Waspada Gelombang Laut Hingga 3 Meter di Perairan Bali

Meski cuacanya panas tapi tetap hati-hati di pinggir pantai

Denpasar, IDN Times – Badan Meteorologi adan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar merilis prakiraan cuaca Bali dua hari ke depan. Kondisi cuaca wilayah Bali sejak 4 November hingga 6 November 2020 diperkirakan cerah berawan namun berpotensi hujan ringan di beberapa wilayah. Berikut penjelasannya:

Baca Juga: Punya 1 Tempat Evakuasi Sementara, Siapkah Bali Hadapi Tsunami?

1. Wilayah Bali hujan ringan tapi tidak merata

Waspada Gelombang Laut Hingga 3 Meter di Perairan BaliIlustrasi cuaca (IDN Times/Saifullah)

BMKG Wilayah III Denpasar memprakirakan kondisi Bali dua hari ke depan secara umum cerah berawan. Meski begitu, berpotensi hujan dengan intensitas ringan secara tidak merata di sebagian wilayah Bali. Di antaranya Bali bagian barat, tengah dan timur yang terjadi siang serta sore hari.

Menurut Kepala BMKG Wilayah III Denpasar, M Taufik Gunawan, kondisi itu disebabkan oleh periode peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan.

Indeks ENSO di NINO 3,4 : -1,31 yang berarti signifikan terhadap peningkatan hujan harian di wilayah Indonesia.

Penyebab lainnya adalah terdapat daerah belokan angin di sekitar wilayah Bali, yang menunjukkan adanya potensi pengangkatan massa udara untuk menjadi awan-awan hujan.

Suhu permukaan air laut wilayah sekitar Bali antara 28-30 derajat Celcius (Kondisi hangat), berkontribusi penguapan yang cukup untuk membentuk awan-awan hujan.

2. Tinggi gelombang di wilayah perairan Bali-Nusa Tenggara Barat (NTB) mencapai tiga meter lho, wajib waspada ya!

Waspada Gelombang Laut Hingga 3 Meter di Perairan Baliinstagram.com/pere_peri_peru_

Kondisi gelombang di wilayah perairan Bali-NTB dalam kurun waktu tiga hari ke depan mencapai tiga meter. Di antaranya Perairan Selatan Bali, Selat Bali, dan Selat Lombok. Karena itu, masyarakat dan kapal-kapal yang beraktivitas di area tersebut diimbau agar selalu waspada:

  • Tinggi gelombang di Perairan utara Bali 0,25 sampai 1,25 meter
  • Tinggi gelombang di Perairan selatan Bali 1 sampai 3,5 meter
  • Tinggi gelombang di Selat Bali 0,5 sampai 3 meter
  • Tinggi gelombang di Selat Lombok 0,75 sampai 3 meter.

Baca Juga: Bali Minim Sirine Tsunami, Biaya Perawatan Capai Rp1 Miliar

3. Lokasi pariwisata di Bali juga cerah berawan

Waspada Gelombang Laut Hingga 3 Meter di Perairan BaliUnsplash/Jeremy Bishop

Beberapa lokasi pariwisata seperti Nusa Dua, Kuta, Tanah Lot, Sanur, Ubud, Bedugul, Kintamani dan Besakih diprakirakan cerah berawan.

Tercatat untuk wilayah Tanah Lot cuaca berawan pada pukul 02.00 hingga 08.00 Wita. Untuk wilayah Ubud pada pukul 20.00 hingga 02.00 Wita, serta wilayah Bedugul pukul 02.00 hingga 08.00 Wita.

Sementara itu potensi hujan ringan terjadi di wilayah Bedugul sekitar pukul 14.00 hingga 20 Wita. Kondisi kabur pada wilayah Besakih terjadi pukul 02.00 hingga 08.00 Wita.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya