TNI Siapkan Satgas Evakuasi di Agenda HLF-MSP dan IAF ke-2

Mereka juga akan respon cepat ada kebencanaan

Badung, IDN Times – Pertemuan akbar High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF-MSP) dan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 di Bali yang tengah berlangsung mendapatkan pengamanan ketat dari Kodam IX/Udayana. Satu di antaranya peran Satgas Evakuasi. Menurut Dansatgas Evakuasi, Komandan Korem 163/Wira Satya, Kolonel Inf Ida I Dewa Agung Hadisaputra, selain membentuk Satgas Pamwil (pengamanan wilayah) yang dipimpin langsung oleh Pangdam IX/Udayana, kepercayaan juga diberikan kepada Kodam untuk mengemban tugas sebagai Satgas Evakuasi yang dipimpin oleh Danrem 163/WSA.

“Satgas Evakuasi beserta perkuatannya bertugas untuk melaksanakan operasi siaga bencana terhadap Kepala Negara ataupun Pejabat setingkat Kepala Negara yang hadir pada kegiatan HLF-MSP dan IAF ke-2 di wilayah Jimbaran dan Nusa Dua, dalam rangka mendukung Tugas Pokok Kogabpadpam VVIP,” jelasnya, pada Minggu (1/9/2024).

1. Kodam IX/Udayana berkolaborasi dengan stakeholder lainnya

TNI Siapkan Satgas Evakuasi di Agenda HLF-MSP dan IAF ke-2Satgas Evakuasi siaga dalam kegiatan High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF-MSP) dan Indonesia-Afrika Forum (IAF) ke-2 di Bali (Dok.IDN Times/istimewa)

Kolonel Inf Ida I Dewa Agung Hadisaputra menerangkan, pihaknya memimpin beberapa Subsatgas yang masing-masing memiliki tugas dan tanggung jawab spesifik sesuai dengan fungsinya. Yaitu Satgas Evakuasi bersinergi dengan Basarnas dan BPBD Provinsi Bali untuk menghadapi segala kemungkinan.

“Termasuk potensi bencana alam gempa bumi, tsunami, maupun gunung meletus," ungkapnya.

2. TNI pastikan respon cepat saat terjadi kebencanaan

TNI Siapkan Satgas Evakuasi di Agenda HLF-MSP dan IAF ke-2Tactical Floor Game (TFG) pengamanan HLF MSP dan IAF (IDN Times/Ayu Afria)

Keberadaan kedua lembaga tersebut dalam struktur Satgas Evakuasi ini bertujuan untuk memperkuat dan memastikan kesiapan, serta respons yang cepat jika situasi darurat terjadi.

Pihaknya mengatakan, seluruh strategi saat Tactical Floor Game (TFG) juga telah diterapkan dengan baik. Sehingga segala tindakan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, serta keamanan para tamu VVIP dapat terjamin.

3. BMKG turut terlibat dalam pemantauan situasi

TNI Siapkan Satgas Evakuasi di Agenda HLF-MSP dan IAF ke-2Indonesia – Africa Parliamentary Forum (IAPF). (dok. Kemlu RI)

Sementara itu, pemantauan situasi terkini dari BMKG Provinsi Bali juga menjadi aspek krusial. Hingga saat ini, kondisi cuaca, dan geologi dilaporkan dalam keadaan baik.

"Kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk mengamankan acara ini merupakan sebuah kehormatan besar. Dengan koordinasi yang baik dan persiapan matang, kami siap memastikan bahwa Indonesia-Africa Forum ke-2 berjalan dengan sukses dan aman," pungkasnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya