Prabowo Diundang Megawati Kongres PDIP di Bali

Puluhan ribu simpatisan diperkirakan juga hadir ke Bali

Denpasar, IDN Times - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mengadakan kongres ke-V tanggal 8 sampai 11 Agustus 2019 bertempat di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar. Kongres ini diperkirakan akan dihadiri dua ribu peserta dari Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah serta Fraksi PDIP se-Indonesia.

Kabarnya, Prabowo Subianto juga diundang ke kongres tersebut. Berikut ini fakta-faktanya:

1. Ribuan simpatisan PDIP luar Bali akan datang lewat Pelabuhan Gilimanuk

Prabowo Diundang Megawati Kongres PDIP di BaliIDN Times/Imam Rosidin

Ketua Panitia Pelaksana, I Wayan Koster, mengatakan para peserta akan tiba di Bali pada tanggal 7 Agustus 2019. Kongres tersebut rencananya juga akan dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Jokowi Widodo, pada tanggal 8 Agustus 2019.

Kongres ini juga diperkirakan dihadiri lima ribu hingga 10 ribu simpatisan PDIP dari luar Bali. Mereka disebut akan tiba tanggal 7 Agustus melalui jalur darat lewat Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana. Terkait hal tersebut, Koster meminta dukungan keamanan kepada pihak kepolisian.

“Untuk itu, kami dari itu Panitia Pelaksana Kongres V menyampaikan permohonan bantuan pengamanan dari Polda (Kepolisian Daerah) Bali demi kelancaran kegiatan tersebut," kata Koster usai meminta dukungan pengamanan di Polda Bali, Jumat (26/7).

Baca Juga: Jalan Kaki dari Singaraja-Denpasar, Kakek ini Bawa Surat Buat Jokowi

2. Kongres bertepatan dengan Iduladha. Gubernur Bali akan menyerahkan hewan kurban

Prabowo Diundang Megawati Kongres PDIP di BaliIDN Times/M.idris

Koster mengatakan, pelaksanaan kongres tersebut berdekatan dengan Hari Raya Iduladha yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019. Rencananya setelah Salat Id akan ada penyerahan hewan kurban ke masjid-masjid di Denpasar.

"Berkaitan dengan hal tersebut, maka setelah Salat Id Iduladha akan ada penyerahan hewan kurban di beberapa masjid di wilayah Denpasar," ujarnya.

3. Polda Bali akan menerjukan personel dari berbagai satuan kerja

Prabowo Diundang Megawati Kongres PDIP di BaliGubernur Bali dan Kapolda Bali. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Kapolda Bali, Irjen Pol Dr Petrus Reinhard Golose, mengatakan institusinya akan mengamankan kegiatan tersebut dengan menerjunkan personel dari berbagai satuan kerja (Satker). Mereka akan ditugaskan di sejumlah tempat untuk melaksanakan pengamanan. Keamanan juga akan ditingkatkan mengingat Presiden Jokowi akan hadir.

“Polda Bali akan melakukan pengamanan secara maksimal agar seluruh rangkaian kegiatan kongres V berjalan aman dan lancar sehingga para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan nyaman,” ungkapnya.

4. Megawati undang Prabowo menghadiri Kongres PDIP

Prabowo Diundang Megawati Kongres PDIP di BaliANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Selain dibuka Jokowi, kongres PDIP ini rencananya juga akan dihadiri oleh Prabowo Subianto. Hal tersebut menyusul setelah Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, mengundang Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, untuk datang ke Kongres PDIP.

“Saya tanya 'Mas mau diundang gak sama saya' lalu 'Ke mana mbak?' 'Ke kongres' 'Ya mau dong'. Kalau mau saya undang, kalau ndak mau ya ndak papa,” ucap Mega mengungkapkan percakapannya dengan Prabowo di rumahnya, Jalan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (24/7).

Baca Juga: Rivalitas Jokowi-Prabowo Berakhir di Meja Restoran

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya