Comscore Tracker

Jelang Pilkada, 35 Jajaran KPU Tabanan Jalani Rapid Test

Pilkada rencananya digelar Desember mendatang

Tabanan, IDN Times - Sebanyak 35 orang jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan jalani rapid test di Puskesmas Tabanan III, Jumat (12/6). Pemeriksaan ini sebagai upaya deteksi dini infeksi virus COVID-19, sekaligus memastikan bahwa penyelenggaraan Pilkada 2020 yang rencananya digelar Desember mendatang bersih dan terbebas dari wabah virus tersebut.

Lalu apa hasilnya?

1. Seluruh biaya rapid test ditanggung oleh KPU Bali

Jelang Pilkada, 35 Jajaran KPU Tabanan Jalani Rapid TestPemeriksaan rapid tes untuk jajaran KPU Tabanan (Dok.IDN Times/KPU Tabanan)

Rapid test ini atas permohonan dari KPU Provinsi Bali. Seluruh pembiayaannya ditanggung oleh Provinsi Bali dan dilaksanakan di masing-masing Kabupaten/Kota penyelenggara Pilkada.

"Tujuannya untuk deteksi dini potensi paparan virus COVID-19 sekaligus memastikan bahwa penyelenggara pemilu bersih atau terbebas dari wabah virus tersebut," ujar Ketua KPU Tabanan, Putu Weda Subawa.

Pemeriksaan ini sebagai jaminan bagi masyarakat sebagai pemilih, supaya merasa aman dan nyaman, terutama saat berhadapan dengan petugas.

Baca Juga: KPU Tabanan Kekurangan Anggaran Jika Pilkada Digelar Saat New Normal

2. Pemeriksaan dilaksanakan di Puskesmas Tabanan III dan hasilnya nonreaktif

Jelang Pilkada, 35 Jajaran KPU Tabanan Jalani Rapid TestPemeriksaan rapid tes jajaran KPU Tabanan (Dok.IDN Times/KPU Tabanan)

Weda melanjutkan, sebanyak 35 orang berbagai posisi menjalani rapid test di Puskesmas Tabanan III. Hasilnya nonreaktif.

“Semua di-rapid test baik komisioner, sekretaris, staf sampai tenaga pendukung,” ucapnya.

Sementara jadwal rapid test untuk petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan dilaksanakan tanggal 13 Juni. Namun ini masih menunggu koordinasi lebih lanjut dengan Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Bali.

Baca Juga: Mau Konsultasi Kesehatan? Ini Daftar Nomor Telepon Dokter di Tabanan

3. Tabanan mencatat tiga pasien COVID-19 yang sembuh

Jelang Pilkada, 35 Jajaran KPU Tabanan Jalani Rapid TestProtokol pelaksanaan disinfeksi di RSUD Tabanan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Sementara berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) COVID-19 Tabanan per Jumat (12/6), mencatat tiga warganya yang positif COVID-19 sembuh. Masing-masing dua pasien yang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tabanan, dan satu pasien yang dirawat di Rumah Sakit (RS) Siloam Denpasar. Selain itu, Tabanan kembali mencatat satu pasien positif.

Topic:

  • Ni Ketut Wira Sanjiwani
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya