan tempat tidur rumah sakit juga ikut bertambah. Terlebih dengan adanya pandemik COVID-19. Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan mendorong Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nyitdah untuk melengkapi sarana dan prasarana agar bisa beroperasi penuh pada tahun 2022.

Baca Juga: Syarat Vaksinasi COVID-19 untuk Pasien HIV di Tabanan

1. Bupati Tabanan berharap operasional di RSUD Nyitdah sudah terlaksana penuh tahun 2022

RSUD Nyitdah Ditarget Melengkapi Sarana dan SDM Untuk Tahun 2022Bupati Tabanan (tengah) saat meninjau pelayanan RSUD Nyitdah (Dok.IDNTimes/HumasTabanan)

RSUD Nyitdah dibangun di atas lahan sekitar 7 hektare. Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, menilai RSUD Nyitdah harus memaksimalkan penataannya sebagai RS yang layak untuk masyarakat. Ia menyoroti ketersediaan parkir, ruang terbuka hijau, dan kantin yang sentral peranannya sebagai sarana pendukung untuk membentuk wajah rumah sakit.

Di samping itu, ia berharap pelayanan juga harus ditingkatkan agar RSUD Nyitdah memiliki daya tarik yang berbeda dari RS lainnya.

“Namun hal itu harus dibarengi dan tidak terlepas dari kemauan dan spirit yang besar bagi para jajaran manajemen. Jaga kemauan dan spirit. Manfaatkanlah peluang itu dengan sebaik-baiknya untuk mewujudkan pelayanan yang optimal bagi masyarakat,” ujar Sanjaya dalam kunjungannya ke RSUD Nyitdah, Jumat (26/11/2021) lalu.

2. RSUD Nyitdah kini memiliki lima gedung

RSUD Nyitdah Ditarget Melengkapi Sarana dan SDM Untuk Tahun 2022UPTD RS Nyitdah (Dok.IDN Times/Istimewa)

RSUD Nyitdah kini memiliki lima gedung, yang digunakan untuk pelayanan seperti:

  • Gedung A: layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), kamar operasi, dan manajemen
  • Gedung B: Disiapkan untuk layanan ponek (Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif)
  • Gedung C: Nantinya akan menjadi gedung IGD baru, dan kamar operasi
  • Gedung D dan E: lantai satu di kedua gedung ini untuk layanan poliklinik. Sedangkan lantai dua digunakan untuk ICU dan laboratorium, serta lantai tiga untuk ruangan rawat inap VIP, kelas 1, 2, dan 3.

3. Penuhi sarana dan SDM supaya dapat beroperasi penuh tahun 2022 mendatang

RSUD Nyitdah Ditarget Melengkapi Sarana dan SDM Untuk Tahun 2022ilustrasi pemeriksaan dokter (freepik.com/jcomp)

Direktur RSUD Nyitdah, dr Wayan Doddy Setiawan, mengatakan RSUD Nyitdah baru ada layanan poliklinik bedah, penyakit dalam, anak dan kandungan, serta radiologi dan laboratorium.

Nantinya mereka juga menyiapkan beberapa peningkatan pelayanan seperti penambahan 15 ruangan poliklinik di lantai I dengan 13 jenis layanan poliklinik spesialis yaitu poliklinik penyakit dalam, obgyn, bedah, anak, mata, tht, neurologi, paru, kulit kelamin, anastesi, poli urologi, dokter spesialis penunjang radiologi, dan patologi klinik.

“Untuk penunjang kami  RSUD Nyitdah   sudah dilengkapi dengan alat-alat seperti  tiga unit alat rontgen x ray,  USG 4 dimensi, alat-alat lab, CSSD, laundry, gizi dan pemulasaran jenasah,” ungkapnya, Senin (29/11/2021).

Adapun layanan yang belum berjalan karena masih perlu melengkapi sarana dan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah:

  • Poliklinik paru, di mana dokter spesialisnya sedang mengurus surat izin praktik
  • Poliklinik urologi, sedang menunggu dokter spesialisnya menamatkan studi pada Desember 2021
  • Poliklinik mata, THT, kulit kelamin, dan saraf juga belum ada dokter spesialisnya. Baru akan dilengkapi pada tahun 2022.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya