Pemkab Tabanan Cari Pelaku Pemanjat Panggung Terbuka GWS

Identitas pelaku belum diketahui

Tabanan, IDN Times- Pada Minggu (18/6/2023) sore, media sosial diramaikan dengan pasangan muda mudi yang memanjat dan duduk santai di atas bagian atas panggung terbuka Garuda Wisnu Serasi (GWS). Keduanya tampak asyik bencengrama dan tidak mengindahkan meski sudah diperingatkan untuk turun oleh pengunjung lain. Hal ini tentu menjadi perhatian dari pemerintah kabupaten (Pemkab) Tabanan yang langsung melakukan tindak lanjut dan mencari identitas dari pelaku.

Baca Juga: Warga Tabanan Jaga Hutan untuk Pertahankan Mata Air Mekori

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Pura Uluwatu, Wisata Paling Ikonik di Bali

1. Pelaku dianggap melanggar ketertiban umum

Menindaklanjuti dua sejoli yang naik ke atas panggung terbuka Garuda Wisnu Serasi (GWS) pemkab Tabanan menggelar rapat  pada Senin (19/6/2023) yang dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Tabanan, I Made Agus Artha Wiguna bersama jajaran dari Inspektur Kabupaten Tabanan, Kepala Satpol PP, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tabanan serta Kepala Bagian Prokopim.

"Berdasarkan hasil rapat akan dilakukan penyelesaian secara internal karena kejadian ini dianggap sudah melanggar ketertiban umum melalui Satpol PP Kabupaten Tabanan," ujar Agus.

Selain itu, juga akan dilakukan langkah-langkah penanganan untuk pencegahan seperti memasang tanda atau rambu-rambu larangan "UPTD Taman Budaya akan segera memasang CCTV tambahan serta berkoordinasi dengan Bendesa Adat Kota Tabanan agar melakukan pengawasan yang lebih ketat," imbuh Agus. 

2. Pelaku masih dalam pencarian

Pemkab Tabanan Cari Pelaku Pemanjat Panggung Terbuka GWSPanggung terbuka GWS di Tabanan (Dok.IDNTimes/Humas Tabanan)

Terkait keberadaan pelaku, menurut Agus hingga saat ini masih dilacak untuk dimintai klarifikasi dan pertanggungjawaban. “Keberadaan pelaku masih kami lacak untuk seterusnya dimintai klarifikasi dan pertanggung jawaban. Semoga tidak ada kejadian seperti ini lagi ke depannya,” tandasnya.

Pihak pemkab Tabanan juga memberikan apresiasi kepada warga yang telah ikut berkontribusi serta memberikan perhatian dan kepedulian dengan memposting video yang menjadi viral saat ini. "Kami berharap kedepan warga Tabanan atau siapapun yang berkunjung ke Tabanan agar ikut bersama menjaga dan merawat fasilitas umum yang dimiliki, jangan sampai merusak karena kalau sampai merusak akan diberikan tindakan tegas,” tegas Agus. 

3. Pelaku akan mendapatkan tindakan tegas

Pemkab Tabanan Cari Pelaku Pemanjat Panggung Terbuka GWSPanggung terbuka GWS di Tabanan (Dok.IDNTimes/Humas Tabanan)

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dalam rilis, Senin (19/6/2023), mengatakan akan menindak tegas pelaku karena dianggap telah mencoreng serta melanggar ketertiban umum di salah satu fasilitas umum yang menjadi menjadi kebanggaan warga Tabanan. "Garuda Wisnu Serasi merupakan tempat umum yang biasa digunakan warga untuk rekreasi dan melakukan kegiatan-kegiatan, baik kegiatan oleh pemerintah maupun masyarakat. Karena itu, pihaknya berharap masyarakat bisa menjaga keamanan, ketertiban serta  kenyamanannya, bukan sebaliknya," ujarnya.

Ditambahkan, kasus ini akan segera ditindaklanjuti sebagai salah satu upaya untuk memberikan efek jera serta tidak terulang lagi di kemudian hari. Disisi lain Sanjaya juga tidak menampik bahwa pengamanan terhadap fasilitas umum belum bisa dilakukan secara maksimal dan tentunya kejadian ini bisa menjadi pelajaran untuk semua pihak agar ke depan melakukan pengawasan lebih ketat terhadap berbagai fasilitas umum yang ada.

“Kami tidak menampik bahwa fasilitas umum yang kami miliki belum memiliki pengamanan secara maksimal seperti rambu-rambu larangan, kamera CCTV juga belum maksimal. Kejadian ini sebagai pembelajaran semoga ke depan seluruh pihak terkait agar lebih maksimal melakukan pengawasan dan pengamanan,” imbuhnya.

Topik:

  • Silfa Humairah Utami

Berita Terkini Lainnya