Jalan Ditutup untuk Kepala Negara, Nusa Dua Macet Total

Untuk sementara, hindari wilayah ini ya

Badung, IDN Times - Sejak pagi hari, Selasa (15/11/2022), jalan di sepanjang Jalan Ngurah Rai, Nusa Dua, Kabupaten Badung macet total. Pemantauan IDN Times di lapangan, kemacetan akibat setiap perempatan jalan ditutup karena ada kepala negara yang lewat.

Jalan Ditutup untuk Kepala Negara, Nusa Dua Macet TotalSituasi lalu lintas di Jalan Bypass Ngurah Rai, Nusa Dua, Selasa (15/11/2022). (IDN Times/Ni Ketut Sudiani)

Pukul 10.00 Wita sejumlah kendaraan, roda dua, roda empat, dan bus tampak tak bisa bergerak.

Jalan Ditutup untuk Kepala Negara, Nusa Dua Macet TotalSituasi lalu lintas di Jalan Bypass Ngurah Rai, Nusa Dua, Selasa (15/11/2022). (IDN Times/Ni Ketut Sudiani)

Polda Bali melakukan rekayasa lalu lintas, baik untuk ke luar maupun masuknya kendaraan menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Rekayasa lalu lintas tersebut guna mencegah kemacetan saat kegiatan Presidensi G20 pada tanggal 15 November di Nusa Dua, Kabupaten Badung. 

Upaya tersebut untuk menjamin keamanan para pejabat negara yang akan tiba di Bali melalui Bandara Ngurah Rai. Aturan ini merujuk pada Surat Edaran Nomor: 35425/SEKRET/2022 Tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dalam Rangka Penyelenggaraan Presidensi G20.

Nantinya, satu jam sebelum kedatangan kepala negara, jalur akan ditutup. Masyarakat juga tidak diizinkan parkir di pinggir jalan yang dilalui.

Bagi kendaraan yang akan masuk menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, dapat melalui Taman Satria Gatot Kaca- Simpang Tiga RS Murni Teguh- Park 23 Mall- Simpang Tiga Kubu Anyar- Hotel Harris Tuban- Akses Putar Balik Loading Dock Terminal Internasional-Bandara.

Sedangkan untuk rute ke luar, dapat melalui Bandara-Toll Gate Utara-Hotel Harris Tuban- Simpang Empat Kubu Anyar- Park 23 Mall- Simpang Tiga RS Murni Teguh- Joger Kuta- Simpang Tiga Pasar Kuta- Simpang Utara Gelael.

Rekayasa lalu lintas ini diberlakukan sejak 14 November hingga 17 November 2022 mendatang. Kegiatan ini melibatkan personel Polda Bali sejumlah 1.038 personel.

https://www.youtube.com/embed/CYQDG5UrNnc

Dinas Perhubungan Provinsi Bali akan menerapkan sistem ganjil-genap khusus kendaraan pribadi selama tujuh hari, mulai 11 sampai 17 November 2022 mendatang. Total ada 10 titik, di antaranya:

  • Jalan Simpang Pesanggaran-Simpang Sanur
  • Simpang Kuta-Simpang Pesanggaran
  • Simpang Kuta-Tugu Ngurah Rai
  • Tugu Ngurah Rai-Nusa Dua
  • Simpang Pesanggaran-Gerbang Benoa
  • Simpang Lapangan Terbang-Tugu Ngurah Rai
  • Jimbaran-Uluwatu
  • Jalan Tol Bali Mandara
  • Jalan Uluwatu Dua
  • Jalan Raya Kampus Universitas Udayana (Unud)

Dikutip Antara, lebih dari 100 personel dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bali akan dikerahkan untuk mengamankan daerah di luar zona G20 (zona G20 meliputi jalan Tol Bali Mandara ke arah timur menuju ITDC, sampai Hotel Apurva Kempinski) yang terkena dampak kemacetan. Dishub juga turut membantu pengaturan rekayasa lalu lintas bersama para personel Polda Bali. Rekayasa lalu lintas ini hanya diberlakukan pada saat kepala negara maupun delegasi melintas.

"Ruas jalan akan ditutup sementara apabila delegasi atau kepala negara lewat, dan itu diatur kepolisian nanti," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I Gde Wayan Samsi Gunarta, Rabu (2/11/2022).

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya