Comscore Tracker

13.000 Pasien COVID-19 Telah Dirawat di RSPTN Unud Bali 

Ayo bareng-bareng hentikan penyebaran virus ini

Badung, IDN Times - Rumah Sakit (RSPTN) Universitas Udayana, Bali mencatat telah merawat 13.000 pasien COVID-19 sejak ditetapkan sebagai rumah sakit khusus pasien COVID-19 pada April 2020 lalu. Para pasien ini memiliki tingkat kesembuhan 92 hingga 94 persen dan tingkat kematian dua persen.

Direktur RSPTN Unud, Prof Dr dr Dewa Putu Purwa Samatra, mengungkapkan bahwa di rumah sakit ini tercatat ada sekitar 600 tenaga kesehatan yang khusus untuk melayani pasien COVID-19. Dari jumlah tersebut, sebanyak 240 tenaga medis telah mendapatkan vaksinasi.

“Kira-kira sejauh ini kami sudah vaksin tenaga kesehatan dan tenaga penunjang sebanyak 240-an dengan kapasitas per hari sebanyak 45,” tambahnya.

Baca Juga: Dekan FEB Unud: Bali Tidak Bisa Melawan Musuh yang Tidak Pasti

1. RSPTN Unud memiliki gedung baru untuk perawatan pasien COVID-19

13.000 Pasien COVID-19 Telah Dirawat di RSPTN Unud Bali RSPTN Unud memiliki gedung baru perawatan pasien COVID-19. (Dok.IDN Times/ istimewa)

RSPTN Unud juga memiliki gedung baru yang dinamakan Gedung 6 dan difungsikan sebagai tempat perawatan pasien COVID-19. Operasional gedung ini telah diresmikan secara daring oleh Rektor Universitas Udayana, Prof Dr dr AA Raka Sudewi, pada Rabu (27/1/2021).

Gedung baru tersebut dibangun dua lantai untuk pelayanan khusus pasien COVID-19 yang sebelumnya dirawat di Gedung 3 RSPTN Unud. Semua sarana dan prasarana di Gedung 6 telah disesuaikan dengan standar ruang isolasi.

Raka Sudewi melalui rilisnya menyampaikan bahwa gedung baru ini dilengkapi ruang perawatan, ruang ganti Alat Pelindung Diri (APD), serta 36 tempat tidur dengan ruangan bertekanan negatif. Selain itu dilengkapi pula dengan jalur khusus bagi pasien COVID-19 dan tenaga medis yang bertugas sehingga terpisah dengan pasien non COVID-19 lainnya.

“Dengan dioperasikannya Gedung 6 ini, saya harap dapat memaksimalkan pelayanan pasien COVID-19 serta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

2. RSPTN Unud dapat menampung 140 tempat tidur

13.000 Pasien COVID-19 Telah Dirawat di RSPTN Unud Bali RSPTN Unud memiliki gedung baru perawatan pasien COVID-19. (Dok.IDN Times/ istimewa)

Menurut Direktur RSPTN Unud, Prof Dr dr Dewa Putu Purwa Samatra, terdapat 36 tempat tidur di Gedung 6. Dari kapasitas tersebut, telah diisi 18 tempat tidur, sisanya sejumlah 18 tempat tidur akan dibuka pada 2-3 Februari 2021 mendatang.

Ada ruangan di rumah sakit ini yang masih diperbaiki karena kerusakan kecil. Ruangan yang bisa menampung sebanyak 30 tempat tidur tersebut telah dioperasionalkan untuk merawat pasien COVID-19 sejak April 2020. Terdapat juga 5 tempat tidur cadangan.

Secara keseluruhan, total bed perawatan pasien COVID-19 di RSPTN Unud sebanyak 140 tempat tidur.

“Saat ini yang dioperasikan di Gedung 6 baru satu lantai sebanyak 18 bed. Minggu depan dioperasikan 18 bed lagi. Saat ini total pasien terisi 92 bed,” tambahnya.

3. RSPTN Unud melayani rapid test antigen

13.000 Pasien COVID-19 Telah Dirawat di RSPTN Unud Bali Ilustrasi petugas medis melakukan rapid tes antigen COVID-19 (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Sedangkan untuk uji sampel swab test, tercatat telah dilakukan sebanyak 25.000 tes. Sejak Januari 2021 ini, RSPTN Unud juga melayani rapid test antigen yang pendaftarannya dilakukan secara daring melalui laman www.registrasi-rs.unud.ac.id.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya