Puncak Arus Mudik di Terminal Mengwi Diperkirakan H-4

Siapa nih yang sudah mudik dari Bali?

Badung, IDN Times - Sejumlah penumpang mulai memadati Terminal Mengwi, Kabupaten Badung untuk mudik Lebaran 2019. Peningkatan jumlah penumpang di terminal ini mulai tercatat sejak H-9 atau tanggal 27 Mei 2019. Seperti apa suasananya?

1. Almira pilih pulang lebih awal

Puncak Arus Mudik di Terminal Mengwi Diperkirakan H-4IDN Times/Imam Rosidin

Almira (25), warga asal Malang, Jawa Timur memilih mudik pada H-7 atau Rabu (29/5). Ia memilih hari ini karena untuk menghindari macet jika pulang mendekati lebaran. Jadi, jauh-jauh hari ia sudah memesan tiket dan pupang lebih awal.

"Takut macet panjang kalau pulangnya mepet-mepet," kata perempuan yang kuliah di Universitas Udayana ini, Rabu (29/5).

Baca Juga: Extra Flight Bandara Ngurah Rai Anjlok 254 Persen Pasca Mahalnya Tiket

2. Diperkirakan puncaknya terjadi H-4

Puncak Arus Mudik di Terminal Mengwi Diperkirakan H-4IDN Times/Imam Rosidin

Tjokorda Agung Suarmaya, Koordinator Terminal Mengwi, memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada H-4 lebaran atau pada 2 Juni 2019. Hal tersebut berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun sebelumnya, puncak arus mudik ada sekitar 112 armada yang diberangkatkan. Pada tahun ini prediksinya adalah sekitar 140 armada bus yang berangkat.

"Kita prediksi bertambah karena banyak penumpang yang memilih naik bus mengingat harga tiket pesawat yang mahal," kata dia.

3. Kenaikan jumlah penumpang mulai dirasakan sejak H-9

Puncak Arus Mudik di Terminal Mengwi Diperkirakan H-4IDN Times/Imam Rosidin

Suarmaya mengatakan kenaikan jumlah penumpang di Terminal Mengwi sudah dirasakan sejak H-9 lebaran. Angkanya bahkan sudah mencapai 100 persen jika dibandingkan hari-hari biasa. Hal tersebut terlihat dari jumlah armada bus dan penumpang yang telah berangkat.

Jika di hari biasanya, ada 54 sampai 60 bus yang berangkat tiap harinya. Artinya ada 900 hingga 1000 penumpang. Kini sudah meningkat menjadi 74 hingga 78 bis yang berangkat atau sekitar 2000 penumpang tiap harinya. Tujuannya masih didominasi jurusan Malang dan Surabaya, Jawa Timur.

"Isi tempat duduknya ada yang 32 dan 40, bahkan ada yang penuh. Saya rasa akan terus meningkat," ujar dia, Rabu (29/5).

4. Jurusan Jawa Tengah bergairah

Puncak Arus Mudik di Terminal Mengwi Diperkirakan H-4IDN Times/Imam Rosidin

Menurutnya, peningkatan jumlah penumpang yang memilih naik bus karena harga tiket pesawat yang masih mahal. Hal tersebut terlihat dari bergairahnya bus dengan jurusan Jawa Tengah seperti Semarang dan Jepara. Kini, ada 10 Perusahaan Otobus yang melayani jurusan ke Jawa Tengah.

Pada musim mudik kali ini, mereka sudah menambah dua hingga tiga armadanya. Artinya, ada sekitar 30 bus yang berangkat ke arah Jawa Tengah.

"Peningkatan juga karena pertimbangan nilai harga tiket pesawat, arah ke Jawa Tengah juga mulai meningkat, ini perbedaan dari tahun kemarin. Jawa Timur, Surabaya Malang kan sudah biasa. Jawa tengah sudah mulai bergairah," ungkapnya.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya