Biaya Sambungan Air Bersih di Tabanan Bisa Dicicil

Keringanan ini khusus untuk sambungan air rumah tangga

Tabanan, IDN Times - Layanan air bersih adalah hak semua masyarakat. Untuk memenuhi ini Perusahaan Daerah Tirta Amertha Bhuana (Perumda TAB) Tabanan menurunkan biaya pemasangan sambungan air.

Selain menurunkan harga sambungan air, khusus untuk sambungan rumah tangga, pembayarannya ternyata bisa dicicil sebanyak enam kali. Kamu berminat? 

Berikut persyaratan dan masa berlakunya.

Baca Juga: 3 Ton Beras Tabanan Terserap ke Hotel  Marriott Group

1. Masa berlaku hanya dua bulan

Biaya Sambungan Air Bersih di Tabanan Bisa Dicicililustrasi biaya (Freepik.com/Freepik)

Kabag Langganan I Made Sukanta mengatakan, promi dan penurunan harga sambungan air ini digelar dalam rangka  menyambut HUT ke - 79 Kemerdekaan RI. 

Adapun biaya sambungan air diturunkan menjadi Rp Rp1.200.000 dari harga normal Rp1.950.000. Kebijakan ini hanya berlaku 2 bulan yaitu 1 Agustus - 30 September 2024. 

2. Biaya sambungan ini bisa dicicil hingga enam kali

Biaya Sambungan Air Bersih di Tabanan Bisa DicicilIlustrasi pendaftaran sambungan air di Perumda TAB Tabanan (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Selain menurunkan harga, kelebihan yang bisa didapatkan masyarakat Tabanan dalam promo ini adalah biaya sambungan air bisa dicicil sebanyak 6 kali khusus untuk sambungan rumah tangga.  "Diharapkan kebijakan ini bisa dimanfaatkan masyarakat," ujarnya, Jumat (2/8/2024)

Program ini, menurut Sukanta, sejalan dengan arahan Bupati Tabanan selaku KPM (Komisaris Pengawas Perusahaan) yang terus mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik, terutama di bidang air bersih. Kebijakan ini  juga untuk mengurangi penggunaan Air Bawah Tanah (ABT) alias sumur bor.

3. Catat, ini syarat mendapatkan promo turun harga

Biaya Sambungan Air Bersih di Tabanan Bisa DicicilIlustrasi KTP dan NPWP (IDN Times/Paulus Risang)

Untuk bisa menikmati promo ini, menurut Sukanta, masyarakat hanya perlu mendaftar selama masa berlaku dan membawa fotokopi KTP dan denah menuju lokasi serta membayar uang pendaftaran Rp5000.

"Uang pendaftaran ini pun sudah diturunkan dimana normalnya membayar Rp55.500. Materai sudah disiapkan pihak Perumda  TAB Tabanan,"ujarnya.

Selain menurunkan biaya sambungan air, pihak Perumda TAB terus menjaga ketersediaan produksi air bersih dan kesiapan sumber mata air. Tim teknis, kata dia, rutin mengecek semua aspek, baik dari produksi hingga distribusi. 

"Sumber mata air juga selalu dicek untuk mengetahui adanya kebocoran atau tidak," terangnya.

Baca Juga: Ratusan Warga Binaan Lapas Tabanan Diusulkan Terima Remisi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya