Ganti Total Kepengurusan, Demer 'Tendang' Para Sesepuh Golkar Bali

#MillennialsMemilih Wah, kenapa ya?

Denpasar, IDN Times - Kisruh kembali menyelimuti Golkar Bali. Usai redanya isu musyawarah daerah luar biasa (Musdalub), partai beringin ini kembali memanas.

Pemicunya ialah reshuffle pengurus yang dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD I Golkar Bali, Gde Sumarjaya Linggih alias Demer. Ia menyapu bersih seluruh pengurus yang sebelumnya dikenal sebagai sesepuh Golkar Bali.

Ini terlihat dalam Surat Keputusan (SK) pergantian kepengurusan Golkar Bali yang sudah ditandatangi oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar Bali. SK DPP dengan Nomor KEP-365/DPP/Golkar/I/2019 tentang pengesahan perubahan komposisi dan personalia DPD Partai Golkar Bali ini sudah ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Sekjen Lodewijk F Paulus pada tanggal 31 Januari 2019.

1. Wijaya cs sebut ini putusan sepihak

Ganti Total Kepengurusan, Demer 'Tendang' Para Sesepuh Golkar BaliIDN Times/I Gusti Ngurah Made Wirawan

Penggantian tersebut ditanggapi keras oleh para pengurus yang notabene para politikus senior Golkar Bali ini. Wakil Ketua OKK Golkar Bali yang diganti, I Gusti Putu Wijaya, mengatakan tindakan yang dilakukan oleh Demer itu perbuatan yang sudah melanggar SK 362 tentang Plt dan juga Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Golkar.

Sesepuh Golkar Bali ini mengaku jika Demer tidak menjalankan amanah SK Plt dengan baik pasca ditetapkannya Sudikerta sebagai tersangka.

"Ini ada apa. Yang terjadi malahan Demer mengusulkan nama-nama kepengurusan baru, dengan mengganti kepengurusan lama. Kami bukan dalam pengertian ingin membantah SK itu. Namun karena proses reshuffle yang tidak masuk akal, maka kami tidak akan bergabung dengan kepengurusan yang dibentuk oleh Demer. Dipanggil pun saya tidak mau," ujarnya kepada awak media, Selasa (5/2).

2. Sebut Demer lakukan reshuffle demi kepentingan pribadi

Ganti Total Kepengurusan, Demer 'Tendang' Para Sesepuh Golkar BaliDok.IDN Times/Istimewa

Pria yang juga Ketua Harian DPD Golkar Bali ini justru mengatakan, dalam penggantian ini ada upaya sistematis Demer secara politik untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya, dengan mengganti semua orang dalam kepengurusan.

"Kepada para PK itu, Demer mengakui jika dia hanya sebagai Plt ingin membereskan Golkar Bali sampai dengan ada keputusan definitif. Bila Sudikerta yang sekarang terjerat kasus pribadi sudah selesai, maka Demer akan mengembalikan mandat itu kepada Sudikerta. Ini kan trik saja. Yang kita butuhkan adalah Musdalub, karena pemilihan kepengurusan hanya terjadi di Musdalub. Amanat SK 362 sama sekali tidak dijalankan untuk Musdalub dan tidak dilakukan oleh Demer," ujarnya.

3. Reshuffle akan berdampak bagi persiapan Golkar di Pemilu 2019

Ganti Total Kepengurusan, Demer 'Tendang' Para Sesepuh Golkar BaliANTARA FOTO/FB Anggoro

Dirinya juga meyakini bahwa kursi ini akan memberikan dampak yang besar bagi persiapan Golkar di Pemilu 2019. Sebab pengurus yang diganti adalah para kader yang memiliki basis pemilih dengan rekam jejak bagus.

"Saya yakin ini akan berdampak besar. Sangat disayangkan pasca kepemimpinan Pak Ketut Sudikerta, partai kita sangat kondusif, pasca Ancol-Bali, sudah tidak ada lagi ini, membanggakan sebetulnya bagi kita," katanya.

Baca Juga: TKD Jokowi-Ma'ruf Enggan Menanggapi Beredarnya Tabloid IB di Bali

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya