Comscore Tracker

4 WNA Lakukan Skimming di Bali, Tarik Uang ATM Pakai Kartu Game

Para pelaku berasal dari Rumania dan masuk dalam DPO

Denpasar, IDN Times - Lagi! Kasus skimming atau pencurian data nasabah terjadi di Bali. Kali ini pelakunya adalah empat Warga Negara Asing (WNA) asal Rumania yang ditangkap Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah (Ditreskrimsus Polda) Bali.

Mereka menarik uang di ATM menggunakan kartu game di wilayah Kabupaten Badung. Seperti apa modusnya?

1. Mereka melakukan aktivitas yang mencurigakan selama di Bali

4 WNA Lakukan Skimming di Bali, Tarik Uang ATM Pakai Kartu GameIDN Times/Imam Rosidin

Direskrimsus Polda Bali, Kombes Yulie Kus Nugroho, mengatakan terungkapnya kasus itu setelah kepolisian bersama Satuan Petugas Counter Transnational and Organized Crime(Satgas CTOC) melakukan penyelidikan. Upaya itu dilakukan karena munculnya aktivitas WNA yang mencurigakan selama di Bali. Para pelaku beroperasi di wilayah Kuta, Badung dan sekitarnya. Hari Rabu (6/3) hingga Selasa (12/3), petugas melakukan pembuntutam terhadap target.

"Hasil penyelidikan diketahui, mereka saling melakukan transaksi pada beberapa mesin ATM yang berada di wilayah Kuta," jelasnya di Mapolda Bali, Selasa (19/3) siang.

2. Para pelaku menarik uang tanpa ATM

4 WNA Lakukan Skimming di Bali, Tarik Uang ATM Pakai Kartu GameIDN Times/Imam Rosidin

Pihak kepolisian melakukan koordinasi dengan pihak Bank Negara Indonesia (BNI) dan Danamon untuk menelusuri para pelaku. Saat melakukan pemeriksaan pada sistem bank tersebut, akhirnya petugas memperoleh data elektrik jurnal atau rincian transaksi di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) menggunakan kartu lain yang berisi data magnetic stripe (Bukan ATM).

"Setelah pembuntutan itu, petugas lalu melakukan penggerebekan atau penangkapan," ungkapnya.

3. Sebanyak 45 kartu berisi data nasabah

4 WNA Lakukan Skimming di Bali, Tarik Uang ATM Pakai Kartu GameIDN Times/Imam Rosidin

Petugas berhasil menangkapnya pada Rabu (13/3) sekitar pukul 02.00 Wita dini hari. Mereka ditangkap di Hotel OZZ Kuta, Jalan Lubu Anyar, Gang Biduri, Badung. Selama penggerebekan itu, petugas mengamankan empat orang WNA asal Rumania.

Masing-masing bernama Alisa Sardaru, Sorin Velcu, Alin Serdaru, dan Sorinel Miclescu. Turut diamankan pula barang bukti berupa laptop, uang tunai Rp8,2 juta, enam unit ponsel, flashdisk, dan 45 buah kartu berisi data nasabah.

Atas perbuatannya, keempat pelaku akan dijerat dengan Pasal 30 jo Pasal 46 Undang Undang Nomor 19 tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

4. Para pelaku menarik uang di ATM pakai kartu game

4 WNA Lakukan Skimming di Bali, Tarik Uang ATM Pakai Kartu GameIDN Times/Imam Rosidin

Lalu bagaimana cara mereka beroperasi? Pertama, mereka datang ke Bali sambil membawa data kartu kredit milik orang lain yang terdaftar di negara luar. Para pelaku lalu membeli laptop dan kartu game amazone dan amazing. Data dari kartu kredit tersebut lalu ditransfer ke kartu game amazone dan amazing. Setelah datanya berhasil dipindah, mereka lantas menarik uang di ATM menggunakan kartu tersebut di sekitar Kuta.

Untuk diketahui, keempat pelaku juga menjadi incaran atau masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) Kepolisian Rumania dengan kasus serupa. Mereka datang ke Bali pada tanggal 6 Maret dengan visa kunjungan.

Baca Juga: WNA Bulgaria Lakukan Skimming ATM di Bali, Kecelakaan Saat Ditangkap

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You