PMI Bali Siagakan 50 Relawan untuk Gempa dan Tsunami Palu

Adakah warga Bali di Palu kena gempa? Infoin ke mimin ya

Denpasar, IDN Times - Pasca gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah, sampai saat ini Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali belum menerima instruksi untuk mengirimkan bantuan logistik maupun relawan. Meski demikian, PMI Bali sudah menyiapkan relawannya dan bantuan logistik jika suatu saat dibutuhkan.

"Sampai sekarang posisi kami siaga dan siap panggil, kapan saja kami dibutuhkan saat itu juga kami laksanakan. Kami juga siap memobilisasi relawan dari Bali dan diberangkatkan ke tempat bencana," kata I Gede Sudhiartha, Wakil Ketua Bidang Bencana dan Relawan kepada IDN Times, Minggu (30/9) siang di kantor pusat PMI, Jalan Imam Bonjol, Denpasar.

1. PMI Bali menyiapkan 50 relawan

PMI Bali Siagakan 50 Relawan untuk Gempa dan Tsunami PaluIDN Times/Imam Rosidin

Sudhiarta mengatakan hingga saat ini PMI Bali telah menyiagakan 50 relawan yang siap diberangkatkan ke Palu. Semua relawan tersebut siap sewaktu-waktu diberangkatkan jika memang dibutuhkan. Tak hanya itu, PMI Bali juga masih memiliki logistik bantuan sisa dari bantuan gempa Lombok yang cukup untuk dikirimkan ke Palu.

"Baik logistik maupun keberangkatan relawannya masih menunggu perintah dari pusat," lanjutnya.

2. PMI Bali sarankan bantuan berupa dana

PMI Bali Siagakan 50 Relawan untuk Gempa dan Tsunami PaluANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Terkait masyarakat yang ingin menyumbangkan bantuan, PMI Bali menyarankan agar bantuannya berupa uang. Bantuan tersebut akan langsung disalurkan kepada korban sesuai ketentuan organisasi. Hal tersebut karena bantuan berupa dana lebih efektif dan mudah dalam penyalurannya.

"Bantuan dana lebih mudah dikarenakan saat ini medan darat yang belum bisa dilalui juga karena lokasi pengirimannya yang jauh," lanjutnya.

Jika masyarakat ingin memberikan bantuannya kepada korban bencana bisa melakukan transfer ke rekening atas nama PMI Provinsi Bali dengan nomor 1450004674343 (Bank Mandiri), juga bisa lewat nomor rekening 0110115000539 (Bank BPD Bali).

Selain itu, masyarakat juga bisa datang langsung ke kantor pusat PMI Bali yang beralamat di Jalan Imam Bonjol, Denpasar.

"Kami akan buka (Rekening) hari ini," katanya.

3. PMI siap bantu masyarakat Bali yang terdampak gempa di Palu

PMI Bali Siagakan 50 Relawan untuk Gempa dan Tsunami Palu(Tim SAR berusaha menyelamatkan seorang warga yang tertimbun reruntuhan di Perumnas Bala Roa, Palu, Minggu (30/9)) ANTARA FOTO/Darwin Fatir

Sementara itu bagi masyarakat Bali yang saat ini belum bisa menghubungi keluarganya di Palu, PMI menyediakan bantuan informasi dan komunikasi. Masyarakat bisa datang langsung ke kantor PMI Bali atau menghubunginya lewat telepon dengan nomor (0361) 483465. Selanjutnya, PMI Bali akan berkoordinasi dengan PMI setempat agar bergerak di lapangan sampai yang bersangkutan ditemukan.

"Sejauh ini permintaan belum ada, tetapi ini merupakan tugas kami di PMI, jadi masyarakat yang ingin bertemu atau berkomunikasi dengan keluarganya ataupun mengetahui kondisi keluarganya selamat atau tidak silakan melalui PMI Provinsi Bali," katanya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya