[UPDATE] 3 Tenaga Kesehatan di Tabanan Positif COVID-19

Ada satu puskesmas harus ditutup sementara

Tabanan, IDN Times - Kabupaten Tabanan kembali mencatat tiga warganya yang positif COVID-19 per Jumat (3/7/2020). Mereka semuanya berprofesi sebagai tenaga kesehatan (Nakes). Satu nakes yang positif tersebut awalnya bertugas untuk melakukan kontak tracing pasien positif COVID-19. Ia merupakan nakes di sebuah puskesmas daerah Kecamatan Tabanan.

Namun dalam menunaikan tugasnya, ia kemudian positif COVID-19. Atas kejadian itu, puskesmas tersebut kembali ditutup untuk sementara sementara. Karena seluruh tenaganya melakukan isolasi mandiri dan menunggu uji swab.

Baca Juga: BLT-DD Tahap II Akan Cair, Tabanan Temukan Penerima Bantuan Ganda

1. Sebanyak 50 pegawai di puskesmas akan menjalani uji swab

[UPDATE] 3 Tenaga Kesehatan di Tabanan Positif COVID-19Pemeriksaan uji swab untuk petugas di Dinas Kesehatan Tabanan Tabanan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) COVID-19 Tabanan, I Gede Susila diwakili oleh juru bicaranya, I Putu Dian Setiawan, membenarkan ada tambahan tiga kasus positif di Kabupaten Tabanan, Jumat (3/7/2020).

Nakes yang bertugas di puskemas tersebut kini sudah dirawat di Balai Pelatihan Kesehatan dan Masyarakat (Bapelkesmas) Denpasar. Operasional puskesmas ditutup untuk sementara dan 50 orang yang bertugas di sana akan menjalani uji swab, Senin 6 Juli 2020 depan.

"Dengan uji swab hasilnya lebih cepat diketahui. Sehingga jika hasilnya negatif, seluruh petugas bisa kembali bekerja dan puskesmas kembali buka melayani masyarakat," ujar Dian.

2. Dua nakes asal Kerambitan juga positif

[UPDATE] 3 Tenaga Kesehatan di Tabanan Positif COVID-19Ilustrasi perawat COVID-19 (Dok.IDN Times/Istimewa)

Selain nakes asal Kecamatan Tabanan, GTPP COVID-19 Tabanan juga mencatat ada dua nakes asal Kecamatan Kerambitan yang positif COVID-19. Satu kasus positif asal Kerambitan ini mendapatkan virus dari kontak tracing yang dinyatakan positif sebelumnya.

"Untuk tenaga kesehatan asal Kerambitan lainnya masih dicari asal virusnya. Ia terjaring saat pemeriksaan regular yang dilakukan salah satu rumah sakit pemerintah untuk SDM-nya," jelas Dian.

3. GTPP COVID-19 Tabanan lakukan rapid test di Marga

[UPDATE] 3 Tenaga Kesehatan di Tabanan Positif COVID-19Dok.IDN Times/Istimewa

GTPP COVID-19 Tabanan juga telah melakukan rapid test warga asal Marga, hasil kontak tracing. Terdapat 10 orang yang kontak erat di lingkungan rumahnya, dan 24 orang menjalani rapid test di luar lingkungan rumahnya.

"Karena dua pasien ini sempat ke mana-mana sebelum dijemput petugas untuk menjalani isolasi. Sehingga selain kontak erat di lingkungan rumah didapati tracing contact di luar lingkungan rumah," kata Dian.

Sementara untuk uji swab Pasien dalam Pengawasan (PDP) asal Kediri yang meninggal beberapa hari lalu, hasilnya belum turun sampai sekarang.

Dian kembali menegaskan kepada masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan. Pakailah masker setiap keluar rumah, jaga jarak, jauhi kerumunan dan terapkan kebersihan diri, serta cuci tangan dengan sabun.

Baca Juga: Dua Warga Tabanan Dijemput Petugas Karena Positif COVID-19

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya