Raih Suara Tinggi, Jokowi: Terima Kasih Masyarakat Bali

Jokowi tetap menyerahkan keputusannya pada KPU

Denpasar, IDN Times - Rekapitulasi suara tingkat nasional untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 hingga saat ini terus berlangsung. Baru 88 persenan suara yang masuk. Di Bali sendiri, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah selesai melakukan rekapitulasi suara.

Untuk suara pasangan calon (Paslon) presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Bali mencapai angka 91,68 persen.

Menurut Jokowi ini merupakan angka tertinggi yang diraih capres-cawapres nomor urut 01 di seluruh provinsi Indonesia.

1. Jokowi ucapkan terima kasih kepada masyarakat Bali atas perolehan suara tersebut

Raih Suara Tinggi, Jokowi: Terima Kasih Masyarakat BaliIDN Times/Hisyam Keleten Kelin

Jokowi mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Bali yang telah memilih calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 hingga menembus angka 91,68 persen.

"Tentu saja kita mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dipilihnya saya dengan Pak Ma'ruf amin oleh masyarakat Bali dengan angka 91,6 persen," ucap Jokowi kepada awak media saat melakukan kunjungan kerja di pasar Badung, Denpasar, Sabtu (18/5) pagi.

Baca Juga: Ratusan KPPS Meninggal, Menkes: Ajukan Autopsi Jika Mencurigakan

2. Dari seluruh provinsi di Indonesia, Capres-cawapres nomor urut 01 raih suara tertinggi di Bali

Raih Suara Tinggi, Jokowi: Terima Kasih Masyarakat BaliANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Menurut Jokowi, angka 91,68 persen yang diraih capres-cawapres 01 di Provinsi Bali ini merupakan angka tertinggi di seluruh provinsi di Indonesia.

"Angka 91,6 persen ini sebuah angka yang sangat tinggi dan ini saya kira paling tertinggi di provinsi yang ada di Indonesia," ungkapnya.

3. Prabowo tolak hasil pemilu, Jokowi: gak apa, itu kan hak

Raih Suara Tinggi, Jokowi: Terima Kasih Masyarakat BaliANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Di lain sisi, Jokowi juga menanggapi sikap Prabowo yang menolak hasil pemilu 2019. Menurutnya, sikap Prabowo itu merupakan hak masing-masing.

Kendati demikian, Jokowi menyerahkan kepada keputusan KPU sebagai pihak penyelenggara pemilu.

"Gak apa, itu kan hak, tetapi bahwa proses pemilu semuanya diselenggarakan oleh KPU. Ya nanti dilihat keputusan KPU seperti apa. Kita ikuti saja, kita memiliki konstitusi, Undang-undang (UU) pemilu, ada mekanisme kalau ada kecurangan. Semuanya komplit kok, konstitusi kita itu sudah jelas sekali," tegasnya.

Untuk diketahui, dari data yang diperoleh IDN Times, untuk hasil pemilihan Presiden di provinsi Bali, capres-cawapres 01, Joko Widodo-Ma'aruf Amin meraih 2.351.057 suara atau 91,68 persen. Sementara capres-cawapres 02, Prabowo-Sandi meraup 213.415 suara atau sekitar 8,32 persen.

Baca Juga: [UPDATE] 4 Petugas KPPS di Bali Meninggal, KPU Diminta Resume Medis

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya