Fakta Virus Omicron, Menular 500 Kali Lebih Cepat

Laboratorium PCR RSUD Tabanan mampu mendeteksi virus ini

Tabanan, IDN Times - Pada Juli 2020 lalu, muncul varian delta COVID-19 yang menyebabkan kasus COVID-19 di Indonesia kembali naik. Kini ada ancaman baru lagi, yakni penyebaran varian baru virus corona yang dinamakan virus Omicron. Padahal saat ini kasus COVID-19 di Indonesia sudah jauh melandai.

Virus Omicron disebut memiliki kemampuan menular lebih cepat dari varian Delta. Seberapa cepat virus Omicron ini menular? Berikut fakta-fakta virus Omicron sebagaimana dijelaskan oleh Penanggung Jawab Laboratorium Polymerase Chain Reaction (Lab PCR) dan Mikrobiologi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD Tabanan), dr I Wayan Duta Krisna SpMK:

Baca Juga: Muncul Varian Omicron, Bali Diminta Waspada dan Perketat Pintu Masuk 

1. Virus Omricon mengalami mutasi di 30 titik spike protein

Fakta Virus Omicron, Menular 500 Kali Lebih CepatPixabay/ geralt

Virus Omicron memiliki tonjolan yang bisa melekat pada sel manusia atau dinamakan spike protein. Inilah yang kemudian menginfeksi manusia. Nah agar memiliki spike protein yang cocok, virus harus mengalami mutasi berkali-kali. Menurut Krisna, untuk varian Omicron, ada 30 titik mutasi pada spike proteinnya.

"Spike protein itu adalah tonjolan virus yang bisa melekat pada sel manusia. Untuk varian Omicron dari jurnal yang telah dipublished, ada 30 titik mutasi pada spike proteinnya," ujar Krisna, Kamis (2/12/2021).

Kecepatan Omicron dalam menularkan adalah 1:30-40 orang per periode. Dengan kata lain, apabila dibandingkan dengan kecepatan penularan virus Corona yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Omicron memiliki kecepatan penularan 500 kali, sementara Delta kecepatannya 100 kali.

2. Belum ada laporan resmi mengenai tingkat keparahan yang diakibatkan oleh Omicron

Fakta Virus Omicron, Menular 500 Kali Lebih Cepatilustrasi virus corona (IDN Times/Aditya Pratama)

Mengenai tingkap keparahan gejala yang disebabkan oleh Omicron, kata Krisna, hingga saat ini belum ada laporan, apakah virus ini meningkatkan keparahan gejala dibandingkan varian Delta atau tidak. "Virus ini menular lebih cepat. Mengenai keparahan gejala, belum ada laporannya," ujarnya.

Adanya virus Omicron, menurut Krisna, bisa dideteksi lewat pemeriksaan sampel di lab PCR RSUD Tabanan. "Sejauh ini semua varian SARS COV2 dideteksi dengan PCR. Sedangkan untuk bisa mengidentifikasikan jenis varian harus dilanjutkan dengan Whole  Genome Squensing," jelas Krisna.

Ia memaparkan, saat ini sampel yang diperiksa di lab PCR RSUD Tabanan jumlahnya sudah jauh menurun. Sampel yang diterima rata-rata 10 sampai 15 per hari. "Untuk yang positif pun sudah jauh menurun. Dalam seminggu terakhir hanya dua yang positif," paparnya.

3. Harus tetap menerapkan prokes untuk mencegah penularan virus Omicron

Fakta Virus Omicron, Menular 500 Kali Lebih CepatIlustrasi protokol kesehatan (freepik.com/tonefotografia)

Krisna mengimbau kepada masyarakat untuk tidak takut dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama beraktivitas agar terhindar dari penularan virus ini. 

"Saat ini meski kasus menurun, tetap tidak boleh kendor. Terapkan protokol kesehatan dan jangan lupa untuk vaksinasi bagi yang belum dan memenuhi syarat," imbaunya. 

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya